Connect with us

Hi, what are you looking for?

Merk

4 Penyebab Battery Health iPhone Turun Drastis

4 Penyebab Battery Health iPhone Turun Drastis (sumber: cnet.com)

Last updated on 22 Juni, 2022

Jakarta, Unbox.id – Saat ini kekhawatiran yang sering dirasakan oleh pengguna iPhone maupun calon pengguna yang hendak membeli iPhone bekas yakni adalah presentase Battery Health atau kesehatan baterai pada iPhone tersebut.

Perangkat elektronik, termasuk baterai iPhone, tentu akan mengalami penurunan performa seiring lama nya waktu pemakaian. Ada beberapa pengguna biasanya memperhatikan betul terkait Battery Health iPhone miliknya hingga mungkin kadang terlalu khawatir apabila terjadi penurunan performanya.

Gejala masalah Battery Health ini biasanya ada tanda ukuran persentase dalam skala 0 hingga 100 persen. Semakin tinggi persentase kesehatan baterai iPhone tersebut, maka semakin lama durasi penggunaannya.

Fitur Battery Health iPhone (sumber: ubergizmo.com)

Fitur Battery Health iPhone (sumber: ubergizmo.com)

Baca juga: 7 Game Terbaik Untuk iPhone, Dijamin Seru

Misalnya, iPhone Anda dulu bisa Anda bertahan hingga 4 jam dari persentase daya penuh hingga kosong. Seiring berjalan waktu, iPhone Anda kini hanya dapat bertahan hanya selama 2 jam saja dan harus Anda isi ulang dayanya.

Jika sudah terjadi penurunan performa seperti itu maka Anda perlu untuk mengganti baterainya. Waktu penggantian baterai biasanya dengan persentase Battery Health iPhone yang sudah berkurang drastis.

Lalu, berapa persen Battery Health iPhone harus Anda ganti baterainya?

Mengutip dari website resmi Apple, baterai iPhone yang normal bertanda kemampuannya untuk menyimpan daya sebesar 80 persen dari kapasitas aslinya. Dengan kata lain, baterai normal adalah yang memiliki kondisi Battery Health 80 persen ke atas. Jika persentase Battery Health di bawah angka tersebut, artinya baterai iPhone akan mengalami penurunan performa yang cukup signifikan.

Biasanya jika kemampuan penyimpanan dayanya berkurang secara signifikan, sistem operasi akan memunculkan status baterai “Service” di menu pengaturan iPhone Anda. Saat status tersebut muncul, Anda mendapat saran untuk segera melakukan penggantian baterai.

Baterai iPhone yang perlu diservice (sumber: macrumors.com)

Baterai iPhone yang perlu diservice (sumber: macrumors.com)

Baca juga: iPhone SE 2020 atau iPhone SE 2022, Pilih Mana?

Selama persentase kesehatan baterai iPhone masih lebih dari 80 persen dan belum muncul status service, berarti baterai masih bisa bekerja dengan cukup baik dan belum perlu untuk Anda ganti.

Battery Health iPhone turun karena lamanya pemakaian merupakan sesuatu hal yang normal. Kendati demikian, berikut adalah penyebab Battery Health iPhone Anda mengalami penuruan secara drastis dan cara mengatasinya.

Terpapar suhu ekstrem

Penyebab Battery Health iPhone cepat turun yakni adalah iPhone terpapar suhu yang ekstrem. iPhone biasanya dapat beroperasi dengan baik dalam kisaran suhu mulai 16 hingga 22 derajat celcius.

Bila kurang atau melebihi rentang ideal suhu tersebut maka tentu akan mempengaruhi kondisi kesehatan baterai iPhone Anda. Dengan demikian, Anda dapat menghindarkan iPhone Anda dari paparan suhu ekstrem secara langsung seperti matahari atau ditinggal di dalam mobil.

Bermain game saat pengisian daya

Jika Anda gemar bermain game sambil melakukan pengisian daya, hal tersebut perlu Anda hindari mulai sekarang. Proses pengisian daya yang bersamaan dengan bermain game tentu dapat membuat iPhone Anda cepat panas secara drastic dan mempengaruhi Battery Health.

Membiarkan lebih dari 80 persen saat pengisian daya

Penyebab Battery Health iPhone cepat turun juga bisa terjadi karena pengguna membiarkan melakukan pengisian daya lebih dari 80 persen saat iPhone sedang digunakan. Mengisi daya dalam waktu yang cukup lama tentu dapat membuat temperatur iPhone akan meningkat.

Dengan demikian, pastikan Anda tidak mengisi daya lebih dari 80 persen saat iPhone sedang Anda gunakan. Pada iPhone yang sudah menggunakan sistem operasi terbaru yakni iOS 15, terdapat fitur yang memungkinkan pengisian daya terhenti di 80 persen secara otomatis. Saat terdeteksi aktivitas intens yang membuat peningkatan temperatur iPhone. Fitur tersebut tentu sangat berguna guna menjaga Kesehatan baterai iPhone Anda.

Menggunakan case saat mengisi daya

Mengisi daya iPhone dengan kondisi tertutup softcase maupun hardcase tentu dapat membuat suhu panas menjadi berlebih, dimana hal tersebut juga dapat memengaruhi Battery Health. Jika Anda merasa iPhone Anda menjadi panas ketika proses pengisian daya, Anda bisa segera melepaskan iPhone Anda dari softcase maupun hardcase yang Anda gunakan terlebih dahulu.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: cnet.com, ubergizmo.com, macrumors.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Instagram dikabarkan sedang menguji tampilan baru dimana rencananya akan memindahkan seluruh unggahan video pengguna ke platform Reels. Pihaknya mengungkapkan bahwa perubahan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Twitter Circle adalah merupakan fitur baru Twitter yang memungkinkan pengguna untuk membagikan Tweet kepada orang-orang tertentu. Anda dapat memilih siapa saja...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Menjelang hari raya Idul Adha bagi umat muslim, Shopee hadirkan layanan berkurban secara online melalui aplikasi. Layanan Shopee Berkurban ini memungkinkan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Layaknya Apple yang membekali iPhone dengan fitur Siri, Samsung juga membekali lini smartphone miliknya dengan antarmuka sistem One UI dengan asisten...