Connect with us

Hi, what are you looking for?

Huawei

5 Smartphone Dengan Kamera Malam Terbaik

Huawei Mate 40 Pro+ (sumber: dxomark.com)
Huawei Mate 40 Pro+ (sumber: dxomark.com)

Jakarta, Unbox.id – Saat ini banyak orang yang mencari smartphone yang memiliki kemampuan kamera mumpuni, baik untuk penggunaan di siang hari maupun di malam hari. Seiring populernya kegiatan fotografi menggunakan smartphone, muncul tren yang berhubungan dengan hal tersebut, salah satunya adalah night mode atau mode malam.

Tentu tak semua smartphone memiliki kemampuan mode pemotretan malam yang bagus. Biasanya fitur tersebut hanya dimiliki oleh smartphone dengan kamera yang mumpuni. Dengan fitur tersebut, smartphone akan dapat menghasilkan bidikan yang sangat tetap bagus pada kondisi yang minim cahaya seperti di malam hari.

Baca juga: Fitur Baru Yang Akan Hadir di Android 13

Jika Anda sedang mencari smartphone yang memiliki fitur kamera mode malam yang bagus, berikut 5 rekomendasi smartphone dengan kemampuan mode malam yang bagus.

Huawei Mate 40 Pro+

Huawei Mate 40 Pro+ (sumber: dxomark.com)

Huawei Mate 40 Pro+ (sumber: dxomark.com)

Kualitas jepretan kamera Huawei Mate 40 Pro+ tak perlu diragukan lagi. Berdasarkan uji yang dilakukan oleh DxoMark, smartphone ini memiliki skor 139, dan 82 untuk mode malam. Detail yang dihasilkan sangat bagus berkat adanya OIS pada lensa utama dan dua lensa telefoto. Target eksposur dan white balance selalu akurat di setiap kondisi. Dynamic range-nya juga bagus karena kamera smartphone ini mampu menyeimbangkan kontras dengan baik, entah itu kondisi siang atau malam.

Dengan begitu, hasil foto malam harinya tentu sangat bisa diandalkan. Tanpa lampu flash sekalipun, tekstur dan noise tetap dapat terjaga, dan dengan dynamic range yang tetap lebar. Hal tersebut berkat adanya sensor 50 MP pada kamera utamanya yang terbilang besar yakni 1/1,28 inci.

Selain itu, smartphone ini juga sudah memakai filter RYYB (Red Yellow Yellow Blue). Tak seperti smartphone pada umumnya yang menggunakan filter berbasis RGGB (Red Green Green Blue).

Apple iPhone 13 Pro Max

Apple iPhone 13 Pro Max (sumber: support.apple.com)

Apple iPhone 13 Pro Max (sumber: support.apple.com)

Apple tetap membenamkan tiga kamera 12 MP pada sektor kamera belakang iPhone 13 Pro Max, sama seperti generasi sebelumnya. Namun, pihak Apple mengklaim bahwa iPhone 13 Pro Max dapat menghasilkan foto yang lebih terang dalam situasi low light, misalnya ketika di dalam ruangan yang minim cahaya atau pada malam hari.

Hal itu berkat diafragma dan ukuran sensor yang dipakai pada smartphone ini lebih besar pada kamera utama. Sensor yang dipakai pada kamera ultrawide masih sama, tetapi diafragmanya ikut diperbesar, juga terdapat fitur autofokus (PDAF). Saat digunakan untuk menjepret wajah, detail yang dihasilkan tetap bagus, terutama jika lampu flash dinyalakan. Namun, saat lampu flash dimatikan, rentang dinamisnya cukup terbatas.

DxoMark pun juga menguji smartphone ini dan memberi nilai 72 khusus untuk kemampuan night mode iPhone 13 Pro. Hal itu merupakan peningkatan besar karena iPhone 12 Pro Max hanya mendapatkan skor 64 pada kategori pengujian yang sama.

