Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

7 Tips Menjaga Akun Telegram Anda Tetap Aman

Telegram (sumber: futurezone.de)
Telegram (sumber: futurezone.de)

Last updated on 20 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Telegram merupakan salah satu aplikasi kirim pesan singkat yang peduli dengan keamanan akun penggunanya. Karena itu, Anda bisa lebih mengoptimalkan aplikasi ini untuk memaksimalkan keamanan akun yang Anda miliki.

baca artikel menarik lainnya tentang : cara mencari username telegram

Di tengah zaman di mana semua informasi bisa didapat dengan cepat di ranah digital, terkadang kita suka lupa dengan isu keamanan data pribadi. Di Indonesia, kasus seperti kebocoran data pada sektor pemerintahan, e-commerce, dan aplikasi messenger merupakan kasus yang kerap terjadi karena lalai terhadap isu keamanan data.

baca artikel menarik lainnya tentang : kenapa vc di ig tidak ada suaranya

Telegram (sumber: qiscus.com)

Telegram (sumber: qiscus.com)

Hal ini menjadi berbahaya karena data yang bocor bisa diperjualbelikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab hingga disalahgunakan untuk keperluan penipuan serta pencurian identitas. Isu kebocoran data ini juga menjadi fenomena global. Oleh sebab itu, keamanan dalam aplikasi harus menjadi prioritas utama bagi banyak orang.

baca artikel menarik lainnya tentang : cara mencari username telegram

Salah satu cara untuk menjaga keamanan data di aplikasi Telegram yakni adalah melalui fitur bernama end-to-end encryption. Fitur yang sudah banyak tersedia di dalam aplikasi messenger ini akan membuat komunikasi kalian aman karena dapat mencegah pihak ketiga, termasuk platform aplikasi messenger, mengakses data saat data tersebut dikirim.

Fitur ini akan membuat percakapan kalian aman dari kebocoran data karena hanya pengirim dan penerima saja yang dapat melihat pesan yang dikirim. Tinder juga telah mengadopsi teknologi end-to-end encryption yang ada di dalam fitur Secret Chat. Selain menggunakan fitur end-to-end encryption, Secret Chat hanya bisa diakses melalui satu perangkat saja sehingga memudahkan Anda untuk melakukan pengawasan terhadap akun dan riwayat percakapan.

Berikut adalah 7 cara untuk meningkatkan keamanan pada akun Telegram.

Sembunyikan Nomor Telepon

Sekarang, Anda tak perlu lagi khawatir nomor telepon akan tersebar berkat adanya fitur untuk menyembunyikan nomor telepon di Telegram. Meskipun orang asing tak dapat melihat nomor telepon Anda secara default, pengguna Telegram lain dapat melihat jika nomor telepon mereka tersimpan di smartphone Anda.

Baca juga: Cara Mencari Grup di Telegram dengan Mudah

Namun, Anda masih dapat menyembunyikan nomor telepon untuk memaksimalkan keamanan akun Anda. Untuk dapat melakukan ini, Anda bisa pergi ke opsi Pengaturan > Privasi dan Keamanan > Nomor Telepon. Setelah itu, Anda bisa langsung memilih opsi “Tidak Ada” dalam bagian “yang dapat melihat nomor telepon saya”.

Gunakan Fitur Lock Chat

Salah satu keunggulan dari aplikasi Telegram juga terdapat pada sistem chat berbasis komputasi awan atau cloud chat. Anda dapat mengakses percakapan dalam beberapa perangkat dalam waktu bersamaan tanpa perlu khawatir riwayat percakapan akan terhapus atau hilang.

Hal ini juga berguna apabila Anda membeli smartphone baru dan ingin segera menggunakan Telegram di smartphone tersebut. Namun, memang kita perlu berhati-hati, khususnya untuk riwayat percakapan kita yang mungkin sifatnya rahasia.

Anda bisa memanfaatkan fitur Lock Chat yang dapat mengunci pesan kalian secara otomatis setelah tidak digunakan selama beberapa menit. Untuk dapat menggunakannya, kalian klik tombol Setting > Privacy and Security > Passcode and Touch ID > Pasang PIN atau Touch ID. Anda juga bisa klik ikon Lock Chat untuk mengaktifkan fitur ini kapan saja.

