Connect with us

Hi, what are you looking for?

Spesifikasi & Harga

4 Perbedaan Samsung Galaxy Z Fold 3 dengan Z Fold 4

Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Fold 4_1
Ada beberap perbedaan antara Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Fold 4 yang cukup signifikan dari produknya itu. (Sumber: Luxina.id)

Unbox.id – Samsung belum lama ini telah merilis produk teranyarnya yang mana hadir untuk memenuhi kebutuhan pangsa pasar global akan produk smartphone yang mumpuni. Dari berbagai produk yang ada, varian Galaxy Z Fold adalah produk yang sedang digandrungi oleh para pengguna smartphone gadget di seluruh dunia. Salah satu varian yang cukup menarik perhatian adalah seri Z Fold 3 dan juga seri Z Fold 4 yang terlihat serupa jika sekilas dilihat namun terdapat perbedaan dari kedua seri tersebut. Lantas, apa yang beda dari kedua seri teranyar Samsung ini?

Spesifikasi Mesin

Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Fold 3_2

Meskipun terlihat sama, kedua produk dari Samsung memiliki spesifiasi mesin yang sedikit berbeda. (Sumber: BliBli)

Sebuah spesifikasi mesin menjadi bagian yang penting bagi para pengguna smartphone gadget. Memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari merupakan hal yang wajib dimiliki agar smartphone tersebut bisa menjadi pilihan oleh para pengguna. Hal inilah juga yang membuat Samsung menyematkan spek terbarik untuk kedua produknya ini.

Masing-masing baik antara seri Z Fold 3 dan juga Z Fold 4 mempunyai perbedaan yang cukup mendasar. Dari segi chipsetnya, Z Fold 3 menggunakan chip Snapdragon 888 sementara untuk Z Fold 4 menggunakan seri terbaru yaitu Snapdragon 8 Gen+1. Selain itu, memori internal yang dihadirkan di kedua produknya tersebut memiliki perbedaan dimana untuk Z Fold 3 memiliki penyimpanan paling besar adalah 512GB sementara untuk Z Fold 4 mempunyai ruang hingga 1TB.

Lebih lanjut, perbedaan lainnya terletak di segi fitur pengecasan baterai yang disematkannya. Masing-masing antara Z Fold 3 dan Z Fold 4 masih menggunakan tipe baterai yang sama yaitu 4.400 mAH. Yang menedakannya hanya untuk versi terbaru sari smartphone ini mendapatkan peningkatan wireless charging miliknya menjadi 15W. Untuk Z Fold 3 memang dikenal hanya memiliki kecepatan hanya sampai 10 W saja.

Baca juga: Samsung Galaxy Watch 5 Dan 5 Pro Dirilis, Ini Harganya!

Kamera Belakang

Kamera menjadi sebuah hal yang tidak dapat dipisahkan di dalam perkembangan smartphone seri terbaru. Untuk hal ini, pihak Samsung juga menempatkan spesifikasi kamera yang mumpuni untuk kedua produknya tersebut. Meskipun sama, tetapi masih terdapat pula perbedaan pada spesifikasi kamera yang disematkan para produk smartphone teranyarnya itu.

Hal itu dapat dilihat di mana Samsung Galaxy Z Fold 4 menggunakan spesifikasi kamera terbaru. Untuk di versi Z Fold 4, kamera belakangnya memiliki resolusi 50 MP dengan ditambah 12 MP Ultrawide serta 10 MP Telephoto. Hal ini tentunya berbanding beda di mana Samsung Galaxy Z Fold 3 hanya menggunakan kamera yang belum di upgrade.

Bisa diketahui oleh para pengguna smartphone besutan dari Samsung ini di mana untuk Z Fold 3 masih menggunakan kamera dengan resolusi 12 MP dengan 12 MP Ultrawide dan juga 12 MP Telephoto yang ada di produknya tersebut.

Layar Yang Diaplikasikan

Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Fold 4_3

Kualitas layar pada Galaxy Z Fold 4 lebih ditingkatkan dibandingkan dengan versi sebelumnya. (Sumber: The Verge)

Menjadi smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni, baik Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Fold 4 menghadirkan layar yang jernih bagi para penggunanya. Pemilihan layar yang terbaik ini pastinya bisa dapat menunjang kebutuhan para penggunanya sehari-hari. Dalam hal ini, Samsung menyematkan layar yang cukup jernih di mana diaplikasikan pada kedua produknya tersebut.

Baik antara Galaxy Z Fold 3 dan juga Z Fold 4 sama-sama menggunakan layar Dynamic AMOLED yang memiliki ukuran 4,6 inci ketika dibuka dan 6,2 inci ketika sedang tidak dibuka. Lalu, yang membedakan antara kedua produk tersebut adalah pada refresh rate yang ada pada layarnya itu.

Untuk produk Z Fold 4 memang menampilkan kualitas layar yang serba baru di mana disematkan oleh Samsung. Memiliki refresh rate sebesar 120 Hz dan memiliki kualitas pencerahan hingga 1.000 nits. Selain itu, produk Z Fold terbaru ini juga telah ditambahkan Gorila Glass Victus+ yang lebih aman dan juga nyaman untuk penggunaannya.

Baca juga: Samsung Galaxy S22 Plus Dan S22 Ultra Hadirkan Warna Baru

Perbedaan Harga

Salah satu hal yang menjadi perbedaan baik antara Samsung Galaxy Z Fold 3 dan juga Z Fold 4 ini adalah dari segi harga. Sebagai informasi bahwa harga dari setiap produknya memiliki perbedaan tergantung pada sistem memori internal yang disematkannya. Untuk Galaxy Z Fold 3 mempunyai harga Rp. 11.999.000 untuk versi 8/128 GB dan Rp. 12.999.000 untuk 8/256 GB.

Sementara untuk Galaxy Z Fold 4 memiliki harga yang lebih tinggi daripada versi sebelumnya tersebut. Untuk versi 8/128 GB dibanderol harga Rp. 13.999.000 dan untuk 8/256 GB seharga Rp. 14.999.000. Dan untuk versi tertingginya yaitu 8/512 GB dari Z Fold 4 memiliki harga Rp. 16.999.000.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Sekarang ini, banyak berbagai pilihan tablet 10 inch yang tersebar di pasaran. Jika Anda sedang bingung untuk memilih tablet yang sesuai untuk Anda...

Merk

Unbox.id – Produsen Samsung merupakan salah satu perusahaan yang cukup menghadirkan beragam hal yang menarik untuk diboyong oleh para penggunanya. Dalam hal ini, perusahaan...

Samsung

Jakarta, Unbox.id – Samsung Galaxy Tab Active4 Pro merupakan tablet yang hadir pada 13 September 2022 yang telah mempunyai sertifikasi IP68, yang dimana perangkatnya...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Samsung merupakan salah satu produk smartphone yang cukup mumpuni dan telah menjadi pilihan bagi para penggunanya. Dalam hal ini, Samsung juga turut...