Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Cek Deretan Fitur Baru Aplikasi Messages di iOS 18

iOS 18 Messages_1a
iOS 18 Messages. (Sumber: CNET)

Last updated on 26 Juni, 2024

Unbox.id – Apple mengumumkan kehadiran iOS 18 saat WWDC (Worldwide Developers Conference) 2024. Seiring dengan pembaruan yang tak terhitung jumlahnya, Messages juga menjadi salah satu aplikasi yang menonjol.

Seperti kita ketahui bersama, sejak muncul di iPhone pada tahun 2007 lalu, Messages telah menjadi andalan komunikasi antar pengguna iPhone. Dan seperti dikutip Digital Trends, di iOS 18, Apple memperkenalkan beberapa fitur inovatif sebagai berikut.

Salah satu fitur aplikasi Messages paling keren di iOS 18 adalah kemampuan menjadwalkan pesan. Sebelumnya hanya tersedia di aplikasi Mail, kini fitur ini tersedia untuk mengirim pesan melalui Pesan. Fitur ini juga sangat berguna bagi pengguna yang ingin mengatur waktu pengiriman pesan agar tidak mengganggu penerima atau menyesuaikan dengan waktu yang disesuaikan.

iOS baru ini hadir dengan berbagai fitur yang membuat pesan pengguna menjadi lebih personal dan menarik. Karena kini pengguna bisa menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi, atau mencoret teks.

Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan efek animasi pada huruf, kata, dan kalimat. Bahkan, sistem operasi ini dapat memberikan efek yang disarankan berdasarkan isi pesan pengguna.

Hal menarik lain dari Messages di iOS 18 adalah kemampuan mengirim pesan tanpa jaringan wi-fi atau seluler. Lewat kemampuan satelit yang sama seperti layanan Emergency SOS, pengguna iPhone 14 ke atas bisa mengirimkan pesan tanpa koneksi internet.

Baca juga: Cara Menyimpan Kontak di Email iPhone

iOS 18 Messages_3c

iOS 18 Messages. (Sumber: IT Brief)

Satu hal yang dinantikan di iOS 18 adalah dukungan pengiriman pesan teks SMS berbasis RCS dengan pengguna Android. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna karena RCS merupakan teknologi baru dengan kemampuan yang lebih baik dibandingkan SMS.

Meski percakapan dengan RCS masih ditampilkan dalam gelembung hijau seperti SMS, namun pengalaman yang diberikan pasti akan lebih baik. Alasannya adalah pengguna dapat melihat tanda-tanda orang lain sedang mengetik, membaca tanda terima, dan mengirim foto berkualitas tinggi.

Teknologi AI terbaru Apple juga meningkatkan kemampuan pengiriman pesan. Meski tidak semua perangkat mendukung, namun fitur ini disebut mampu mengubah cara pengguna berkomunikasi.

Salah satu fitur yang ditawarkan adalah memberikan saran apa yang akan ditulis berdasarkan analisis pesan sebelumnya. Ada juga Genmoji, fitur yang memungkinkan AI membuat gambar berdasarkan deskripsi, konsep, atau bahkan seseorang dari perpustakaan foto.

Tapback adalah cara cepat untuk membalas pesan dan di iOS 18, fitur ini telah tersedia ditingkatkan. Sebab, tanpa terbatas pada beberapa emoji, pengguna bisa menggunakan emoji atau stiker apa saja, termasuk Live Stiker rancangannya sendiri.

Baca juga: Apple Rilis Generator Gambar AI Image Playground

Ini Daftar iPhone yang Bisa Update ke iOS 18

Fitur Baru iOS 18_1a

Fitur Baru iOS 18. (Sumber: Express Techno)

Tahun ini, iOS 18 menarik perhatian dengan banyak peningkatan besar yang dimulai dengan diperkenalkannya Apple Intelligence.

Selain itu, Apple juga memperkenalkan fitur-fitur baru mulai dari kemampuan menyesuaikan antarmuka dari layar Utama, peningkatan aplikasi foto, dan banyak lagi. Setiap kali iOS terbaru diluncurkan, banyak pengguna iPhone yang bertanya-tanya apakah perangkatnya masih mendukung pembaruan dari Apple.

Selain pengumuman kedatangan iOS 18, raksasa Teknologi tersebut juga menerbitkan daftar iPhone yang telah menerima pembaruan sistem operasi.

Kejutan terbesarnya adalah pengguna iPhone XR masih dapat menikmati pembaruan iOS 18. Ya, iPhone XR masih menerima pembaruan ini. Selain model tersebut, berikut daftar lengkap iPhone yang mendapat update iOS 18:

  • iPhone XR
  • iPhone XS dan XS Max
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max
  • iPhone 12 dan 12 mini
  • iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max
  • iPhone 13 dan 13 mini
  • iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max
  • iPhone 14 dan 14 Plus
  • iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max
  • iPhone 15 dan 15 Plus
  • iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max
  • iPhone SE (2nd gen)
  • iPhone SE (3rd gen)

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan mengganti 50% pekerja perakitan iPhone dengan sistem otomasi atau dikenal dengan tenaga robot. Informasi ini berdasarkan laporan dari The...

Tech Industry

Unbox.id – iOS 18 hadir dengan banyak fitur dan penyempurnaan baru untuk iPhone, untuk membantu pengguna tetap teratur dan aman. Hal tersebut diungkapkan Apple...

Software

Unbox.id – iOS 18, pembaruan pada sistem operasi seluler Apple, diharapkan memperkenalkan beberapa fitur dan peningkatan baru yang penting. Apple mengakui iOS 18 akan...

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru saja membagikan serangkaian peningkatan pada beberapa fitur di iOS 18, termasuk perubahan pada FaceTime, Siri, dan aplikasi Wallet. iOS 18...