Connect with us

Hi, what are you looking for?

Merk

3 Cara Screenshot di Laptop ASUS

Screenshot (sumber: maketecheasier.com)
Screenshot (sumber: maketecheasier.com)

Jakarta, Unbox.id – Screenshot atau tangkapan layar adalah sebuah cara untuk dapat mengambil, menyimpan, atau menangkap tampilan pada layar.

Kini fitur Screenshot tersedia di berbagai perangkat mulai dari smartphone hingga laptop. Lewat teknologi ini pengguna dapat memperoleh banyak manfaat dalam berbagai aspek. Misalnya, di dunia pendidikan Anda bisa menangkap slide PowerPoint ketika dosen atau guru sedang melakukan presentasi secara online.

Baca juga: ASUS Zenbook 14X OLED, Laptop Premium Dan Powerful

Adapun di segi hiburan Anda juga dapat menangkap adegan video maupun film yang menurut Anda lucu, sedih atau bahkan mendeskripsikan situasi hati. Selain itu, Screenshot juga bisa dijadikan sebuah bukti proses pembayaran lewat internet banking dan masih banyak lagi manfaat dari fitur canggih ini.

Lalu, bagaimana cara kita untuk menangkap layar di laptop khususnya pada merek ASUS? Berikut adalah 3 cara untuk screenschot pada laptop ASUS.

Menekan Kombinasi Tombol FN/CTRL + PrtSc

Screenshot (sumber: nerdschalk.com)

Screenshot (sumber: nerdschalk.com)

Langkah ini sangat mudah diterapkan dan terbilang cepat untuk dilakukan bagi siapa saja pemilik laptop ASUS. Kunci utamanya adalah keyboard pada laptop ASUS milikmu harus berfungsi atau berjalan sebagaimana mestinya. Berikut adalah beberapa Langkahnya:

  • Buka konten yang ingin Anda Screenshot.
  • Selanjutnya tekan secara bersamaan tombol FN/CTRL+ Prt Sc Sysrq.
  • Maka secara otomatis konten pada layar sudah tersalin.
  • Tahap berikutnya, Anda bisa membuka aplikasi Paint, Ms Word, Ms Powerpoint atau lainnya untuk meletakkan hasil tangkapan layar.
  • Selepas aplikasi Paint terbuka, silakan untuk menekan tombol CTRL + V secara bersamaan. Dalam hitungan detik hasil tangkapan layar akan muncul.
  • Berikutnya Anda tinggal simpan dengan menekan tombol CTRL + S dan memilih format yang diinginkan seperti PNG atau JPG.

Menggunakan Aplikasi Snipping Tool

Snipping Tool (sumber: webwereld.nl)

Snipping Tool (sumber: webwereld.nl)

Bila cara di atas belum bisa Anda lakukan, Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan dari sistem operasi Windows yakni bernama Snipping Tool. Metode ini tidak kalah mudah untuk diikuti, berikut adalah beberapa langkahnya:

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Snipping Tool
  • Pada halaman Snipping Tool Anda akan bertemu dengan beberapa menu mulai dari New, Mode, Delay, Cancel, dan Options.
  • Pada menu Mode Anda akan diberikan beberapa pilihan antara lain Free-form Snip, Rectangular Snip, Window Snip, dan Full Screen Snip.
  • Pilihlah salah satu, misalnya Rectangular Snip, dapat menangkap konten sesuai yang diinginkan.
  • Lalu, tekanlah menu New.
  • Dalam fitur ini Anda dapat mengelola dan menunda tangkapan layar selama satu sampai lima detik.
  • Untuk menyimpan hasil tangkapan layar, Anda tinggal menekan CTRL + S pada keyboard laptop ASUS secara bersamaan.

Menggunakan Software Lightshot

Lightshot (sumber: snippingtools.com)

Lightshot (sumber: snippingtools.com)

Selain menggunakan metode di atas, Anda juga bisa melakukan Screenshot dengan menggunakan software pihak ketiga bernama Lightshot. Software Lightshot ini merupakan salah satu alat atau penangkapan layar yang dapat menyimpan gambar ke sebuah cakram kertas atau langsung menggunggahnya ke internet. Berikut adalah beberapa langkahnya:

  • Unduh dan pasang dengan unduh software Lighshot pada laptop Anda.
  • Tentukan konten atau layar mana yang akan di-screenshot.
  • Buka Lightshot, yang ikonnya berada di pojok kanan bawah layar laptop ASUS berbentuk seperti bulu hewan berwarna ungu.
  • Secara otomatis layar laptop ASUS akan berubah menjadi keabuan yang menandakan Anda sudah mulai dapat melakukan Screenshot layar atau konten.
  • Berikutnya, Anda juga bisa mengedit hasil tangkapan layar tersebut dengan fitur-fitur yang tersdia pada software tersebut, seperti menambahkan tulisan, membuat kotak, menambahkan panah, dan lain-lain.
  • Terakhir Anda bisa menyimpannya dan menentukan format file mulai dari PNG, JPEG, dan BNP.

Baca juga: ExpertBook B5 Flip Laptop Asus Paling Cocok Untuk Pebisnis

Berikut tadi adalah 3 metode yang dapat Anda lakukan untuk melakukan Screenshot atau tangkap layar pada laptop ASUS. Anda dapat memilih salah satu dari metode di atas antara lain yang menurut Anda paling mudah dan nyaman untuk Anda lakukan.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: maketecheasier.com, snippingtools.com, webwereld.nl, nerdschalk.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Asus baru saja memperkenalkan smartphone gaming terbarunya, ROG Phone 8. Selain menawarkan spesifikasi mumpuni, ponsel tersebut juga memiliki kamera berkualitas dan fitur...

Tech News

Unbox.id – Asus ROG Phone 8 diumumkan di CES 2024 pada 9 Januari 2024 dan kini ketiga ponsel tersebut akhirnya tersedia di Indonesia. Seri...

Tech News

Unbox.id – Penggunaan kecerdasan buatan (AI) adalah solusi yang memenuhi berbagai kebutuhan. Penggunaan AI juga meluas ke banyak bidang kehidupan dan memfasilitasi banyak aktivitas,...

Acer

Jakarta, Unbox.id — Acer kali ini meluncurkan produk laptop gaming terbaru, Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) di pasar Tanah Air. Perangkat dengan segmentasi gaming...