Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

4 Software Terbaik dan Mudah Untuk Membuat Podcast

Software untuk membuat podcast (sumber: vidyard.com)
Software untuk membuat podcast (sumber: vidyard.com)

Jakarta, Unbox.id – Saat ini, podcast telah menjadi populer dan menjadi sebuah media baru yang mulai digemari masyarakat, khususnya di Indonesia. Dengan berbekal audio, podcast cukup berhasil menjadi hiburan bagi masyarakat. Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini banyak orang yang berusaha untuk ikut membuat podcast sendiri.

Untuk dapat membuat podcast, Anda tak hanya membutuhkan perangkat mikrofon atau alat perekam. Namun untuk dapat menghasilkan audio dengan kualitas yang lebih baik lagi, Anda dapat menggunakan sejumlah software khusus untuk mengolah audio podcast Anda.

Berikut adalah rekomendasi 4 software terbaik dan termudah untuk merekam dan editing audio podcast yang bisa Anda coba.

Adobe Audition

Adobe Audition

Adobe Audition (sumber: community.adobe.com)

Bila Anda mencari software untuk merekam podcast yang lebih profesional, Adobe Audition merupakan pilihan yang tepat. Software ini sudah terkenal dan dipercaya oleh para editor audio untuk merekam dialog, dubbing hingga mixing dan mastering.

Software ini menyediakan banyak fitur yang bisa membuat hasil audio podcast Anda terdengar bagus dan profesional. Selain itu, software ini juga sudah mendukung perekaman multi-track yang tentunya akan memudahkan Anda ketika membuat audio podcas dengan beberapa narasumber.

Terlebih, Audition juga memiliki fitur noise reduction yang sangat baik untuk menghilangkan suara-suara yang tidak diinginkan.

Namun untuk dapat menggunakan Adobe Audition, Anda harus mengeluarkan biaya sekitar 300 ribu rupiah untuk perbulannya. Kendati demikian, dengan segala fitur yang lengkap dan profesional, tentu hal itu tidak akan menjadi masalah.

Baca juga: 5 Software Edit Video Terpopuler, Pilih Mana?

GarageBand

tampilan interface GarageBand

GarageBand (sumber: support.apple.com)

Bagi Anda yang menggunakan perangkat MacOS Apple, software GarageBand juga dapat dijadikan andalan untuk mengolah audio podcast Anda. Selain gratis, software ini juga bisa Anda gunakan pada iPad dan iPhone, dengan begitu Anda tentu dapat lebih efisien dan bisa melakukan editing di semua perangkat Apple.

Dengan tampilan yang sederhana, software ini tergolong cukup mudah dan simple untuk digunakan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan musik latar pada podcast Anda agar terdengar lebih menarik.

Sayangnya, GarageBand hanya dapat digunakan oleh para pengguna Apple saja, unduh di sini.

Apple Logic Pro X

Apple Logic Pro X software editing podcast

Apple Logic Pro X (sumber: musicradar.com)

Sejak awal kemunculannya, pihak Apple memang selalu eksklusif untuk berbagai macam halnya, yak terkecuali dengan software. Jika tadi sudah ada GarageBand bagi untuk yang versi gratis, ada juga software lain yang berbayar yakni Apple Logic Pro X.

Software ini juga sangat populer seperti halnya Adobe Audition yang memang sudah dirancang untuk profesional yang tentunya memiliki fitur yang sangat lengkap.

Banyak para produser musik dan musisi yang menghasilkan maha karyanya dengan menggunakan software ini. Tentu dengan fiturnya yang lengkap, software ini sangat mampu untuk mengolah audio podcast Anda.

Namun untuk dapat menggunakan Apple Logic Pro X, Anda harus menyiapkan uang sekitar 3 juta rupiah dan hanya tersedia untuk para pengguna Apple saja. Meski demikian, fitur yang akan didapatkan sudah pasti sangat lengkap dan profesional.

Baca juga: 5 Software Laptop Terbaik Untuk Editing Foto

Audacity

software audio podcast Audacity

Audacity (sumber: audacityteam.org)

Audacity ini merupakan software gratis yang tersedia baik untuk Windows maupun MacOS. Dengan tampilan yang sederhana, software ini dapat Anda pelajari dengan mudah.

Selain itu, software ini juga sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengolah audio Anda, seperti menghilangkan suara noise, salah bicara, hingga suara yang mengganggu.

Dengan begitu, Anda dapat menghasilkan audio podcast dengan kualitas yang bagus dan terdengar profesional. Unduh Audacity melalui tautan ini.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: vidyard.com,musicradar.com, audacityteam.org, support.apple.com,community.adobe.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Apple

Unbox.id – Rumor mengenai iPad Air semakin menyebar seiring semakin dekatnya tanggal rilisnya. Baru-baru ini beredar informasi bahwa iPad Air akan berukuran lebih besar...

Hardware

Jakarta, Unbox.id — Jajaran produk tablet milik Apple, yaitu iPad, iPad mini, Air, dan Pro merupakan jenis terbaik di kelasnya. Produsen telah membekalinya dengan...