Connect with us

Hi, what are you looking for?

Merk

6 Alasan Kenapa Produk Apple Mahal

Apple (sumber: unfoldanswers.com)
Apple (sumber: unfoldanswers.com)

Jakarta, Unbox.id – Produk besutan Apple memang selalu menjadi produk ekslusif karena harganya yang mahal. Tak hanya smartphonen, hampir semua produk Apple hampir semuanya memang dijual dengan harga yang sangat tinggi. Anggapan tentang produk Apple yang mahal ini memang sudah sangat melekat pada masyarakat khususnya di Indonesia. Namun dibalik harganya yang mahal, ada alasan lain yang membuat produk Apple dijual dengan harga yang tinggi.

Apple products (sumber: unsplash.com)

Apple products (sumber: unsplash.com)

Berikut adalah beberapa alasan mengapa produk Apple selalu lebih mahal dibanding dengan produk lain.

Perbandingan Harga

Produk Apple memang selalu terlihat menjadi suatu barang mewah dan elegan berkat harganya yang tinggi bila dibandingkan dengan produsen lain. Hampir semua produk Apple memang mematok harga tinggi dan menyasar segmen kelas atas.

Baca juga: 5 Fitur iPhone yang Sudah Banyak Dilupakan Pengguna

Seperti smartphone Apple tertinggi saat ini yakni iPhone 13 Pro Max yang memiliki varian memori 512 GB dijual dengan harga sekitar 27 juta. Ini tentu sangat mahal, dengan harga yang lebih murah kita mungkin bisa membeli smartphone besutan Samsung yang mungkin memiliki spesifikasi dan fitur yang lebih beragam.

Software Eksklusif

Seperti yang sudah disebutkan, Apple selalu menggunakan sistem operasi (OS) khas miliknya sendiri. Dengan begitu, software yang digunakan Apple tentu tidak bisa ditemukan pada produk non-Apple. Hal ini berlaku baik untuk produk desktop atau smartphonen. Jika iPhone menggunakan iOS dan merek lain menggunakan Android OS buatan Google, maka untuk produk dekstop Mac menggunakan MacOS sedangkan merek lain menggunakan Windows OS buatan Microsoft.

Komponen Premium

Salah satu alasan mengapa produk Apple mahal adalah karena pihak Apple selalu menggunakan komponen premium untuk seluruh produknya. Dengan komponen premium yang digunakan, maka produk Apple dapat bertahan lebih lama jika dibanding dengan yang lainnya. Fungsi komponen pun juga masih bisa berjalan dengan baik meski sudah dipakai selama lebih dari 10 tahun, seperti misalnya MacBook.

Dukungan Pembaruan Softaware

Hal ini menjadi salah satu penyebab mengapa produk Apple mahal. Selain seperti yang disebutkan pada poin sebelumya, pihak Apple juga memberikan jaminan kepada penggunanya terkait pembaruan software ke setiap perangkat dalam waktu yang cukup lama, seperti dukungan iOS.

Baca juga: Rekomendasi Kabel Data iPhone Yang Bagus

Sistem Kemanan Ketat

Apple juga memiliki jaminan sistem keamanan yang dikenal lebih ketat dimana pengembangan softwarenya bersifat tertutup atau tidak open source, sehingga dengan demikian, mereka tidak mudah untuk dibobol.

Riset dan Pengembangan

Seperti yang kita tahu, Apple sejak dulu memang memiliki operating system sendiri. Untuk dapat menghasilkan produk yang berkualitas, mereka tentu melakukan riset dan pengembangan yang biaya nya tentu saja tidak sedikit. Pada 2020 lalu, Apple pernah menghabiskan dana sekitar 18 miliar dollar atau 256 triliun rupiah hanya untuk biaya riset dan pengembangan saja. Dengan begitu, maka menjadi masuk akal jika produk Apple dibanderol dengan harga yang mahal.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: unfoldanswers.com, unsplash.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Apple

Unbox.id – Rumor mengenai iPad Air semakin menyebar seiring semakin dekatnya tanggal rilisnya. Baru-baru ini beredar informasi bahwa iPad Air akan berukuran lebih besar...

Hardware

Jakarta, Unbox.id — Jajaran produk tablet milik Apple, yaitu iPad, iPad mini, Air, dan Pro merupakan jenis terbaik di kelasnya. Produsen telah membekalinya dengan...