Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

4 Fitur Browser Safari iPhone yang Dapat Menunjang Aktivitas Browsing

4 Fitur Browser Safari iPhone yang Dapat Menunjang Aktivitas Browsing (sumber: cnet.com)
4 Fitur Browser Safari iPhone yang Dapat Menunjang Aktivitas Browsing (sumber: cnet.com)

Jakarta, Unbox.id – Safari adalah merupakan salah satu browser milik Apple yang hadir dengan berbagai fitur. Browser ini secara khusus hanya tersedia untuk perangkat besutan Apple seperti iPhone, Mac, dan iPad.

Meskipun saat ini banyak bermunculan berbagai macam web browser yang dapat digunakan seperti firefox, safari, hingga opera, namun Safari masih memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengguna karena fiturnya yang lengkap, termasuk salah satunya perlindungan privasi.

Oleh karena itu, berikut ini adalah 4 fitur pada browser Safari yang dapat menunjang aktivitas browsing Anda.

Fitur Privasi Tingkat Lanjut

Fitur Privasi Tingkat Lanjut (sumber: support.apple.com)

Fitur Privasi Tingkat Lanjut (sumber: support.apple.com)

Jika Anda khawatir akan privasi online, Safari menyediakan beberapa pengaturan privasi yang mungkin dapat digunakan.

Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan cara membuka Setting> Safari dan gulir ke bawah ke bagian “Privacy and Security.”  Kemudian Anda dapat mengaktifkan “Prevent Cross-Site Tracking” untuk memblokir iklan dan cookie agar tak melacak di semua web. Dengan begitu, fitur ini dapat mencegah pengiklan untuk merekam data Anda berdasarkan situs web yang Anda kunjungi.

Baca juga: iPhone SE 2022 Resmi Dijual di Indonesia Mulai 8 Jutaan

Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan “Hide IP Address” jika Anda menggunakan iCloud Private Relay guna mencegah pelacak dan situs web melihat informasi. Fitur ini dapat menggagalkan upaya pengiklan untuk mengumpulkan data berdasarkan alamat IP milik Anda.

Mode Reader

Mode Reader (sumber: nytimes.com)

Mode Reader (sumber: nytimes.com)

Pengguna dapat mengaktifkan Mode Reader di sebagian besar situs web dengan menekan dan menahan tombol “AA” di sebelah kiri URL situs web dalam Safari. Ketika Anda mengaktifkan fitur ini, Safari akan menghapus semua gangguan dalam web kecuali konten di halaman dan menampilkannya dalam format yang dapat disesuaikan.

Selain dapat menghilangkan iklan yang mengganggu, fitur ini juga dapat merubah format atau gaya situs web yang mungkin lebih sulit untuk dibaca, seperti misalnya pilihan font yang aneh dan warna yang mengganggu.

Anda dapat menyesuaikan Mode Reader ini dengan memilih font, warna latar belakang, hingga ukuran teks menggunakan tombol “A” kecil dan besar. Untuk keluar dari Mode Reader, Anda dapat pilih “Hide Reader” dari menu tersebut atau tekan lama tombol “AA”.

Private Browsing

Private Browsing (sumber: 9to5mac.com)

Private Browsing (sumber: 9to5mac.com)

Bagi Anda yang tak ingin riwayat browsingnya terekam, Anda dapat mengaktifkan fitur Private Browsing, dimana aktivitas browsing Anda nantinya tak meninggalkan jejak pada situs yang telah Anda kunjungi.

Anda dapat mengaktifkan fitur ini melalui opsi tampilan tab di sudut kanan bawah Safari. Anda juga dapat dengan cepat beralih ke atau dari sesi “Private” dengan menekan lama tombol ini. Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan fitur pintasan ini melalui layar home screen Anda dengan tahan Safari lalu pilih “New Private Tab” untuk langsung masuk ke tab baru di sesi “Private.”

Baca juga: Kini Nonaktif dan Hapus Akun Instagram Bisa Langsung Lewat iPhone

Fitur “Add to Home”

Fitur “Add to Home” (sumber: idownloadblog.com)

Fitur “Add to Home” (sumber: idownloadblog.com)

Beberapa layanan seperti Xbox Cloud Gaming tentu harus dibuka melalui jendela browser. Namun Safari menyediakan “Add to Home” untuk dapat melakukannya dengan mudah. Terdapat banyak situs web yang berfungsi seolah mereka adalah aplikasi yang berdiri sendiri, sehingga tampilannya menempati pada layar home screen iPhone.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: cnet.com, support.apple.com, nytimes.com, 9to5mac.com, idownloadblog.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Daya tahan baterai ponsel pintar akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jadi, penting untuk menjaga kesehatan baterai ponsel Anda. Beberapa produsen smartphone sudah...

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru-baru ini mengizinkan pengguna mengunduh aplikasi melalui toko aplikasi pihak ketiga selain App Store. Selain itu, Apple mengizinkan pengembang untuk memasarkan...

Apple

Unbox.id – Meski iPhone SE 4 belum terungkap secara resmi, bocoran informasi mengenai iPhone baru Apple semakin banyak beredar di Internet. Kabar terbaru mengenai...

Software

Unbox.id – Apple baru-baru ini mengumumkan rencana untuk mengizinkan pengguna iPhone di Uni Eropa menghapus browser Safari. Langkah ini diambil sebagai bagian dari kepatuhan...