Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

5 Software Edit Video Terpopuler, Pilih Mana?

Editing video (sumber: makeuseof.com)
Editing video (sumber: makeuseof.com)

Last updated on 25 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Saat ini, banyak orang yang gemar membuat konten video untuk keperluan media sosial seperti Instagram, TikTok, dan YouTube. Kontennya pun juga beragam, mulai dari menyanyi, vlog, review produk, dance video, bahkan hingga film pendek.

baca artikel menarik lainnya tentang : cara edit video di windows 11

Biasanya untuk keperluan konten video di Instagram dan TikTok, orang lebih cenderung memproduksi atau editing melalui smartphone saja, walaupun ada juga yang menginginkan kualitas atau efek lebih memilih melakukan editing dengan PC atau laptop.

Editing video (sumber: snntv.com)

Editing video (sumber: snntv.com)

Namun untuk konten YouTube yang biasanya memiliki durasi yang lebih panjang, tentu editing harus dilakukan melalui PC atau laptop. Terlebih jika tingkat kerumitannya tak bisa diakomodir oleh editing melalui smartphone.

Walaupun memang editing video di smartphone memiliki kemudahan dan praktis, namun belum ada yang mampu menyaingi hasil kualitas editing melalui software di PC atau laptop.

Baca juga: Cara Memutar Video Youtube di Background Tanpa Premium

Saat ini terdapat berbagai pilihan software editing video untuk PC dan laptop yang dapat Anda gunakan. Berikut adalah rekomendasi beberapa software editing populer yang banyak digunakan oleh para profesional.

MAGIX Vegas

Magix Vegas yang dahulunya bernama Sony Vegas Pro ini merupakan software editing video populer yang banyak digunakan para editor profesional maupun filmaker.

Software ini sering dibandingkan dengan Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro karena memiliki pilihan fitur yang sama lengkapnya.

Selain memiliki berbagai fitur lengkap, Magix Vegas ini juga mudah untuk dipelajari karena memiliki tampilan interface yang sederhana.

Salah satu keunggulan Magix Vegas selain fitur editing video yang lengkap yakni terdapat juga fitur edit audio yang canggih. Terdapat juga berbagai pilihan efek yang dapat membuat audio dalam video Anda memiliki kualitas yang baik.

Adobe Premiere Pro

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Adobe Premiere Pro. Software unggulan besutan Adobe ini memang menjadi salah satu software editing video yang paling populer dan paling banyak digunakan.

Software ini memiliki fitur yang lengkap dan terorganisasi dengan baik. Dengan begitu, Anda dapat menemukan berbagai efek dengan mudah karena berada dalam satu bagian yang sama.

Meskipun harga software ini dibanderol dengan harga yang mahal, namun banyak orang tetap menganldalkan Adobe Premiere Pro berkat hasil kualitasnya yang tak bisa diragukan lagi.

Baca juga: Inilah Dia Aplikasi Perekam Layar PC Yang Bagus

Jika Anda pemula dan ingin belajar menggunakan Adobe Premiere Pro, Anda dapat menemukan banyak sekali video tutorial di YouTube mengenai software ini.

Final Cut Pro

Bagi Anda yang sudah familiar dengan Mac, Final Cut Pro adalah software editing video yang cocok untuk Anda.

Software ini bisa Anda sambungkan dengan koleksi iTunes-mu. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengimpor video yang ingin Anda edit.

Fitur unik yang ada di Final Cut Pro yakni bisa menghapus kamera dan tripod yang muncul di video 360 derajat.

Karena fiturnya yang lengkap dan mudah untuk dipelajari, Final Cut Pro sangat direkomendasikan khususnya bagi para pengguna Mac, baik pemula maupun profesional.

Filmora

Filmora merupakan software editing video sangat cocok digunakan oleh pemula karena software ini memiliki tampilan yang sederhana namun terdapat berbagai fitur yang mudah digunakan.

Banyak sekali pilihan teks, filter, overlay, music, dan beberapa efek lainnya, bahkan sudah tersedia juga fitur untuk green screen. Selain itu, tersedia juga berbagai macam transisi keren yang bisa Anda gunakan.

Selain tersedia di PC atau laptop, Filmora ini juga tersedia dalam versi mobile dengan nama Filmora Go. Namun tentu untuk versi mobile fiturnya sangat terbatas dan tidak selengkap jika menggunakan PC atau laptop.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: snntv.com, makeusof.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Apple diam-diam mengatakan bahwa komputer yang menjalankan sistem operasi macOS dengan RAM 8 GB tidak lagi cukup untuk digunakan. Sebelumnya, pada Worldwide...

Tech Industry

Unbox.id – Baru-baru ini, panggilan spam yang mengarah ke penipuan online sering kali mengintai pengguna ponsel cerdas. Panggilan telepon, email spam, dan berbagai hadiah...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Setelah memperkenalkan laptop seri Copilot+ yang menjalankan Snapdragon, meski masih hanya tersedia di pasar Amerika, kemungkinan besar laptop ini akan dirilis ke...

Artikel

Unbox.id – Menghemat daya laptop adalah keterampilan penting, terutama ketika Anda harus bekerja atau belajar dalam perjalanan tanpa akses mudah ke sumber listrik. Dengan...