Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Apple Kenalkan Aplikasi Streaming Khusus Musik Klasik

Apple Music Classical_1
Apple perkenalkan platform mendengarkan lagu musik klasik yaitu Apple Music Classical. (Sumber: cnBETA)

Unbox.id – Apple telah secara resmi meluncurkan aplikasi klasiknya saja, Apple Music Classical. Aplikasi streaming musik klasik ini tidak akan tersedia hingga 28 Maret, tetapi pengguna iPhone sudah mulai memesannya dari App Store Apple untuk mengunduhnya secara otomatis saat dirilis. Meski dirilis sebagai aplikasi mandiri, seperti dikutip The Verge pada Rabu (15 Maret 2023), akses ke Apple Music Classical juga disertakan dengan langganan standar Apple Music.

Memudahkan Menemukan Rekaman Apa Pun di Katalog Musik

Apple Music Classical_2

Aplikasi ini memudahkan para penggunanya apabila ingin mendengarkan musik klasik. (Sumber: ZDNET)

“Apple Music Classical membantu Anda menemukan rekaman apa pun di katalog musik klasik terbesar di dunia dengan cepat dan mudah dengan pencarian yang dioptimalkan sepenuhnya,” tulis Apple dalam pernyataan titik balik matahari.

Menurut pembuat iPhone, pendengar dapat merasakan kualitas suara terbaik yang tersedia, serta “menikmati banyak lagu klasik favorit mereka dengan cara baru dengan suara spasial yang imersif”.

Aplikasi Apple juga akan menampilkan ratusan daftar putar yang dikuratori, ribuan album eksklusif, biografi komposer, panduan langkah demi langkah untuk banyak karya terbaiknya, navigasi intuitif, dan banyak lagi.

Menurut Apple, Apple Music Classic akan menawarkan streaming resolusi tinggi tanpa kehilangan hingga 192 kHz/24-bit. Perusahaan juga mengatakan akan menyertakan ribuan rekaman luar angkasa.

Apple Music Classical juga akan menyediakan metadata klasik yang lengkap dan akurat. Pengguna juga dapat mencari berdasarkan komposer, bagian, konduktor atau bahkan berdasarkan nomor kategori dan dengan cepat menemukan rekaman tertentu.

Baca juga: Pengapalan Chipset Apple Naik, Qualcomm Merosot

Juga Akan Dirilis Untuk Android

Konon, versi iPad dari aplikasi Apple Music Classic tidak ada. Apple juga mengonfirmasi bahwa mereka juga tidak menyertakan unduhan untuk permainan offline saat pertama kali dirilis.

Apple Music Classical baru akan dirilis secara eksklusif untuk iOS, tetapi ada rencana untuk meluncurkan versi Android juga.

Apple Music Classical juga akan mendukung iOS 15.4 atau lebih baru dan tersedia di seluruh dunia di mana Apple Music tersedia, meskipun perusahaan mengatakan itu juga akan dirilis di China, Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan.

Peluncuran aplikasi khusus musik klasik ini dilakukan setelah Apple mengakuisisi layanan streaming musik klasik Primephonic pada tahun 2021.

Pada saat itu, menurut perusahaan, dengan penambahan Primephonic, pelanggan Apple Music akan menikmati pengalaman musik klasik yang meningkat secara signifikan, dimulai dengan daftar putar Primephonic dan konten audio eksklusif.

Baca juga: Produk IMac Baru Kabarnya Gunakan Chip M3 Apple

Primephonic Berhenti Beroperasi Usai Akuisisi Apple

Setelah akuisisi, Apple berencana meluncurkan aplikasi musik klasik khusus yang menggabungkan antarmuka pengguna Primephonic dengan lebih banyak fitur tambahan. Sedangkan pada 7 September 2021 Primephonic akan berhenti bekerja secara offline dan tidak lagi tersedia untuk pelanggan baru.

Setelah pengumuman ini, pelanggan Primephonic pada saat itu akan menerima Apple Music selama enam bulan secara gratis, bersama dengan akses ke ratusan ribu album klasik dalam audio beresolusi tinggi tanpa kehilangan.

Pelanggan Primephonic yang sudah ada juga akan menerima ratusan album klasik dalam Audio Spasial dari Apple Music, dengan album baru ditambahkan secara berkala.

Selain itu, dalam pernyataan di situs resmi Primephonic, mereka juga menawarkan layanan jika pelanggan lama menginginkan pengembalian dana.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Unbox.id – Apple berencana menghabiskan $1 miliar per tahun untuk mengembangkan bisnis filmnya dengan meningkatkan jumlah dan durasi rilis bioskop. Laporan ini diungkapkan oleh...

Merk

Jakarta, Unbox.id – Apple akan segera meluncurkan AirPods Pro generasi kedua dengan model port USB type C. Berdasarkan analisis pengamat di China, Ming Chi...

Apps & Games

Unbox.id – Bulan Ramadan yang ditunggu-tunggu telah tiba. Tentunya seiring dengan perkembangan zaman ini, banyak pengguna smartphone yang mencari beberapa aplikasi yang ditujukan untuk...

Tech Industry

Unbox.id – Tagihan layanan Apple kepada pengguna iPhone dan iPad di Indonesia terus meningkat. Pasalnya, layanan pembayaran digital Shopee, ShopeePay, kini sudah bisa digunakan...