Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

7 Shortcut Mac yang Membuat Aktivitas Mengetik Semakin Cepat

7 Shortcut Mac yang Membuat Aktivitas Mengetik Semakin Cepat (sumber: shortcutkeeper.com)
7 Shortcut Mac yang Membuat Aktivitas Mengetik Semakin Cepat (sumber: shortcutkeeper.com)

Jakarta, Unbox.id – Shortcut atau pintasan keyboard akan sangat membantu bagi orang-orang yang banyak melakukan aktivitas mengetik untuk dapat memaksimalkan produktivitas maksimal. Bagi Anda pengguna Mac, sistem operasi ini menawarkan banyak shortcut atau pintasan yang dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien dan cepat.

Pintasan keyboard Mac yang paling dasar dan biasa digunakan yakni adalah Command + C dan Command + V untuk menyalin dan menempelkan teks. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa pintasan lain yang dapat membuat aktivitas mengetik Anda menjadi lebih cepat dan mudah.

Shortcut pada Mac (sumber: macpaw.com)

Shortcut pada Mac (sumber: macpaw.com)

Oleh karena itu, berikut adalah 7 shortcut atau pintasan keyboard untuk Mac yang dapat Anda manfaatkan untuk memaksimalkan produktivitas kerja.

Command + S

Pintasan keyboard untuk Mac ini dapat Anda gunakan untuk menyimpan data dan juga menyimpan halaman web ketika menjelajah di Safari maupun browser lainnya seperti Chrome.

Baca juga: Apple Akan Luncurkan Layanan Sewa iPhone di Amerika, Ini Tarifnya

Command + Space Bar

Pintasan keyboard untuk Mac ini dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan atau menampilkan search bar Spotlight. Pencarian Spotlight memungkinkan Anda untuk mencari file tertentu yang disimpan dalam sistem. Anda juga dapat mencari gambar hanya dengan mengetikkan nama file tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mencari berbagai jenis file seperti .jpeg hingga .mp4

Command + F

Pintasan keyboard ini dapat Anda gunakan untuk membantu Anda mencari teks tertentu dalam dokumen. Anda juga dapat menggunakan pintasan ini untuk membuka Find window yakni untuk mencari file yang disimpan di sistem Anda.

Command + Shift + 3/4/5

Pintasan keyboard ini dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar atau biasa kita sebut dengan screenshot. Anda cukup menekan Command, Shift, dan salah satu dari tiga nomor tersebut.

  • Command + Shift + 3 dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar dari layar saat ini. Command + Shift + 4 dapat Anda gunakan untuk memilih area layar yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.
  • Command + Shift + 5 dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar dari bingkai yang dapat Anda sesuaikan sesuai dengan keinginan.

Control + Command + Space Bar

Pintasan keyboard ini dapat Anda gunakan untuk menambahkan emoji dalam obrolan.  Namun, jika beberapa aplikasi tidak mendukung keyboard emoji, Anda dapat menekan Control, Command, dan Space Bar secara bersamaan untuk dapat menampilkan penampil karakter. Dengan begitu, Anda dapat memilih emoji dan simbol lainnya.

Control + Command + Q

Pintasan keyboard ini dapat Anda gunakan untuk mengunci layar Mac Anda. Dengan menggunakan pintasan ini, Mac Anda akan masuk ke layar log in dimana tak ada yang memiliki akses masuk selain Anda.

Baca juga: Apple Berencana Gunakan Port USB-C Pada iPhone Terbaru

Shift + Command + Q

Pintasan keyboard ini dapat Anda gunakan untuk keluar dari akun macOS Anda. Dengan menggunakan pintasan ini, semua aplikasi Anda akan tertutup dan keluar dari sistem. Perintah ini akan muncul pesan notifikasi yang meminta Anda untuk konfirmasi. Namun jika Anda ingin langsung log out tanpa harus konfirmasi, Anda dapat menekan pintasan Option-Shift-Command-Q.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: shortcutkeeper.com, macpaw.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Apple

Unbox.id – Rumor mengenai iPad Air semakin menyebar seiring semakin dekatnya tanggal rilisnya. Baru-baru ini beredar informasi bahwa iPad Air akan berukuran lebih besar...

Hardware

Jakarta, Unbox.id — Jajaran produk tablet milik Apple, yaitu iPad, iPad mini, Air, dan Pro merupakan jenis terbaik di kelasnya. Produsen telah membekalinya dengan...

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru saja mengakuisisi startup Perancis, Datakalab, yang berspesialisasi dalam kompresi AI dan teknologi visi komputer. Perusahaan tersebut, yang baru-baru ini diakuisisi...