Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Alasan Danau Toba di Pajang Google Untuk Menjadi Google Doodle

Google Doodle Danau Toba_1a
Google Doodle Danau Toba. (Sumber: Liputan6.com)

Unbox.id – Jika menelusuri Google hari ini, Kamis 31 Agustus 2023, Anda akan melihat sebuah danau yang sangat familiar, ya itu Danau Toba di Parapat, Sumatera Utara. Google Doodle menampilkan Danau Toba, danau tektonik terbesar dan terdalam di dunia. Lalu kenapa ada gambar Danau Toba di Google Doodle hari ini? Kutipan dari website Google Doodle: “Google Doodle hari ini merayakan tanggal 31 Agustus 2020 sebagai peringatan 4 tahun ditetapkannya Danau Toba sebagai Global Geopark UNESCO. Peringatan 4 tahun Danau Toba diakui UNESCO sebagai Global Geopark inilah yang membuat Danau Toba muncul di Google Doodle.

Kaldera Toba Meletus 74.000 Tahun Lalu

Sekadar informasi, Danau Toba terbentuk ribuan tahun lalu akibat letusan gunung berapi besar dari Kawah Toba. Danau ini kini menawarkan pemandangan indah bagi penduduk lokal dan wisatawan dari berbagai tempat dan negara di dunia juga datang ke sini.

Google mengatakan kawah Toba meletus lebih dari 74.000 tahun yang lalu dan menciptakan Danau Toba. Letusan tersebut menyebabkan ruang magma gunung berapi tersebut runtuh dan membentuk pulau yang sekarang dikenal dengan nama Samosir.

Samosir merupakan destinasi wisata populer di Sumatera Utara dan juga menjadi rumah bagi beberapa masyarakat adat.

Mengenal Masyarakat Adat Batak Toba

Google Doodle Danau Toba_2b

Google Doodle Danau Toba. (Sumber: Ayo Jakarta)

Sembari menghormati Google Doodle Danau Toba, penting untuk mengenal penduduk asli Batak Toba, penghuni asli danau tersebut. “Desa tradisional mereka penuh dengan pasar lokal dan rumah-rumah cantik yang menarik pengunjung dari seluruh dunia,” kata Google.

Selain itu pengunjung atau pengunjung dapat menyaksikan tarian tradisional seperti Tor-Tor dan souvenir ukiran kayu asli. Bagi pengunjung yang menyukai aktivitas luar ruangan dan keajaiban alam, dapat mengunjungi Huta Ginjang untuk paralayang.

Bagi yang menyukai air bisa bersantai di pantai atau berkayak di danau. Air terjun Sipiso-piso di dekatnya juga dianggap sebagai pengalaman hebat yang membantu menghilangkan semua kekhawatiran.

Seberapa Besar Danau Toba?

Ada beberapa fakta menarik mengenai Danau Toba. Seperti dikutip disbudpar.sumutprov.go.id, Danau Toba merupakan danau tektonik vulkanik. Danau dengan panjang 100 km dan lebar 30 km ini terletak di provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Dengan ukuran tersebut, Danau Toba juga menjadi danau terluas di Indonesia dan Asia Tenggara. Lebar: 436 mil², Panjang: 100,14 mil, Ketinggian permukaan: 2.969 kaki. Pulau Samosir Sebagai informasi, Danau Toba masuk dalam daftar geopark global UNESCO, pengumuman ini disampaikan pada hari yang sama, tiga tahun lalu.

Salah satu danau kebanggaan masyarakat Sumut dinobatkan sebagai salah satu dari 5 destinasi wisata super prioritas sejak 15 Juli 2019. Banyak alasan mengapa Danau Toba menjadi destinasi wisata berharga Indonesia.

Baca juga: Jelajahi Mesir Kuno Di Google Arts & Culture Sebagai Kucing

Salah Satu Wisata Paling Terkenal di Indonesia

Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara, Indonesia, merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di tanah air. Dengan keindahan alam yang memukau, danau ini menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya.

Namun belakangan, sebuah spot indah di Danau Toba tersebar luas dan menarik perhatian banyak orang. Destinasi tersembunyi ini menawarkan pengunjung pemandangan luar biasa dan pengalaman tak terlupakan.

Situs cantik ini terletak di sekitar kawasan Tuktuk Siadong, sebuah pulau kecil di tengah Danau Toba. Tempat ini menjadi viral berkat foto-foto menakjubkan yang dibagikan pengunjung yang terpesona dengan keindahannya.

Yang membuat tempat ini istimewa adalah perpaduan pemandangan indah, air jernih, dan pegunungan indah yang mengelilingi danau. Indahnya matahari tenggelam juga menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini. Selain menikmati keindahan pemandangan, berbagai aktivitas menarik juga bisa Anda lakukan di tempat ini.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Setelah beberapa waktu meluncurkan fitur multi view di aplikasi YouTube TV, kini fitur tersebut akan segera hadir di perangkat Android. Dengan...

Tech Industry

Unbox.id – Google baru saja merilis kode untuk Project Gameface, sebuah proyek inovatif yang memungkinkan pengguna ponsel cerdas mengontrol menggunakan ekspresi wajah. Setelah dipresentasikan...

Tech Industry

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Pada konferensi I/O kali ini, Google telah meluncurkan fitur baru untuk Circle to Search. Fitur yang dapat membantu siswa untuk mengerjakan...