Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Bocoran Kemampuan Baru Siri di iOS 18, Apa Saja?

iOS 18_1a
iOS 18. (Sumber: Geeky Gadgets)

Unbox.id – Belakangan ini banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan kemampuan Siri yang dinilai sama. Beberapa orang menganggap Siri tertinggal jauh dari asisten virtual Alexa dan Google Assistant. Namun, tahun 2024 akan menjadi tahun dimana Siri menjadi lebih pintar. Pasalnya Siri akan menjadi lebih pintar berkat dukungan AI dari Apple. Bagaimana itu? Mengutip 9to5Mac, Apple disebut-sebut sedang mengembangkan AI umum untuk mendukung berbagai layanannya, termasuk Siri.

Alasan Apple Kembangkan Sistem AI

Apple AI_2b

Apple AI. (Sumber: Gizbot)

Ada tiga alasan mengapa Apple bertekad mengembangkan AI-nya. Pertama, perusahaan memiliki pendekatan yang solid terhadap teknologi baru. Apple terkenal hanya memperkenalkan teknologi terbaru ketika dirasa sudah siap dan stabil, sehingga adopsinya lebih unggul dari teknologi serupa oleh para pesaingnya.

Kedua, Apple sangat memperhatikan privasi. Oleh karena itu, perusahaan berusaha melakukan pemrosesan sebanyak mungkin pada perangkat daripada harus mengirimkan data pribadi pengguna ke server untuk diproses.

Ketiga, Apple adalah perusahaan konservatif yang memilih untuk menghindari kontroversi jika memungkinkan. AI yang kreatif tentu saja mengesankan, tetapi ada juga beberapa hal yang cukup menarik.

Boyong Kemampuan AI Generatif

Nah, pada tahun 2024, ada rumor bahwa Apple akan menghadirkan kemampuan AI tingkat lanjut ke iOS 18. Bloomberg baru-baru ini melaporkan bahwa iOS 18 akan menjadi pembaruan iOS terbesar yang pernah diluncurkan Apple dengan AI sebagai intinya.

Setelah itu, Financial Times melaporkan bahwa Siri akan ditenagai oleh model AI sintetis yang mirip dengan chatbot ChatGPT.

CEO Apple Tim Cook sendiri mengungkapkan bahwa perusahaannya akan membagikan informasi detail mengenai pekerjaan yang dilakukan Apple terkait AI. Jadi apa yang bisa terjadi pada Siri dengan bantuan AI?

Perintahkan Siri Atur Perjalanan dan Pilih Akomodasi Hotel untuk Pengguna

Berbicara mengenai tujuan awal tim Siri, pengembangan AI sintetik, dan riset Apple agar Siri bisa berinteraksi dengan aplikasi pihak ketiga, inilah fitur-fitur yang bisa dihadirkan Siri saat iOS 18 keluar.

Diharapkan memiliki kemampuan AI umum untuk memahami permintaan atau perintah pengguna, berinteraksi dengan layanan populer, dan berinteraksi dengan aplikasi lain di iPhone.

Hal ini memungkinkan Siri merespons berbagai hal. Misalnya: “Saya akan menghadiri WWDC 2024, rekomendasi penerbangan dan hotel.”

Cara Kerja Integrasi AI Generatif dengan Siri

AI umum Siri kemudian akan mencari WWDC untuk melihat di mana acara tersebut berlangsung dan tanggalnya. Dalam kondisi ini, Siri akan menggunakan lokasi rumah kami yang diketahui untuk mengetahui asal perjalanan pengguna.

Selanjutnya, AI sintetis akan menggunakan aplikasi iPhone untuk menentukan maskapai mana yang akan dipilih dan grup hotel mana yang akan dipilih. Apple kemudian menggunakan integrasi Siri dengan layanan ini.

Dalam hal ini, Siri berinteraksi dengan aplikasi lain berdasarkan kebutuhan pengguna dan pemahaman preferensi untuk menjalankan perintah ini.

Baca juga: Apple Tengah Siap Luncurkan Chipset M4

Jadi Apa Itu Siri?

Apple Siri_3c

Apple Siri. (Sumber: Techno Idea)

Siri adalah asisten virtual yang dikembangkan oleh Apple untuk perangkat-perangkatnya, seperti iPhone, iPad, Mac, Apple Watch, dan HomePod.

Siri menggunakan pemrosesan bahasa alami untuk memahami dan menjawab pertanyaan serta melakukan tugas-tugas tertentu yang diminta pengguna, mulai dari mencari informasi di internet, mengirim pesan teks, membuat pengingat, memutar musik, hingga mengontrol perangkat-perangkat pintar di rumah.

Dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan, Siri terus diperbarui dan ditingkatkan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

  • Pencarian dan Informasi: Siri dapat mencari informasi di internet, seperti cuaca, berita terkini, atau pengetahuan umum lainnya. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan kepada Siri, dan Siri akan mencoba memberikan jawaban yang sesuai.
  • Pengelolaan Kontak dan Pesan: Pengguna dapat menggunakan Siri untuk mengirim pesan teks, membuat panggilan telepon, atau mengelola kontak dalam daftar telepon mereka.
  • Pengaturan dan Pengingat: Siri dapat membantu pengguna dalam membuat pengingat, mengatur alarm, atau jadwal kegiatan harian.
  • Kontrol Perangkat: Siri dapat digunakan untuk mengontrol beberapa fungsi perangkat, seperti mengatur volume, memutar atau menghentikan musik, atau mengaktifkan fitur-fitur perangkat lainnya.
  • Navigasi: Siri dapat membantu pengguna dalam menemukan arah atau petunjuk jalan menggunakan aplikasi peta, seperti Apple Maps.
  • Interaksi dengan Aplikasi: Siri dapat berinteraksi dengan beberapa aplikasi di perangkat, seperti membaca pesan dari aplikasi pesan atau menjalankan perintah tertentu dalam aplikasi lainnya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple diperkirakan akan meluncurkan jam tangan pintar barunya tahun ini. Ada rumor yang menyebutkan jam tangan ini akan diberi nama Apple Watch....

Software

Jakarta, Unbox.id — Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi iOS 17.5 dan iPadOS 17.5 awal pekan ini. Sayangnya, tampak terjadi masalah yang ada...

Software

Jakarta, Unbox.id — Kali ini Apple mengumumkan serangkaian fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di akhir tahun 2024 ini di iPhone dan iPad-nya. jadi...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple Vision Pro yang sebelumnya hanya tersedia di pasar AS, juga akan dijual di seluruh dunia. Informasi tersebut diketahui dari laporan terbaru...