Matikan Fitur “People Nearby”

Fitur “People Nearby” memang memudahkan kita untuk dapat berkenalan dengan teman baru yang ada di sekitar tanpa harus bertukar nomor telepon. Namun, fitur ini tidak diaktifkan secara default oleh Telegram saat pengguna pertama kali menginstal aplikasi. Hal tersebut guna untuk memastikan privasi penggunanya.

Dengan begitu, pastikan untuk mengaktifkan fitur ini sebelum Anda menggunakannya. Jangan lupa untuk menonaktifkannya setelah kalian selesai menggunakannya. Hal ini bertujuan untuk mencegah lokasi yang kalian miliki tersebar ke orang-orang yang ada di sekitar.

Gunakan Fitur Self-Destruct Chat

Dengan fitur Self-destruct Chat dari Telegram, dijamin bahwa teman Anda tak dapat mengintip pesan Anda. Untuk dapat menggunakan ini, Anda hanya perlu mengaktifkan Self-destruct Timer yang tersedia untuk semua pesan di Secret Chats dan untuk media di private cloud chat.

Klik ikon jam lalu pilih batas waktu yang diinginkan. Setelah waktu habis, pesan tersebut akan hilang dari kedua perangkat. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda bisa berkirim pesan “rahasia” bersama teman tanpa takut ada pengintip.

Batasi Undangan untuk Masuk Grup

Jika Anda sering merasa kesal karena ada di terlalu banyak grup atau pernah mengalami kejadian diundang oleh orang tak dikenal ke grup baru. Telegram memiliki fitur yang mengatur izin menambahkan akun Anda ke grup. Cukup pergi ke Pengaturan > Privasi dan Keamanan > Grup.

Selanjutnya, Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa mengundang Anda untuk masuk atau bergabung ke dalam grup. Dengan begini Anda akan terhindar dari undangan-undangan grup dari orang tak dikenal. Dengan begitu, Anda pun bisa menggunakan aplikasi Telegram untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang benar-benar kalian kenal.

Aktifkan Protected Content di Grup dan Channel

Fitur baru Telegram ini membantu para kreator untuk melindungi konten yang mereka publikasikan di Telegram dan memastikan bahwa itu hanya tersedia untuk audiens yang mereka tuju. Pemilik grup dan channel dapat menyimpan konten mereka hanya untuk anggota grup atau channel melalui fitur ini.

Untuk dapat mengubah kemampuan pengguna meneruskan pesan, buka halaman Info Grup atau Saluran > Grup/Jenis Saluran > Batasi Menyimpan Konten. Dengan begitu, konten yang Anda bagikan tak bisa sembarangan disebar oleh orang lain. Hal ini tentu bisa mencegah penyalahgunaan konten.

Hapus Pesan Berdasarkan Tanggal

Jika Anda ingin melindungi privasi tanpa perlu scrolling chat atau menghapusnya satu per satu. Telegram kini memiliki kendali penuh atas jejak digital mereka dan dapat menghapus pesan apa pun dari percakapan kapan saja.

Dengan fitur baru ini, Anda dapat menghapus riwayat obrolan dari hari atau rentang tanggal tertentu. Untuk melakukan ini, cukup buka kalender, klik tanggal yang muncul saat kalian scroll chat. Selanjutnya, pilih hari mana yang akan dihapus.

Baca juga: Cara Mencari Akun ID Telegram dengan Mudah

Selain itu, Anda juga dapat mengatur pesan dalam mode hapus otomatis untuk satu hari, minggu, atau bulan setelah pengiriman. Dengan begitu, ini akan lebih praktis sehingga Anda tak perlu scroll chat secara manual setiap hariya.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: futurezone.de, qiscus.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Telegram kini menjadi perbincangan karena layanannya kerap digunakan untuk aktivitas ilegal. Tim Kaspersky Digital Footprint Intelligence juga menganalisis saluran hantu Telegram. Faktanya,...

Tech Industry

Unbox.id – Google baru saja merilis pembaruan Android 15 beta 3. Pembaruan tersebut menghadirkan sejumlah fitur baru ke ponsel Android. Seperti dilansir Gadgets360, salah...

Tech Industry

Last updated on 28 Juni, 2024 Unbox.id – Apple baru-baru ini memperkenalkan sistem iOS 18 di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024. Sistem operasi ini...

Tech Industry

Unbox.id – Pakar keamanan siber McAfee telah mengidentifikasi 13 aplikasi Android berbahaya baru di Google Play Store yang menimbulkan ancaman serius terhadap privasi dan...