Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Apple Dipaksa Untuk Buka Ekosistem iPadOS

Apple iPadOS_1a
Apple iPadOS. (Sumber: CNET)

Last updated on 30 Juni, 2024

Unbox.idiPad Apple telah ditambahkan ke daftar produk teknologi yang harus mematuhi peraturan DMA (Digital Markets Act) Uni Eropa. Komisi Eropa juga secara resmi menetapkan sistem operasi iPadOS sebagai “penjaga gerbang” di bawah DMA, bersama dengan browser web Safari, sistem operasi iOS, dan App Store.

Organisasi tersebut mengatakan pengguna pada dasarnya “terkunci” dalam ekosistem iPadOS Apple, mencegah mereka beralih ke pesaing. Terkait hal ini, Engadget mengutip, Apple memiliki waktu enam bulan untuk mematuhi peraturan DMA.

Hal ini menyusul penyelidikan selama berbulan-bulan terhadap iPadOS untuk menentukan apakah sistem operasi tersebut harus dianggap sebagai perangkat lunak “penjaga gerbang”. “iPadOS adalah pintu gerbang penting yang diandalkan oleh banyak bisnis untuk menjangkau pelanggan mereka,” kata Margrethe Vestager, wakil presiden eksekutif kebijakan persaingan di Komisi Eropa. “Langkah ini akan memastikan bahwa keadilan dan daya saing juga tetap terjaga di platform,” tambahnya.

Baca juga: Mfi Charger iPhone

Apple iPadOS_2b

Apple iPadOS. (Sumber: CNET)

Berdasarkan DMA, iPadO, yang dianggap sebagai penjaga gerbang, dilarang memprioritaskan layanan mereka sendiri dibandingkan pesaing dan mengunci pengguna ke dalam ekosistem.

Perangkat lunak juga harus memungkinkan pihak ketiga berinteraksi dengan layanan internal, itulah sebabnya toko aplikasi pihak ketiga menjadi populer di iPhone di pasar Eropa.

Dalam pernyataan yang diterbitkan oleh Forbes, Apple mengonfirmasi bahwa mereka akan terus bekerja sama secara konstruktif dengan Komisi Eropa untuk memastikan bahwa layanan yang ditunjuk mematuhi DMA, termasuk iPadOS.

Namun, perusahaan kurang senang dan menuduh undang-undang tersebut menciptakan risiko privasi dan keamanan data baru.

Baca juga: Apple Ingatkan Pengguna Tak Ngecas IPhone Semalaman

Apple Ajukan Gugatan

Karena itulah Apple mengajukan pengaduan ke Pengadilan Umum UE di Luksemburg, persidangan akan berlangsung pada akhir tahun 2024. Apple sendiri baru-baru ini mengumumkan acara yang akan berlangsung pada 7 Januari 5 untuk memperkenalkan iPad barunya.

Perusahaan diperkirakan akan meluncurkan iPad Pro dengan layar OLED dan iPad Air baru bersama dengan periferal yang diperbarui.

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Seri iPhone 16 disebut-sebut akan meluncur pada acara peluncuran pada September 2024. Meski masih 2 bulan lagi, bocoran informasi mengenai seri iPhone...

Tech Industry

Last updated on 5 Juli, 2024 Unbox.id – Apple saat ini mengklasifikasikan tiga produknya sebagai produk lama, yakni klasik. Perusahaan telah memperbarui daftar produk...

Apple

Last updated on 1 Juli, 2024 Unbox.id – Apple meluncurkan dua produk iPad baru pada Mei 2024, yaitu iPad Pro 2024 dan iPad Air...

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan mengganti 50% pekerja perakitan iPhone dengan sistem otomasi atau dikenal dengan tenaga robot. Informasi ini berdasarkan laporan dari The...