Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

4 Aplikasi Kompres Video PC Terbaik, Anti Kehilangan Kualitas

4 Aplikasi Kompres Video PC Terbaik, Anti Kehilangan Kualitas (sumber: itechpost.com)
4 Aplikasi Kompres Video PC Terbaik, Anti Kehilangan Kualitas (sumber: itechpost.com)

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda adalah merupakan seorang video editor, konten kreator atau bahkan orang awam yang sering berhubungan dengan editing video, tentu seringkali menemukan hasil rendering video yang berukuran ukuran yang sangat besar.

Hal ini terjadi biasanya karena kita merekam video dengan opsi kualitas paling tinggi dan adanya penambahan efek, teks, hingga backsound pada saat proses editing. Jadi tak heran jika hal tersebut meningkatkan ukuran video menjadi besar.

Di samping hal tersebut dapat memakan banyak ruang penyimpanan, ukuran file video yang besar dapat menjadi masalah ketika ingin mengunggahnya di media sosial. Hal ini karena adanya batasan ukuran pada aplikasi media sosial seperti Instagram, Twitter, bahkan email.

Oleh karena itu, Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan memanfaatkan aplikasi untuk melakukan kompres video tanpa harus khawatir kehilangan kualitas aslinya. Berikut adalah 4 aplikasi kompres video yang dapat Anda coba untuk PC maupun laptop.

AnyVideo Converter

AnyVideo Converter (sumber: kapwing.com)

AnyVideo Converter (sumber: kapwing.com)

AnyVideo Converter menjadi salah satu aplikasi video kompresi yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi ukuran file video. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis maupun berbayar. Pada versi premium, AnyVideo Converter menyediakan beberapa fitur tambahan, namun tak perlu khawatir karena untuk versi gratisnya tetap memiliki fitur yang cukup lengkap.

Aplikasi ini mendukung berbagai input dan output video mulai dari MP4, MPEG, VOB, WMV, 3GP, 3G2, MKV, MOD, M2TS, dan masih banyak lagi. AnyVideo Converter memiliki fitur utama yang dapat Anda manfaatkan yakni seperti merekam video ke DVD atau AVCHD DVD dan pengkodean video HEVC atau H.265.

Baca juga: 3 Aplikasi Kompres Video Terbaik Untuk Android

HEVC memungkinkan video yang dikompresi menjadi setengah dari ukuran file asli tanpa takut kehilangan kualitasnya. Oleh karena itu, aplikasi AnyVideo Converter ini layak untuk Anda coba untuk menyelesaikan berbagai masalah pada video Anda.

Wondershare UniConverter

Wondershare UniConvert (sumber: techangie.com)er

Wondershare UniConvert (sumber: techangie.com)

Wondershare UniConverter merupakan aplikasi yang juga memiliki banyak fungsi seperti diantaranya burner, mentransfer media, mengedit, dan tentunya mengonversi video. Tak hanya dapat melakukan konversi video, namun Anda juga dapat melakukan konversi audio dan gambar ke dalam beberapa format lain. Terdapat beberapa pilihan format seperti PNG, MP4, MOV, DVD, MKV, MP3, JPG, MXF, dan AVI.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana namun cepat dan mudah untuk digunakan tanpa khawatir kehilangan kualitas dari hasil konversi video Anda. Oleh karena itu, aplikasi Wondershare UniConverter ini layak untuk Anda coba untuk menyelesaikan berbagai masalah pada video Anda.

VideoProc

VideoProc (sumber: malavida.com)

VideoProc (sumber: malavida.com)

VideoProc merupakan salah satu aplikasi kompres video yang memiliki berbagai fitur seperti memotong, menggabungkan, mengedit, dan tentunya mengompres video. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengedit video yang berukuran besar.

Fitur utama dari aplikasi ini yakni seperti melakukan edit video dengan cepat, denoise dengan mudah, menyesuaikan ukuran dan kualitas video, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan transkode video HEVC atau H.264, mengonversi video, audio, dan DVP apapun. Oleh karena itu, aplikasi VideoProc ini layak untuk Anda coba untuk menyelesaikan berbagai masalah pada video Anda

Handbrake

Handbrake (sumber: shutterstock.com)

Handbrake (sumber: shutterstock.com)

HandBrake merupakan aplikasi yang juga memungkinkan Anda untuk melakukan kompresi berbagai ukuran file media. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah untuk digunakan.

Dengan aplikasi ini, Anda juga dapat memindai dan mengompres banyak video sekaligus.HandBrake menawarkan beberapa fitur lain seperti mendukung file MKV dan MP4, melakukan kompres MP4 dengan opsi rentang video yang dapat ditentukan, hingga preview sebelum mengompres video.

Baca juga: 4 Rekomendasi Aplikasi Webcam Untuk Laptop

Selain itu, HandBrake dapat digunakan sebagai alat kompresi untuk beragam jenis format dan preset. Aplikasi ini dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis. Oleh karena itu, aplikasi HandBrake ini layak untuk Anda coba untuk menyelesaikan berbagai masalah pada video Anda.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: itechpost.com, shutterstock.com, malavida.com, techangie.com, kapwing.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

HP

Jakarta, Unbox.id – Selain smartphone, laptop saat ini telah menjadi salah satu alat elektronik yang penting dan sering dibawa bepergian karena ukurannya yang fleksibel...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Saat ini flashdisk dan HDD (Hard Disk Drive) eksternal mungkin masih menjadi penyimpanan eksternal yang sering digunakan banyak orang. Namun jika...

How To

Jakarta, Unbox.id – Mengakses berbagai informasi dari dunia maya pada zaman ini memang sudah menjadi kegiatan yang tak terpisahkan di kalangan masyarakat umum. Terlebih,...

Lenovo

Jakarta, Unbox.id – Belum lama ini, Lenovo telah memberi kabar gembira bagi peminat laptop terbaru keluaran mereka. Yakni Yoga 9i atau lebih terkenal di...