Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

5 Hal Perlu Diketahui Untuk Beli Laptop Second di 2023

laptop second_1_1
Ketahui beberapa tips untuk membelip produk laptop second di tahun 2023 ini bagi penggunanya. (Sumber: Eraspace)

Unbox.id – Saat ini, laptop adalah kebutuhan penting bagi banyak orang saat ini. Jika laptop awalnya hanya digunakan oleh karyawan, saat ini hampir semua orang menggunakannya. Mulai dari mahasiswa, mahasiswa, profesional kreatif, misalnya pengusaha UMKM yang berbasis di rumah. Itu sebabnya saat ini sudah banyak laptop dengan harga yang cukup murah.

Namun, laptop murah biasanya memiliki spesifikasi yang terbatas bahkan kurang, dan tidak akan memenuhi kebutuhan Anda. Karena itu, banyak orang yang mencari laptop bekas. Tapi apa yang harus Anda perhatikan sebelum membeli laptop bekas? Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan lebih lanjut untuk bisa menunjang kebutuhan dari para penggunanya? Berikut informasinya.

Beli dari Toko atau Penjualan Terpercaya

Laptop second_1_2

Apabila ingin beli produk laptop second, penggunanya bisa memilih toko yang memang terpercaya. (Sumber: WIRED)

Tips pertama yang harus paling sering kamu gunakan adalah membeli laptop bekas dari penjual terpercaya. Jangan tergiur hanya dengan harga murah tanpa mengetahui apa yang Anda dapatkan saat memutuskan membeli laptop. Pertama tanyakan pada diri sendiri, jika terjadi kesalahan, dapatkah Anda menghubungi orang tersebut?

Jangan terburu-buru mengambil keputusan agar tidak muncul masalah yang tidak diinginkan. Anda dapat menemukan sejumlah pengecer fisik dan online yang menjual laptop bekas atau rekondisi. Jika Anda membeli dari mereka, pastikan mereka memiliki reputasi yang baik dan dapat diandalkan.

Akan lebih baik jika Anda membeli laptop bekas dari toko elektronik dan bukan dari orang pribadi. Alasannya agar memudahkan Anda untuk menghubungi pihak toko jika ada masalah dengan laptop yang Anda beli.

Baca juga: Pilihan Harga Laptop Gaming Terbaru

Sesuaikan Kebutuhan Anda

Ada berbagai jenis laptop dan masing-masing memiliki jenis dan kecepatan processor, memori, dll. Penting untuk mengetahui apa yang Anda butuhkan sebelum membeli laptop bekas tertentu.

Misalnya, jika Anda berkecimpung dalam dunia desain grafis atau suka memainkan game tingkat lanjut, Anda memerlukan laptop dengan kekuatan pemrosesan yang baik, kartu grafis, dan jumlah RAM yang tepat.

Luangkan waktu sebaik mungkin untuk mengetahui spesifikasi minimal apa saja yang Anda butuhkan dan pastikan laptop yang Anda beli memenuhi kriteria tersebut.

Cek Keseluruhan Fungsi Laptop Second Normal

laptop second_1_3

Mengecek produk laptpp second masih berfungsi adalah salah satu hal yang penting sebelum memboyongnya bagi para penggunanya. (Sumber: CekList.id)

Selain baterai, sebaiknya periksa kondisi umum laptop sebelum memutuskan untuk membeli laptop bekas. Periksa kondisi kit, eksternal atau casing, layar, motherboard, prosesor, memori, keyboard, port dan input, kamera, dan perangkat lunak yang terpasang di laptop.

Meski bekas, Anda harus memastikan bahwa semua barang tersebut dalam kondisi baik, tanyakan juga tentang aksesoris laptop, seperti charger, sebagai kebutuhan yang paling esensial.

Punya Garansi Laptop

Ada baiknya Anda mencari laptop yang umurnya kurang dari satu tahun, agar Anda tetap mendapatkan garansi resmi dari produsen laptop tersebut. Jika masih dalam garansi, kami tidak perlu membayar biaya perbaikan karena semuanya masih menjadi tanggung jawab produsen atau pengecer. Jika tidak ada garansi, pastikan Anda mendapatkan garansi toko atau personal.

Baca juga: Acer Umumkan Laptop Aspire 5 Dan Aspire 3

Pasang Antivirus Segera

Walaupun laptop yang kamu beli sudah factory reset, ada baiknya berhati-hati. Instal antivirus dan segera jalankan pemindaian laptop sebelum menginstal aplikasi atau program apa pun dan menggunakan kata sandi. Virus dan malware selalu ada dan bisa disembunyikan tanpa diketahui. Mungkin juga penjual memasang sesuatu yang berbahaya di laptop.

Itulah informasi mengenai tips yang harus diperhatikan saat membeli laptop bekas. Namun, laptop bekas juga bisa menjadi investasi yang bagus jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli laptop berkualitas tinggi dalam kondisi baru.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Unbox.id – Vendor laptop lokal Axioo melanjutkan kesuksesan Pongo sebagai laptop gaming dengan performa bagus. Yang terbaru, Axioo memperkenalkan Pongo 760 V2 yang ditenagai...

Tech News

Unbox.id – Penggunaan kecerdasan buatan (AI) adalah solusi yang memenuhi berbagai kebutuhan. Penggunaan AI juga meluas ke banyak bidang kehidupan dan memfasilitasi banyak aktivitas,...

Acer

Jakarta, Unbox.id — Acer kali ini meluncurkan produk laptop gaming terbaru, Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) di pasar Tanah Air. Perangkat dengan segmentasi gaming...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id — Samsung baru-baru ini memperkenalkan seri Galaxy Book 4 secara global, tetapi tampaknya ada pengungkapan menarik lainnya yang akan segera terjadi. Laptop...