Merk

5 Keunggulan Laptop ASUS ROG Zephyrus M16

ASUS ROG Zephyrus M16 (sumber: theverge.com)

Jakarta, Unbox.id – Asus baru saja memperkenalkan laptop gaming terbarunya yakni Asus ROG Zephyrus M16 (GU603Z). Menariknya, laptop terbaru ini tak hanya dibuat untuk para gamer saja, namun juga para konten kreator.

Asus ROG Zephyrus M16 (GU603Z) ini mengusung layar 16-inci berkualitas tinggi dan juga dibekali dengan hardware dan sistem pendingin kelas gaming. Selain itu, laptop ini juga tampil dengan ukuran yang sangat ringkas. Dengan begitu, laptop ini dapat diandalkan oleh para gamers dan konten kreator yang membutuhkan laptop yang bertenaga.

Oleh karena itu, berikut adalah 5 keunggulan laptop Asus ROG Zephyrus M16 yang dapat menjadi referensi Anda.

ROG Nebula™ Display

ROG Nebula™ Display (sumber: rog.asus.com)

ASUS ROG memperkenalkan standar baru untuk layar laptop gaming yakni ROG Nebula™ Display. ROG Nebula™ Display dibuat atas kebutuhan dasar gaming yakni kecepatan, kecerahan, dan kualitas visual. Dengan begitu, laptop ini tak hanya cocok untuk digunakan oleh para gamers saja, namun juga para konten kreator guna menunjang pembuatan konten.

Baca juga: 4 Aplikasi Kompres Video PC Terbaik, Anti Kehilangan Kualitas

Berikut adalah kelebihan dari ROG Nebula™ Display.

  • Color gamut 100% DCI-P3.
  • Tingkat kecerahan 500 nits.
  • Dilengkapi fitur Adaptive Sync.
  • Memiliki response time 3ms..
  • Mendukung teknologi dari Dolby Vision.
  • TÜV Rheinland untuk low blue light dan anti-flicker.
  • Mengantongi sertifikasi PANTONE® Validated Display untuk akurasi warna.

MUX Switch

MUX Switch (sumber: rog.asus.com)

Asus ROG Zephyrus M16 (GU603Z) ini juga sudah dibekali dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman gaming menjadi semakin menyenangkan, yakni dengan adanya fitur MUX Switch. MUX Switch adalah merupakan chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan pada layar laptop. Melalui MUX Switch ini, jalur data visual dari discrete chip grafis dapat dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafisnya.

Dengan adanya MUX Switch, tentu akan sangat berguna ketika laptop bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya. Seperti ketika saat bermain game, data visual dapat langsung ditampilkan dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik dengan peningkatan performa pada game yang diklaim dapat mencapai 10-30%.

12th Gen Intel® Core™ H Series Processor

12th Gen Intel® Core™ H Series Processor (sumber: club386.com)

Laptop Asus ROG Zephyrus M16 (GU603Z) ini sudah dibekali dengan prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series yang telah menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7. Berbeda dengan generasi sebelumnya, prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 ini sudah menggunakan konfigurasi core yang terdiri dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core).

P-core ini diklaim memiliki performa tinggi yang dapat memproses tugas-tugas berat. Sebaliknya, E-core dapat menjalankan tugas-tugas ringan namun sangat efisien dan tidak memakan banyak daya.

Kombinasi P-Core dan E-Core ini tentunya dapat menghasilkan sebuah prosesor hibrid yang memiliki kemampuan pemrosesan yang tinggi dan optimal untuk gaming dan pembuatan konten.

Kinerja Powerful

NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti (sumber: nvidia.com)

Selain dibekali dengan prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series, laptop ini juga sudah dibekali dengan chip grafis hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti. Chip grafis generasi terbaru dari NVIDIA® ini tak hanya powerful untuk gaming, namun juga untuk pembuatan konten. Chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3000 Series ini sudah dilengkapi dengan Tensor Core dan RT Core yang berfungsi untuk megakselerasi pemrosesan berbasis kecerdasan buatan (AI) yang telah digunakan di berbagai game serta aplikasi kreatif.

Untuk sektor penyimpanan, laptop ini sudah dibekali dengan sistem memori dan penyimpanan 16GB dual-channel DDR5 RAM berkecepatan 4800MHz yakni NVMe PCIe Gen4 SSD. Penyimpanan generasi terbaru tersebut diklaim mampu menghadirkan kecepatan transfer yang sangat tinggi, yakni dengan kecepatan baca hingga 7Gbps. SSD berkecepatan tinggi ini tentu akan membuat proses loading di aplikasi dan game dapat dilakukan lebih cepat.

Konektivitas Lengkap

ASUS ROG Zephyrus M16 (hothardware.com)

Sebagai laptop baru, laptop ini juga sudah dibekali dengan konektivitas yang canggih dan lengkap. Mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.0b, UHS II MicroSD card reader, 3.5mm combo audio jack, Thunderbolt™ 4 USB Type-C, hingga masih adanya port gigabit ethernet atau LAN.

Thunderbolt™ 4 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 40Gbps tersebut juga dapat digunakan sebagai display port. Dengan begitu, laptop ini dapat dihubungkan ke monitor beresolusi hingga 8K melalui port Thunderbolt™ 4 tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Laptop dan Tablet 2-in-1 Yang Bagus

Sementara itu, untuk konektivitas nirkabel laptop ini sudah dibekali dengan teknologi WiFi 6E yang hadir dalam tiga frekuensi yakni 2,5GHz, 5GHz, dan 6GHz. Frekuensi 6GHz diklaim dapat menyuguhkan kecepatan transfer data lebih baik dan stabil jika dibanding dengan 2,5GHz dan 5GHz.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: rog.asus.com, hothardware.com, nvidia.com, club386.com, theverge.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Infinix

Jakarta, Unbox.id — Infinix baru saja mengadakan acara peluncuran produk terbaru smartphone GT 20 Pro di Arab Saudi, pada Minggu 28 April 2024. Ini...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — ViewSonic telah meluncurkan monitor ultra lebar melengkung baru, VX4518, dengan layar besar 44,5 inci dengan rasio aspek 32:9. Monitor ini saat...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Asus baru saja memperkenalkan smartphone gaming terbarunya, ROG Phone 8. Selain menawarkan spesifikasi mumpuni, ponsel tersebut juga memiliki kamera berkualitas dan fitur...

Tech News

Unbox.id – Asus ROG Phone 8 diumumkan di CES 2024 pada 9 Januari 2024 dan kini ketiga ponsel tersebut akhirnya tersedia di Indonesia. Seri...

Copyright © 2023 RMN

Exit mobile version