ASUS Smartphone for Snapdragon Insiders

ASUS Smartphone for Snapdragon Insiders (sumber: dxomark.com)

ASUS Smartphone for Snapdragon Insiders (sumber: dxomark.com)

ASUS mengandalkan sensor kamera utama 64 MP-nya menggunakan Sony IMX686 dengan ukuran 1/1,73 inci, sedangkan sensor kamera ultrawide 12 MP-nya memakai Sony IMX363 berukuran 1/2,55 inci. Keduanya juga telah dibekali autofokus (PDAF), namun hanya kamera utama yang punya OIS. Adapun kamera telefoto 8 MP ini punya fitur autofocus dan OIS. Kamera ini disebut mampu menghasilkan foto dengan rentang dinamis dan eksposur yang bagus.

DxOMark juga menguji coba kamera pada smartphone ini dan mendapatkan skor fotografi malam hari yakni 71.

Xiaomi Mi 11 Ultra

Xiaomi Mi 11 Ultra (sumber: mi.co.id)

Xiaomi Mi 11 Ultra (sumber: mi.co.id)

Tak seperti smartphone lainnya, Mi 11 Ultra ini punya layar kecil di modul kamera belakang. Layar kecil ini diambil dari layar yang ada pada Xiaomi Mi Band 5, punya ukuran 1,1 inci dengan tipe layar AMOLED.

Dengan resolusi 126 x 294 piksel, layar tersebut berfungsi sebagai penunjuk waktu dan untuk menampilakn preview saat selfie menggunakan kamera belakang. Jadi tak hanya kemampuan fotografi malam harinya saja yang dapat diandalkan.

Pada lensa kamera utama, smartphone ini memiliki kamera dengan resolusi 50 MP, lalu lensa kedua 48 MP yang mengusung fungsi telefoto, kemudian lensa ketiga dengan resolusi 48 MP untuk fungsi ultrawide.

Kamera juga dapat melakukan zoom optik sebanyak 5x. Namun zoom total yang bisa dilakukan sejumlah 120 kali. Sedangkan jika pengguna berusaha mengambil foto pada malam hari, hasil yang diterima adalah foto dengan target exposure yang baik serta detil yang begitu memukau.

Baca juga: 7 Aplikasi Android Wajib Untuk Naik Gunung

DxOMark telah menguji kamara smartphone ini dan mereka menganggap kamera pada smartphone ini mampu memberikan exposure lebih pada wajah saat malam hari bahkan lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Kendati begitu, kemampuan fotografi malam harinya memang tidak sebaik Huawei Mate 40 Pro+. Skor DxOMark yang diberikan pada kemampuan fotografi malam untuk smartphone ini adalah 77.

Vivo X50 Pro+

Vivo X50 Pro+ (sumber: dxomark.com)

Vivo X50 Pro+ (sumber: dxomark.com)

DxOMark mengungkapkan bahwa Vivo X50 Pro+ ini dapat menghasilkan hasil yang baik dalam pengujian fotografi malam hari. Eksposur malam dan cahaya redup akurat dan dengan warna serta white balance yang akurat.

Dalam mode flash-auto, DxOMark menerangkan bahwa Vivo X50 Pro+ menembakkan lampu kilatnya dengan tepat untuk menerangi subjek dengan baik dan memberikan warna yang akurat sembari membiarkan latar belakang yang cukup menyala untuk memberikan pemandangan yang alami.

DxOMark memberikan skor 127 poin, terdiri dari 139 poin untuk foto dan 104 poin untuk video. Sementarau untuk skor mode malam, smarthone ini mendapatkan skor mencapai 70.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: dxomark.com, mi.co.id, support.apple.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Vivo

Jakarta, Unbox.id – Ponsel pintar layar lipat kini sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar koleksi smartphone. Setelah kesuksesan Samsung dalam memproduksi ponsel lipat...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Layaknya Apple yang membekali iPhone dengan fitur Siri, Samsung juga membekali lini smartphone miliknya dengan antarmuka sistem One UI dengan asisten...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Bagi Anda para pengguna perangkat dengan sistem operasi iOS seperti iPhone ataupun iPad, tentu Anda sudah terbiasa melihat ‘Report Junk’ setiap...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, Instagram mengumumkan bahwa pihaknya tengah melakukan uji coba metode verifikasi terbarunya. Fitur ini nantinya akan dapat mendeteksi usia pengguna...