Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

6 Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

iPhone (sumber: voi.id)
iPhone (sumber: voi.id)

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda sedang berniat mencari iPhone, Anda harus dapat membedakan iPhone asli dan palsu mengingat saat ini banyak iPhone jenis palsu dengan harga yang tidak masuk akal. Jika Anda ingin aman untuk mendapatkan iPhone asli dan berkualitas, sebaiknya Anda membeli di Apple Store seperti iBox, maupun distributor-distributor resmi yang tersedia di Indonesia.

Baca juga: Apple Rilis iPhone SE 2022, iPhone 5G Versi Murah

Namun, mungkin tak semua orang bisa mendapatkan produk Apple di tempat yang resmi, karena berbagai alasan tertentu. Alternatif lainnya mungkin lewat online shop maupun gerai lainnya. Jika terpaksa membeli di gerai lain atau olshop, Anda perlu mengetahui cara membedakan iPhone asli dan palsu sehingga Anda dapat mengetahui detail apa saja yang ada pada iPhone asli dan Anda dapat memilih dengan teliti.

Berikut cara membedakan iPhone asli dan palsu.

Nomor Seri

Pengaturan iPhone (sumber: support.apple.com)

Pengaturan iPhone (sumber: support.apple.com)

Setiap iPhone tentu memiliki nomor seri. Anda dapat memukan nomor seri di iPhone dengan mengetuk Pengaturan > Umum > Tentang > Nomor Seri. Nomor seri tersebut harus dapat diverifikasi oleh situs web resmi Apple.

Jika Anda menerima pesan ‘Maaf, nomor seri ini tidak valid. Silakan periksa informasi Anda dan coba lagi’, maka sudah jelas itu adalah iPhone palsu.

Nomor IMEI

IMEI iPhone (sumber: voi.id)

IMEI iPhone (sumber: voi.id)

Nomor IMEI dapat menjadi senjata dalam mengidentifikasi iPhone yang dikloning. Sebab, IMEI merupakan nomor Identitas Peralatan Seluler Internasional. Cara membedakan iPhone asli dan palsu menggunakan metode ini: Buka Pengaturan > Umum > Tentang di iPhone. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian dengan nomor IMEI. Anda juga dapat menggunakan dial pad dengan menekan *#06#, dan nomor IMEI akan langsung muncul. Setelah Anda memiliki nomor IMEI Anda, pastikan nomor itu cocok dengan nomor IMEI yang tercetak di box iPhone Anda. Anda juga dapat cek IMEI tersebut pada web resmi milik Apple.

Perhatikan Box

Box iPhone X asli (kanan) dan palsu (kiri) (sumber: tipsmake.com)

Box iPhone X asli (kanan) dan palsu (kiri) (sumber: tipsmake.com)

Cara membedakan iPhone asli dan palsu pertama yakni terlihat pada box. Memang bentuk dan kualitas kedua kotak bisa sangat mirip, namun akan selalu ada sedikit perbedaan dalam box tersebut. Misalnya, dari segi ukuran hingga detil seperti font tulisan hingga logo yang ada pada box.

iTunes dan Aplikasi

iPhone Apps (sumber: businessinsider.com)

iPhone Apps (sumber: businessinsider.com)

Sebuah fitur menarik dari iPhone adalah iTunes. Anda dapat memeriksa apakah iPhone Anda palsu atau asli dengan mencoba menghubungkan iPhone tersebut ke iTunes. Jika tidak terhubung, atau iTunes tidak mengenalinya, maka ada dua kemungkinan, yakni kabel yang Anda gunakan tidak original, atau kemungkinan terburuknya, iPhone Anda adalah palsu.

Baca juga: 5 Fitur iPhone yang Sudah Banyak Dilupakan Pengguna

Selain iTunes, aplikasi yang ada pada iPhone juga bisa membuat Anda mengetahui apakah iPhone Anda asli atau palsu. Beberapa contoh aplikasi bawaan termasuk Kontak, Kompas, Pengaturan, Kalkulator, Musik, dan Foto. Jika salah satu dari aplikasi ini tidak ada, berarti iPhone Anda ada kemungkinan di-jailbreak atau palsu.

3D Touch

3D Touch iPhone (sumber: appleosophy.com)

3D Touch iPhone (sumber: appleosophy.com)

Apple telah meningkatkan tampilan pada iPhone termasuk dari segi layar. Salah satu fitur yang menarik yakni adalah 3D Touch. Anda dapat memeriksa apakah iPhone Anda palsu atau tidak dengan mencoba menggunakan fitur 3D Touch. Jika fitur ini tidak ada atau tidak berfungsi, sudah jelas bahwa iPhone Anda tidak asli. Untuk fitur 3D Touch ini sudah tersedia mulai dari iPhone 6S ke atas.

Siri

iPhone Siri (sumber: blackxperience.com)

iPhone Siri (sumber: blackxperience.com)

Fitur terpenting yang tak akan ada di iPhone palsu yakni adalah Siri. Siri merupakan asisten digital pengenal suara untuk membantu Anda menggunakan iPhone hanya dengan perintah suara saja. Jika tidak ada Siri atau iPhone tidak mengenali suara Anda dan muncul kesalahan, maka besar kemungkinan itu adalah iPhone palsu.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: voi.id, blackxperience.com, appleosophy.com, businessinsider.com, tipsmake.com, support.apple.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan kemampuan Siri yang dinilai sama. Beberapa orang menganggap Siri tertinggal jauh dari asisten virtual Alexa...

Apple

Unbox.id – Pengguna iPhone harus waspada karena baru-baru ini, peneliti keamanan siber menemukan metode baru spionase siber. Menargetkan pengguna iPhone di Asia Selatan, penjahat...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Bocoran iPhone SE 4 masih bermunculan dari waktu ke waktu. Terbaru, iPhone SE 4 disebut-sebut mendapat tambahan kemampuan kamera berbasis kecerdasan buatan...

Hardware

Unbox.id – Kedatangan smartphone baru Apple, iPhone 16, masih tertunda setidaknya hingga September tahun depan. Meski begitu, bocoran mengenai spesifikasi smartphone ini mulai silih...