Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

5 Fitur Canggih di Aplikasi Google Maps Yang Jarang Diketahui

Google Maps (sumber: searchenginejournal.com)
Google Maps (sumber: searchenginejournal.com)

Jakarta, Unbox.id – Aplikasi Google Maps saat ini sudah sangat melekat dan menjadi kebutuhan masyarakat. Setiap hendak bepergian, aplikasi ini selalu digunakan untuk melihat kondisi kepadatan lalu lintas, dan tentunya sebagai penunjuk jalan.

Selain berfungsi untuk mencari lokasi dan melihat kepadatan lalu lintas, Google Maps juga dapat menunjukkan restoran ataupun tempat ibadah terdekat sekitar Anda.

Namun, sebenarnya tak hanya itu saja, masih ada beberapa fitur canggih Google Maps yang jarang digunakan orang. Berikut tujuh fitur canggih Google Maps yang tak diketahui banyak orang.

Dapat melihat lokasi orang lain secara real-time

Fitur Real-time Location (sumber: review.bukalapak.com)

Fitur Real-time Location (sumber: review.bukalapak.com)

Bagi Anda khawatir dengan keluarga maupun pasangan Anda, Anda bisa memanfaatkan fitur Location Sharing di Google Maps untuk dapat memantaunya. Fitur ini memungkinkan dua orang saling memberikan lokasi secara real-time dengan jangka waktu tertentu.

Dapat memesan transportasi online

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa di aplikasi Google Maps, Anda dapat langsung memesan transportasi online. Untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda cukup membuka Google Maps lalu pilih tempat tujuan, setelah itu klik Direction untuk melihat informasi layanan transportasi online di yang tersedia.

Baca juga: Fitur Moderator Live Streaming Instagram Dirilis Untuk Lindungi Streamer

Dapat reservasi restoran

Restaurant Reservation (sumber: eater.com)

Fitur Restaurant Reservation (sumber: eater.com)

Bagi banyak orang, menunggu antrian adalah hal yang paling menyebalkan, namun Anda tak perlu khawatir lagi karena saat ini Google Maps memiliki fitur untuk memungkinkan pengguna dapat melakukan reservasi restoran. Untuk menggunakannya, Anda dapat langsung mencari nama restoran yang ingin Anda kunjungi, atau Anda bisa memilih menu Explore agar dapat melihat restoran terdekat Anda.

Setelah Anda memilih restoran, Anda bisa langsung melihat opsi untuk memesan mejaa. Sayangnya, untuk saat ini masih belum banyak restoran yang terdaftar di fitur Google Maps ini.

Offline Maps fitur tanpa kuota

Jika Anda sedang berada dalam perjalanan namun Anda tak memiliki kuota, Anda dapat memanfaatkan fitur Offline Maps. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat mengakses lokasi tanpa harus terkoneksi dengan internet. Namun sebelum ingin menggunakan fitur ini, terlebih dulu Anda harus mengunduh Offline Map di bagian menu, Anda dapat mengunduh sesuai dengan lokasi yang Anda inginkan.

Melihat riwayat lokasi

Untuk Anda yang sering lupa akan lokasi yang pernah dikunjungi, Anda dapat memanfaatkan fitur Google Maps untuk melihat lokasi yang pernah Anda kunjungi yakni dengan cara memilih Menu dan pilih Your Timeline. Setelah itu, pilih tanggal sesuai keinginan dan daftar riwayat lokasi Anda akan tersedia.

Nah berikut tadi merupakan beberapa fitur Google Maps yang bermanfaat namun justru jarang digunakan orang. Sejatinya, aplikasi Google Maps ini sangat membantu dan memudahkan kita, dan tentunya dengan adanya beberapa fitur menarik tersebut membuat kita menjadi lebih efisien.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: eater.com, review.bukalapak.com, searchenginejournal.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Software

Last updated on 31 Maret, 2024 Unbox.id – Belum lama ini, Apple mengumumkan pembaruan menarik untuk pengguna iPhone lawas, khususnya pemilik iPhone 12. Pasalnya,...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...