Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

3 Cara Rekam Video Green Screen Tanpa Menggunakan Green Screen

3 Cara Rekam Video Green Screen Tanpa Menggunakan Green Screen (sumber: canva.com)
3 Cara Rekam Video Green Screen Tanpa Menggunakan Green Screen (sumber: canva.com)

Jakarta, Unbox.id – Green screen adalah merupakan sebuah background besar berwarna hijau yang ditempatkan sebagai latar belakang dalam sebuah proses syutikng. Selama masa produksi, background tersebut nantinya akan diedit dengan CGI (computer-generated imagery) atau pencitraan hasil komputer oleh digital artist sesuai dengan kebutuhan.

Fungsi green screen sendiri yakni digunakan untuk mengganti warna dari background dengan special effect yang sudah diedit di dalam sebuah film maupun video. Proses pergantian warna background dari hijau dengan CGI ini disebut sebagai chroma keying.

Chroma keying adalah proses penyatuan atau penimpaan gambar yang telah diambil sebelumnya ke dalam background menggunakan software video editing.

Ilustrasi Green Screen (sumber: postpace.io)

Ilustrasi Green Screen (sumber: postpace.io)

Penyatuan gambar ini diambil dari subjek yang berada di depan green screen dengan efek atau CGI yang dimasukkan ke dalamnya. Supaya chroma keying dapat bekerja dengan optimal, area yang berwarna hijau harus terkena cahaya yang rata dan tidak boleh ada bayangan yang terlihat.

Baca juga: Shuffles, Aplikasi Baru Besutan Pinterest Untuk Kolase Foto

Namun bagi Anda yang ingin membuat sebuah video menggunakan green screen namun tidak memiliki green screen, berikut ini adalah 3 cara mudah untuk merekam video green screen tanpa menggunakan layar hijau.

Menggunakan Instagram Reels

Instagram Reels menyediakan filter atau efek untuk menghapus latar belakang Anda dan merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk dapat merekam video green screen dan mengganti latar belakang.

  • Buka aplikasi Instagram di smartphone Anda.
  • Ketuk Ikon Plus dari atas dan alihkan ke tab Reels.
  • Cari filter green screen.
  • Rekam video Anda menggunakan filter tersebut dan Instagram akan secara otomatis menghapus latar belakang dari video yang Anda rekam.
  • Anda juga dapat menambahkan media favorit Anda sebagai latar belakang dan merekam video green screen dengan mudah.

Menggunakan Aplikasi Video Background Changer

Bagi Anda pengguna perangkat Android, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi Video Background Changer untuk dapat menerapkan efek green screen ke video Anda dimanapun dan kapanpun.

  • Download aplikasi Video Background Changer melalui PlayStore
  • Buka aplikasi dan ketuk opsi Video dari halaman beranda.
  • Disini, Anda akan disuguhkan opsi untuk memilih video dari galeri smartphone Anda atau merekamnya secara langsung.
  • Jika sudah, pilih video yang ingin Anda tambahkan dan tunggu hingga proses selesai.

Anda juga dapat memilih dari beberapa latar belakang yang sudah ada sebelumnya atau menambahkan milik Anda sendiri dari galeri smartphone Anda.

Menggunakan Aplikasi Video Background Removal

Terdapat juga aplikasi lain untuk merekam video green screen dan mengganti latar belakang dari video Anda dengan mudah dan cepat.

  • Unduh aplikasi Video Background Removal melalui PlayStore.
  • Ketuk pengubah latar belakang video dan pilih video yang ingin Anda hapus latar belakangnya.
  • Tunggu hingga proses selesai.

Baca juga: Mau Edit Video di Smartphone? Ini Rekomendasi Aplikasinya!

Anda juga dapat memilih dari beberapa latar belakang yang sudah ada sebelumnya atau menambahkan milik Anda sendiri dari galeri smartphone Anda.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: canva.com, postpace.io

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Nasib Instagram Flipside akan berakhir setelah 24 Mei 2024. Bahkan, pada tanggal tersebut, fungsi Instagram yang mirip dengan akun kedua akan dihapus...

Software

Unbox.id – Browser ponsel Android seringkali menyimpan file yang tidak diperlukan. Saat menjelajahi situs web, browser mengambil banyak data dari situs web yang dikunjungi....

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Media sosial kini tidak hanya sekedar platform untuk berinteraksi tetapi juga menjadi alat penting bagi masyarakat dan pelaku industri untuk melakukan pemasaran...