Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

iPhone 16 Akan Pakai iOS 18

iOS 18_1a
iOS 18. (Sumber: Appuals)

Unbox.id – Laporan kebocoran iPhone 16 sudah mulai beredar. Baru-baru ini beredar rumor bahwa iPhone 16 akan menghadirkan fitur kecerdasan buatan (AI) khusus berkat iOS 18 mendatang. Menurut laporan News18, fitur-fitur baru ini mencakup peningkatan fungsionalitas Siri, kemampuan kamera yang lebih baik, dan masih banyak lagi. Menurut MacRumors, Apple akan mengungkapkan versi turbo Siri yang didukung oleh model bahasa besar (LLM) di Konferensi Pengembang Seluruh Dunia (WWDC) 2024.

Apple Masih Pertimbangkan Fitur AI

iOS 18_2b

iOS 18. (Sumber: Gizmochina)

Sampai sekarang, Apple masih dipindai dan akan direncanakan pada perangkat, di cloud atau hibrida. Anda belum tahu apakah itu hanya dibuat pada perangkat tertentu atau pada semua perangkat dapat membunuh iOS 18.

Namun, menurut informasi baru yang dibagikan oleh @Tech_Reve, iOS 18 akan menghadirkan LLM perusahaan baru ke jutaan perangkat yang ada menggunakan AI berbasis cloud. Meski fitur AI baru pada perangkat tersebut diperkirakan hanya akan tetap ada di iPhone 16. Dengan fitur baru di iOS 18 ini, dikatakan ada perubahan dalam hubungan antara Siri‌ dan aplikasi Pesan.

Diharapkan pengguna dapat menemukan jawaban atas pertanyaan kompleks dan melengkapi kalimat dengan benar. Selain itu, pembacaan Apple secara otomatis terdaftar. Yang pertama, Apple bekerja dalam prototipe iPhone 16 dan tombol lainnya, disebut “Take Over”.

Mesin di sisinya dan tombol daya dapat mendeteksi stres dan sentuhan sehingga dapat menghasilkan haptic mengatakan saat berbicara.

iPhone 16 Akan Hadir Dengan Tombol Tambahan

Kabar penambahan tombol pada perangkat iPhone 16 diungkap oleh orang terpercaya pemilik akun Weibo yakni Instant Digital. Ia mengatakan penerus seri iPhone 15 akan hadir dengan tombol tambahan. Selain tombol, perusahaan Cupertino juga akan mengubah posisi antena mmWave di sisi kiri ponsel yang sebelumnya berada di kanan.

Tombol bernama Pro Action di iPhone ini kabarnya akan masuk ke bodi ponsel dan disebut-sebut sebagai cara Apple berpindah ke teknologi tombol solid state. Rumor dari Instant Digital ini mendukung informasi dari MacRumors, September 2023.

Lalu apa gunanya? Apple secara internal menyebut tombol ini sebagai “tombol ambil”; itu terletak di bawah tombol power di sisi kanan ponsel iPhone.

Banyak yang percaya bahwa “tombol capture” ini akan berfungsi sebagai jalan pintas untuk meluncurkan aplikasi foto, seperti pada ponsel Android Sony Xperia.

Baca juga: Bocoran Terbaru Tentang IPhone SE 4

iPhone 16 Series Gunakan Chipset A18

iPhone 16 Series_3c

iPhone 16 Series. (Sumber: Tech World Insight)

Menurut analis Jeff Pu, semua model iPhone 16 akan ditenagai oleh chipset A18, menurut GSMArena. Berbeda dengan lini tahun ini, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus mendapat A16 Bionic. Sedangkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max ditenagai chip A17 Pro.

Meskipun keempat model tersebut akan menggunakan chip A18 pada tahun 2024, diperkirakan keduanya tidak akan sama. Faktanya, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus akan memiliki chip A18, sedangkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan memiliki chip A18 Pro.

Jadi, pada akhirnya, Apple bisa terus menemukan kembali mereknya sendiri. Dengan begitu, iPhone “vanilla” tidak akan berbeda spesifikasi hardwarenya dari iPhone Pro. Tidak jelas apa perbedaan A18 dengan A17 Pro yang digunakan di iPhone 15 dan iPhone 15 Pro. Namun, A18 dan A18 Pro akan diproduksi oleh TSMC menggunakan proses “N3E” 3nm generasi kedua.

Dimana akan lebih murah dan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan “N3B” yang digunakan untuk A17 Pro, menurut TSMC. Sebelumnya, seperti disebutkan MacRumors, iPhone 16 dikabarkan akan menggunakan RAM lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

Pasalnya iPhone 15 Pro tahun ini masih akan menggunakan jenis RAM yang sama dengan pendahulunya. Menurut rumor yang beredar, iPhone 16 akan menggunakan RAM LPDDR5X yang memberikan performa terbaik. Sedangkan lini iPhone 15 Pro akan menggunakan RAM LPDDR5, sama seperti lini iPhone 14 Pro.

Selain itu, prediksi lain juga menunjukkan bahwa Apple akan meningkatkan kemampuan Dynamic Island di iPhone 16. Menurut laporan dari The Elec, Apple akan menggunakan sensor depan di bawah layar pada model iPhone 16Pro.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Para penggemar Apple saat ini sudah tidak sabar menunggu peluncuran iPhone SE 4. Beberapa laporan menyebutkan bahwa Apple sedang mengembangkan model ponsel...

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru-baru ini membuat marah banyak orang setelah merilis iklan kontroversial untuk iPad Pro OLED barunya. Iklan tersebut memperlihatkan mesin press hidrolik...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple diperkirakan akan meluncurkan jam tangan pintar barunya tahun ini. Ada rumor yang menyebutkan jam tangan ini akan diberi nama Apple Watch....

Software

Jakarta, Unbox.id — Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi iOS 17.5 dan iPadOS 17.5 awal pekan ini. Sayangnya, tampak terjadi masalah yang ada...