Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

5 Tips untuk Membuka Fitur Tersembunyi Smartphone

One UI 5.1_1samsung
Ketahui fitur tersembunyi yang ada di One UI 5.1 di Samsung Galaxy S23 Series 5G. (Sumber: Gadgets 360)

Last updated on 23 Oktober, 2023

Jakarta, Unbox.id – Smartphone telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Namun, banyak dari kita mungkin tidak menyadari bahwa terdapat fitur tersembunyi yang bisa meningkatkan pengalaman penggunaan smartphone kita. 

Banyak hal yang dapat Anda eksplorasi dalam smartphone yang Anda miliki, termasuk fitur tersembunyi. Dalam artikel ini, Unbox akan membagikan 5 tips dan trik yang harus Anda ketahui untuk membuka fitur tersembunyi pada smartphone Anda.

1 Fitur Tersembunyi Ekplorasi Pengaturan Sistem

Pengaturan sistem pada smartphone adalah tempat di mana Anda dapat menemukan banyak fitur tersembunyi. Mulailah dengan melihat bagian pengaturan ponsel Anda. Di sini, Anda akan menemukan berbagai opsi yang mungkin belum pernah Anda sadari sebelumnya.

Baca juga: X Kasih Keterangan Formerly Twitter di App Store

Pencarian cepat di bagian pengaturan ini dapat membantu Anda menemukan fitur tersembunyi seperti mode penghemat baterai, pengaturan warna tampilan layar, atau bahkan kontrol tangan bebas untuk menjawab panggilan telepon.

2 Gunakan Gestur dan Pintasan

Sebagian besar smartphone modern memiliki fitur gestur dan pintasan yang dapat membantu Anda menghemat waktu dan memudahkan navigasi. Misalnya, Anda dapat menggesek layar dengan tiga jari untuk mengambil tangkapan layar atau merentangkan jari Anda pada tampilan galeri foto untuk memperbesar gambar.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan pintasan pintar seperti menekan dua kali tombol daya untuk membuka kamera atau menggoyangkan ponsel untuk mengaktifkan fitur “shake to undo” yang membatalkan tindakan terakhir.

3 Fitur Tersembunyi Optimalkan Notifikasi

Fitur notifikasi pada smartphone tidak hanya untuk memberi tahu Anda tentang pesan masuk atau panggilan yang terlewat. Tersembunyi di balik pengaturan notifikasi adalah fitur-fitur yang dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas. Cobalah mengatur notifikasi prioritas yang akan muncul di layar kunci Anda.

Baca juga: DANA Beri Ungkapan Terkait Modus Kejahatan di Platform Digital

Anda juga dapat memanfaatkan fitur “quiet hours” atau “tidak mengganggu” untuk memblokir notifikasi saat Anda sedang beristirahat atau berkonsentrasi.

4 Manfaatkan Mode Hemat Baterai

Hidupkan mode hemat baterai pada smartphone Anda untuk mengoptimalkan masa pakai baterai. Mode ini akan membatasi aplikasi dan pengaturan tertentu yang memakan daya baterai, seperti sinkronisasi otomatis atau kecerahan layar yang tinggi.

Anda juga dapat memilih mode hemat baterai yang ada dalam pengaturan ponsel Anda atau mengunduh aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu mengelola konsumsi daya baterai Anda.

5. Aksesibilitas dan Pengaturan Layar

Sekarang, smartphone memiliki opsi aksesibilitas yang lengkap yang cocok untuk semua pengguna. Pengaturan aksesibilitas ini tidak hanya untuk pengguna dengan kebutuhan khusus, tetapi juga dapat di gunakan untuk mengoptimalkan pengalaman penggunaan Anda. 

Misalnya, Anda dapat mengaktifkan mode berkepala untuk memperbesar tampilan atau mengatur pengaturan font agar lebih mudah di baca. Anda juga dapat mengubah suara dan getaran telepon sesuai preferensi Anda.

Jadi, itulah 5 tips dan trik yang harus Anda ketahui untuk membuka fitur tersembunyi pada smartphone Anda. Eksplorelah pengaturan sistem, manfaatkan gestur dan pintasan, optimalkan notifikasi, hidupkan mode hemat baterai, dan sesuaikan aksesibilitas dan pengaturan layar Anda. 

Dengan menguasai fitur-fitur ini, Anda dapat meningkatkan pengalaman penggunaan smartphone Anda dan mengambil manfaat maksimal dari perangkat yang Anda miliki.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Chipset Snapdragon 8 Gen 4 diperkirakan akan diluncurkan tahun ini di acara tahunan Qualcomm yakni Snapdragon Summit 2024. Snapdragon 8 Gen 4...

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk memerangi kecanduan smartphone...