Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

4 Rekomendasi Aplikasi Webcam Untuk Laptop

ManyCam (sumber: manycam.com)
ManyCam (sumber: manycam.com)

Jakarta, Unbox.id – Walaupun kamera bukan menjadi komponen utama dalam sebuah laptop, namun kehadiran kamera atau webcam saat ini mulai dibutuhkan berkat adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk melakukan pertemuan baik kerja maupun sekolah secara virtual. Saat ini hampir semua jenis laptop sudah dibekali dengan webcam dengan resolusi dan juga fitur yang beragam.

Kamera pada laptop sendiri memiliki berbagai fungsi seperti untuk foto maupun untuk merekam video. Kamera tersebut juga biasanya digunakan untuk melakukan video call melalui aplikasi Google Meet, Zoom, Skype, dan sebagainya.

Untuk dapat menggunakan fitur kamera di laptop, biasanya pabrikan sudah membekalinya dengan aplikasi kamera bawaan. Namun sayangnya aplikasi kamera bawaan laptop tersebut terkadang minim fitur, terlebih kualitas foto dan video yang dihasilkannya biasanya kurang memuaskan.

Oleh karena itu, berikut adalah 4 rekomendasi aplikasi webcam yang dapat Anda coba.

Logitech Capture

Logitech Capture (sumber: blog.logitech.com)

Logitech Capture (sumber: blog.logitech.com)

Jika Anda ingin merekam lebih dari satu webcam, aplikasi ini mungkin layak untuk Anda coba. Logitech Capture memungkinkan Anda untuk melakukan perekaman dari dua sumber sekaligus.

Fitur multi source ini tak hanya berlaku untuk webcam saja, namun juga memungkinkan Anda utuk menampilkan jendela pada PC semacam screencasting. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah melakukan berbagai kustomasi seperti background, mengubah tingkat kecerahan, filter, menambahkan watermark hingga text overlay.

Baca juga: 4 Aplikasi Dompet Digital Terbaik, Transfer Uang Makin Mudah

Selain itu, Anda juga dapat mengatur aspek rasionya misalnya Anda ingin menggunakan mode portrait (9:16). Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis, namun sayangnya aplikasi ini hanya mendukung beberapa jenis webcam saja, misalnya seperti C920 HD PRO, C920s HD PRO, 1080P PRO STREAM, C922 PRO STREAM, C922X PRO STREAM, STREAMCAM, STREAMCAM PLUS, BRIO 4K PRO, BRIO STREAM, dan C930e.

SplitCam

SplitCam (sumber: splitcam.com)

SplitCam (sumber: splitcam.com)

SplitCam adalah merupakan aplikasi webcam yang lengkap. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan streaming ke berbagai aplikasi chat seperti Skype, Yahoo messenger, YouTube, dan sebagainya.

Selain dapat digunakan untuk streaming di aplikasi chat, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan live streaming di berbagai platform sekaligus seperti misalnya Livestream, Ustream, dan TinyChat. Menariknya, aplikasi ini juga menyediakan fitur Realistic 3D Mask yang memiliki fungsi untuk bisa merekam diri Anda tanpa harus menunjukkan wajah asli. Aplikasi SplitCam ini dapat Anda unduh secara gratis.

YouCam

YouCam (sumber: cyberlink.com)

YouCam (sumber: cyberlink.com)

YouCam menjadi salah satu aplikasi yang cukup menarik karena terdapat sekitar 200 efek untuk mendapatkan hasil jepret yang berbeda.

Selain itu, YouCam juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang memudahkan para penggunanya seperti misalnya fitur HDR dan panorama yang dapat menghasilkan gambar yang lebih bagus. Selain untuk selfie, aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk merekam video.

Aplikasi YouCam dapat Anda coba secara gratis untuk versi free trial. Jika Anda tertarik, Anda dapat membelinya dengan harga sekitar $34,99.

ManyCam

ManyCam (sumber: manycam.com)

ManyCam (sumber: manycam.com)

Jika Anda ingin aplikasi webcam yang terdapat banyak efek dan stiker, mungkin ManyCam merupakan aplikasi yang layak untuk Anda coba. Aplikasi ini menyediakan berbagai tools untuk mengedit dan menyisipkan berbagai macam stiker pada foto Anda. Selain untuk berfoto, ManyCam juga bisa Anda gunakan untuk merekam video hingga kualitas Full HD.

Baca juga: 4 Aplikasi Dompet Digital Terbaik, Transfer Uang Makin Mudah

Sayangnya aplikasi ini mengharuskan Anda untuk membayar biaya tahunan. Biaya langganan tersebut tergantung dengan versi yang Anda pilih, terdapat tiga macam versi yaitu Standard ($39/tahun), Studio ($79/tahun), dan Premium ($99/tahun)

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: blog.logitech.com, splitcam.com, cyberlink.com, manycam.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Microsoft sepertinya sudah mulai memasang iklan di sistem operasi (OS) miliknya, khususnya Windows 11. Hal ini diketahui dari bocoran build Windows 11...

Hardware

Unbox.id – Vendor laptop lokal Axioo melanjutkan kesuksesan Pongo sebagai laptop gaming dengan performa bagus. Yang terbaru, Axioo memperkenalkan Pongo 760 V2 yang ditenagai...

Software

Unbox.id – Serangan siber telah menjadi hal lumrah di dunia digital ini. Sekitar 4000 serangan baru telah diterima setiap harinya. Untuk melindungi file dan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Live streaming di hadapan penonton kini banyak dilakukan oleh kaum muda untuk menarik keterlibatan dan pendapatan. Mulai dengan streaming game, hiburan, atau...