Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

4 Tipe Touchscreen yang Perlu Anda Ketahui

data
ilustrasi: pxhere.com

Last updated on 23 Oktober, 2023

Jakarta, Unbox.id – Layar sentuh atau touchscreen sudah menjadi salah satu fitur utama yang ada pada banyak perangkat elektronik saat ini, seperti smartphone, tablet, laptop, dan lain sebagainya. 

Dengan kemampuan layar sentuh ini, pengguna dapat lebih interaktif dan mudah dalam menggunakan perangkat tersebut. 

Baca juga: ChatGPT OpenAI Sekarang Bisa Browsing!

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis layar sentuh yang perlu Anda ketahui? Berikut adalah beberapa tipe layar sentuh yang umum ada di gadget:

1. Resistive Touchscreen:

Resistive touchscreen adalah salah satu tipe layar sentuh yang paling umum di gunakan. Teknologi ini menggunakan dua lapisan yang terpisah oleh sebuah ruang hampa udara. 

Ketika permukaan layar ditekan, kedua lapisan ini akan bersentuhan dan menghasilkan sinyal elektronik. Kelebihan tipe layar sentuh ini adalah dapat di gunakan dengan menggunakan alat apa pun, baik itu jari, stylus, atau bahkan kuku. 

Namun, resolusi dan sensitivitas layar ini cenderung lebih rendah ketimbang dengan jenis lainnya.

2. Capacitive Touch screen:

Capacitive touchscreen adalah tipe layar sentuh yang paling banyak di gunakan pada smartphone dan tablet masa kini. Teknologi ini menggunakan lapisan kaca yang berlapis dengan lapisan konduktif. 

Ketika permukaan kapasitif ini di sentuh oleh jari manusia yang mengandung muatan listrik, lapisan kapasitif akan merespon dan menghasilkan sinyal elektronik. Kelebihan dari layar sentuh ini adalah kemampuannya merespon dengan sangat cepat dan akurat terhadap sentuhan jari. 

Baca juga: Realme Rayakan Ultah Ke 5 Mereka dengan Roadshow

Selain itu, gambar yang tampil pun lebih jernih dan resolusinya lebih tinggi ketimbang dengan tipe resistive touchscreen.

3. Infrared Touchscreen:

Infrared touchscreen menggunakan sensor inframerah untuk mendeteksi sentuhan pengguna pada permukaan layarnya. Sensor ini berada di sekitar monitor dan menghasilkan bidang inframerah yang tak terlihat. 

Ketika sensor ini terganggu oleh sentuhan, sinyal akan terkirim untuk menentukan posisi sentuhan tersebut. Kelebihan dari tipe ini adalah dapat mendeteksi sentuhan dari berbagai benda, termasuk jari, stylus, atau bahkan benda keras sekalipun. 

Namun, sensor inframerah yang terdapat di sekitar layar membuat layar ini cenderung lebih tebal dan resolusi yang muncul pun tidak setinggi jenis layar sentuh lainnya.

4. Surface Acoustic Wave (SAW) Touch screen:

SAW touchscreen menggunakan transduser untuk menghasilkan gelombang suara yang berubah menjadi variasi elektronik ketika permukaan layar tersentuh. 

Teknologi ini menghasilkan resolusi yang lebih tinggi dan kemampuan yang lebih baik dalam mendeteksi beberapa sentuhan secara bersamaan. Kelemahan dari layar ini adalah kualitas gambar yang kurang tajam dan kurang tahan terhadap goresan.

Memahami dan mengenal berbagai tipe layar sentuh ini dapat membantu Anda dalam memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. 

Pilihlah tipe layar sentuh yang cocok menurut Anda agar pengalaman penggunaan perangkat elektronik Anda menjadi lebih nyaman dan efisien.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Jakarta, Unbox.id — OnePlus kabarnya tengah mengerjakan tablet andalannya, Pad 3. Dalam postingan X baru-baru ini oleh Max Jambor, jangka waktu peluncuran tablet tersebut...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Vivo akan mengumumkan ponsel pintar terbaru model T3x dengan konektivitas 5G. Ponsel 5G baru yang ramah anggaran, pada 17 April di...

Hardware

Unbox.id – Vendor laptop lokal Axioo melanjutkan kesuksesan Pongo sebagai laptop gaming dengan performa bagus. Yang terbaru, Axioo memperkenalkan Pongo 760 V2 yang ditenagai...

Tech News

Unbox.id – Penggunaan kecerdasan buatan (AI) adalah solusi yang memenuhi berbagai kebutuhan. Penggunaan AI juga meluas ke banyak bidang kehidupan dan memfasilitasi banyak aktivitas,...