Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membeli Laptop Baru

Laptop (sumber: engadget.com)
Laptop (sumber: engadget.com)

Jakarta, Unbox.id – Saat ini, bagi para pekerja kantoran atau pelajar, laptop sudah menjadi kebutuhan utama, terlebih di masa WFH saat ini. Laptop sudah menjadi perangkat yang memiliki banyak fungsi lengkap, baik untuk bekerja, belajar, atau hiburan.

Banyak laptop yang tersedia di pasaran dengan harga dan model yang beragam. Jika Anda sedang berniat untuk membeli laptop baru, berikut ini adalah 5 hal yang wajib Anda perhatikan saat membeli laptop baru.

Ukuran laptop

Ukuran laptop (sumber: gizbuyerguide.com)

Ukuran laptop (sumber: gizbuyerguide.com)

Pertimbangkan ukuran laptop baru yang hendak Anda beli. Sebaiknya, pilihlah laptop yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Apabila Anda memiliki mobilitas yang tinggi, pilihlah laptop dengan ukuran kecil seperti ukuran 12 hingga 13 inci. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir membawa laptop tersebut karena dimensinya yang kecil dan ringan. Jika Anda seorang desainer atau gamer, Anda bisa memilih laptop dengan ukuran standar yakni antara 14 hingga 17 inci.

Spesifikasi internal

Spesifikasi laptop (sumber: pcworld.com)

Spesifikasi laptop (sumber: pcworld.com)

Ini merupakan salah satu faktor terpenting yang harus dipikirkan sebelum membeli laptop baru. Setidaknya, ada empat hal yang harus pertimbangkan yakni jenis prosesor, RAM, VGA, dan kapasitas penyimpanan internal.

Ada dua prosesor yang paling banyak diandalkan saat ini yakni Intel dan AMD. Keduanya memiliki berbagai varian produk prosesor yang dibanderol mulai dari satu hingga belasan juta rupiah.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Laptop Dibanding PC Desktop

Jika Anda hanya menggunakan laptop untuk mengetik, browsing dan multimedia, Anda cukup untuk menggunakan Intel Core i3. Namun jika Anda menggunakan laptop untuk mengedit video, membuat desain, dan membuat musik, tentu Anda bisa memilih Intel Core i7. RAM juga merupakan salah satu faktor yang mampu memengaruhi kinerja laptop. Semakin besar RAM, kinerja laptop akan kebutuhan multitasking akan semakin besar.

Desain laptop

Jenis laptop (sumber: thedesignerstoolbox.com)

Jenis laptop (sumber: thedesignerstoolbox.com)

Seiring dengan majunya teknologi, laptop pun sudah memiliki berbagai inovasi terutama dari segi desain. Jika dulu laptop kebanyakan berukuran tebal, saat ini Anda bisa menemukan laptop yang super tipis. Jika dulu layar dan keyboard menyatu, kini sudah ada model 2-in-1 yang memungkinkan layar dan keyboard dapat dilepas-pasang atau dilipat hingga 360 derajat.

Kendati begitu, yang sebenarnya harus diperhatikan adalah ketahanannya, terlebih pada bagian engsel. Lalu, pastikan Anda mengetahui jenis layar yang digunakan, resolusinya, juga sudut pandang penglihatan layar.

Jika Anda perlu laptop untuk mengerjakan grafis atau editing video, maka Anda bisa memilih laptop dengan panel display jenis IPS yang memiliki ketajaman serta akurasi warna yang tinggi, juga sudut penglihatan yang luas. Satu hal yang tak dapat dipungkiri, laptop yang mahal tentu memiliki kualitas layar yang lebih mumpuni.

Daya tahan baterai

Baterai laptop (sumber: kindpng.com)

Baterai laptop (sumber: kindpng.com)

Ini menjadi salah satu pertimbangan penting yang wajib diperhatikan ketika membeli laptop baru. Rata-rata, laptop yang dijual dipasaran saat ini memiliki daya tahan baterai sekitar 6 hingga 8 jam. Ketahanan baterai memang sulit untuk diukur karena hal tersebut juga bergantung pada pemakaian, apilkasi yang dijalankan, serta jenis prosesor yang dipakai. Pastikan juga untuk merawat baterai laptop sebaik mungkin supaya performanya tetap bagus dan awet.

Konektivitas yang lengkap

Port pada laptop (sumber: slideplayer.com)

Port pada laptop (sumber: slideplayer.com)

Di zaman seperti sekarang ini, kebutuhan akan WiFi sudah pasti menjadi yang utama. Karenanya, Anda harus mencari laptop dengan konektivitas yang lengkap. Selain dibekali dengan koneksi WiFi, pilihlah laptop yang memiliki 3 buah port USB, serta port pendukung lain seperti LAN dan HDMI/VGA.

Baca juga: 5 Rekomendasi Laptop Dell Terbaik Tahun 2022

Selain 5 hal di atas, Anda juga wajib memerhatikan soal garansi, fitur pendukung, keamanan, hingga yang paling penting adalah sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: engadget.com, slideplayer.com, kindpng.com, thedesignerstoolbox.com, gizbuyerguide.com, pcworld.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Secara resmi, Nvidia telah memperkenalkan GPU alias kartu grafis terbaru mereka, yakni RTX 40 series. GPU buatan Nvidia tersebut tersedia dalam...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Sebuah perangkat laptop merupakan salah satu produk teknologi yang sangat dibutuhkan oleh para penggunanya pada saat ini. Beragam hal dan juga aktivitas...

How To

Jakarta, Unbox.id – Penggunaan gadget smartphone saat ini memang bukan hal yang asing di masyarakat. Bahkan, sebagian besar dari masyarakat di kota-kota telah menjadikan...

Hardware

Unbox.id – Di era digital ini, beragam hal yang berhubungan teknologi menjadi salah satu hal yang paling penting untuk menunjang kebutuhan dari para penggunanya....