Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

6 Fitur Baru di watchOS 9, Bisa Ingatkan Minum Obat

Update Watch Face di watchOS 9 (sumber: macrumors.com)
Update Watch Face di watchOS 9 (sumber: macrumors.com)

Jakarta, Unbox.id – Apple baru saja mengenalkan semua sistem operasi baru untuk perangkat besutannya di WWDC 2022. Dalam acara tersebut Apple mengenalkan berbagai produk baru mereka mulai dari hardware seperti jajaran MacBook 2022, hingga berbagai sistem operasi baru seperti iOS 16, iPadOS 16, sampai watchOS 9.

Update sistem operasi untuk Apple Watch ini membawa sejumlah fitur baru yang menarik yang tentunya dapat membantu pengguna untuk tetap produktif dan memperhatikan kesehatan tubuh.

Update Watch Face

Update Watch Face di watchOS 9 (sumber: macrumors.com)

Update Watch Face di watchOS 9 (sumber: macrumors.com)

Update watchOS 9 membawa pembaruan beberapa Watch Face baru diantaranya adalah Lunar, Playtime, Metropolitan dan Astronomy. Selain itu, Portraits Watch Face juga mendapatkan update baru yakni dapat mendeteksi wajah dari hewan anjing, kucing atau gambar pemandangan.

Apple juga memberikan update Focus Link agar setiap Watch Face yang dapat bersinergi dengan pengaturan Focus yang diperlukan. Selain itu sejumlah Watch Face lama juga mendapatkan update yang mendukung tampilan Complications modern yakni diantaranya adalah Utility, Simple, Activity Analog, Modular, Modular Compact dan X-Large.

Update Aplikasi Workout

Update Aplikasi Workout di watchOS 9 (sumber: cultofmac.com)

Update Aplikasi Workout di watchOS 9 (sumber: cultofmac.com)

Aplikasi Workout di watchOS 9 juga mendapatkan update baru yakni mendukung lebih banyak metrik data untuk mencatat performa olahraga yang dilakukan.

Apple juga membekali watchOS 9 dengan mode Workout Multisport bagi Anda yang ingin melakukan. kegiatan seperti berenang, bersepeda, berlari, hingga triathlon.

Baca juga: Apple Berencana Gunakan Port USB-C Pada iPhone Terbaru

Selain itu terdapat juga beragam jenis latihan baru untuk membantu Anda mencapai target kebugaran dengan hadirnya Custom Workouts guna membantu pengguna membuat jenis Workouts sesuai dengan kebutuhan, lengkap dengan durasi waktu istirahat yang diperlukan.

Apple Fitness+ Workouts

Apple Fitness+ Workouts di watchOS 9 (sumber: xda-developers.com)

Apple Fitness+ Workouts di watchOS 9 (sumber: xda-developers.com)

Layanan Apple Fitness+ di watchOS 9 kini menampilkan panduan langsung pada layar untuk data Intensity for HIIT, Cycling, Rowing, and TreadmillStrokes per Minute (SPM) for Rowing; Revolutions per Minute (RPM) for Cycling dan masih banyak lainnya.

Bagi Anda pelanggan Fitness+ tanpa Apple TV sekarang dapat menggunakan AirPlay untuk streaming latihan dan meditasi dengan metrik di layar, ke perangkat TV dan perangkat pihak ketiga yang kompatibel. Dengan begitu, Anda dapat melakukan aktivitas berlatih dimana saja dan kapan saja.

Update Aplikasi Sleep

Update Aplikasi Sleep di watchOS 9 (sumber: engadget.com)

Update Aplikasi Sleep di watchOS 9 (sumber: engadget.com)

Sleep, fitur untuk pencatat waktu tidur di watchOS 9 punya banyak update menarik!

Fitur Sleep di watchOS 9 kini menyajikan data yang lebih lengkap, salah satunya yakni adalah Sleep Stages atau tahapan tidur.

Sleep Stages menggunakan data accelerometer dan heart rate sensor. Dengan begitu, Apple Watch dapat mendeteksi tahapan tidur seperti REM, Core dan Deep Sleep. Anda dapat melihat data tahapan tidur di Apple Watch secara lengkap dengan seperti data heart rate dan respiratory rate.

AFib History

AFib History di watchOS 9 (sumber: theverge.com)

AFib History di watchOS 9 (sumber: theverge.com)

Di watchOS 9 ini nantinya pengguna yang didiagnosis dengan AFib dapat mengaktifkan fitur riwayat AFib yang disetujui FDA untuk dapat mengakses informasi penting, termasuk perkiraan seberapa sering irama jantung menunjukkan tanda-tanda AFib.

Adanya fitur ini yakni bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih dalam tentang kondisi para pengguna. Anda juga dapat menerima pemberitahuan mingguan untuk memahami frekuensi dan melihat riwayat secara detail di Health, termasuk faktor gaya hidup yang dapat memengaruhi AFib, seperti tidur, mengkonsumsi alkohol, dan olahraga.

Anda dapat mengunduh data tersebut dalam bentuk dokumen PDF dan dapat dengan mudah dibagikan dengan dokter untuk kebutuhan medis tertentu.

Medications

Medications di watchOS 9 (sumber: pocketnow.com)

Medications di watchOS 9 (sumber: pocketnow.com)

Jika Anda sedang mengkonsumsi obat maupun vitamin secara rutin, fitur Medications ini mungkin dapat Anda manfaatkan. Di watchOS 9 ini terdapat fitur Medications yang dapat digunakan sebagai pengingat jadwal seperti minum obat, vitamin atau yang lainnya.

Anda juga bisa membuat jadwal pengingat custom untuk minum obat sesuai resep yang diberikan dokter. Selain itu, tedapat juga fitur pengingat jika ada kemungkinan interaksi antar obat yang dapat berbahaya.

Baca juga: Apple Luncurkan OS terbaru iPadOS 16, Cek Perangkat Tablet Anda

Saat ini watchOS 9 masih hanya tersedia untuk Developer Beta dan sebelum akhirnya akan hadir untuk Public Beta. Rencananya watchOS 9 ini nantinya akan hadir untuk pengguna umum pada sekitar September 2022 nanti.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: macrumors.com, cultofmac.com, xda-developers.com, engadget.com, theverge.com, pocketnow.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Unbox.id – Apple Ancam Blokir Twitter, Begitulah ancaman Apple kepada Twitter dan Elon Musk setelah membuat kontroversi dengan cuitan pertanyakan biaya 30% berupa pajak...

Tech Industry

Unbox.id – Produk-produk dari Apple semakin mumpuni dan juga menghadirkan sebuah pilihan yang menarik untuk bisa diboyong oleh penggunanya. Produsen smartphone yang berasal dari...

Apps & Games

Unbox.id – Apple merupakan salah satu produk teknologi yang cukup menjanjikan pada saat ini. Menjadi saingan dari platform Android, Apple sendiri telah hadir untuk...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Saat ini, perangkat wearable seperti headset dan headphone tidak bisa terpisah dari keseharan dan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, menjawab kebutuhan tersebut,...