Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Gen Z

Tokopedia_1_1
Ada beberapa barang yang memang menjadi pilihan untuk diboyong para penggunanya di dalam platform Tokopedia. (Sumber: Tokopedia)

Unbox.id – Belanja online sepertinya masih menjadi salah satu pilihan masyarakat Indonesia, khususnya Gen Z atau usia 18-24 tahun. Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications, Tokopedia mengatakan hal tersebut dalam keterangan resmi. “Misalnya di tahun 2022, kesehatan, kecantikan, fashion, handphone dan gadget, serta makanan dan minuman akan paling banyak dicari oleh Gen Z di Tokopedia,” ujarnya menerima siaran pers. Lantas, apa saja produk belanjaan yang sering dibeli oleh kalangan Gen Z tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

Mie Instan dan Serum Jadi Paling Laris

Tokopedia_1_2

Produk mie instant jadi produk yang paling laris dan dibeli di dalam platform belanja onlinenya tersebut. (Sumber: detikFinance)

Menurut Ekhel, Gen Z yang cenderung memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya tetap menerapkan protokol kesehatan, menjadikan produk dalam kategori ini menjadi salah satu yang paling diminati selama setahun terakhir. Beberapa produk kesehatan yang laris manis selama setahun terakhir antara lain masker medis, obat herbal dan tissue.

Selain kesehatan fisik, Generasi Z juga peduli dengan kesehatan wajah. “Hal ini terlihat pada serum wajah, krim wajah, dan pembersih wajah yang menjadi best buy Gen Z di kategori kecantikan Tokopedia,” lanjutnya.

Bicara soal fashion, Gen Z juga dikenal ingin tampil fashionable. Tokopedia menemukan bahwa pada subkategori fashion wanita, tote bag, hijab segi empat dan sandal merupakan produk yang paling laris, sedangkan pada subkategori fashion pria, t-shirt, sneakers dan kemeja laris manis.

Ekhel melanjutkan, Gen Z kerap berbelanja berbagai kebutuhan elektronik. Beberapa produk terlaris tahun lalu adalah kabel data, perangkat Android, dan pelindung layar ponsel. Di kategori Groceries and Beverages di marketplace ini, Gen Z paling sering membeli mi instan, keripik, kue, dan air.

Baca juga: Ini Dia Pilihan Paylater Dengan Bunga Rendah

Inisiatif Dari Tokopedia

Sehubungan dengan tren tersebut, kata Ekhel, Tokopedia juga meluncurkan beberapa inisiatif untuk memudahkan konsumen dalam berbelanja sehari-hari. Misalnya, kampanye Sana Zono, Tokopedia Beauty, Handsome Zone, dan Women in Style kini berjalan untuk Tokopedia Tekno dan Tokopedia Nyami.

Tak hanya itu, Tokopedia terus mendorong inisiatif hyperlocal untuk mendekatkan pembeli dengan penjual di mana pun mereka berada. “Misalnya, KTP (Kelompok Toko Terpilih) membantu pembeli melakukan pembelian dari penjual terdekat. Lalu ada layanan Tokopedia, sehingga pembeli bisa mendapatkan produk dari penjual yang berlokasi di luar daerah dengan cepat dan dengan pengiriman terjangkau, serendah Rp 0.” ujarnya.

Melalui berbagai inisiatif tersebut, Tokopedia mengidentifikasi Bantaeng (Sulawesi Selatan), Jepara (Jawa Tengah), dan Tidore (Maluku Utara) sebagai wilayah dengan pertumbuhan jumlah pembelanjaan Gen Z terbesar. Sementara itu, Jayawijaya (Papua), Sabu Raiju (NTT), dan Muaro Jambi (Jambi) menjadi wilayah dengan jumlah kejadian Gen Z paling meningkat di tahun 2022 kemarin.

Baca juga: Pilihan Mouse Wireless Untuk Penggunaan Sehari-Hari

Transaksi Travel di Tokopedia Meningkat

Tokopedia_1_3

Aktivitas belanja travel juga meningkat di dalam platform onlinenya tersebut. (Sumber: Medium)

Sebelumnya, Tokopedia mencatat adanya peningkatan transaksi pada kategori Travel di platformnya. Hal ini tidak terlepas dari akhir tahun yang biasanya digunakan masyarakat untuk berwisata bersama keluarga atau teman ke destinasi yang diinginkan.

“Hal ini terlihat dari transaksi kategori travel Tokopedia yang rata-rata tumbuh hampir 3,5 kali lipat di akhir tahun ini,” kata Mirna Puspita, Senior Director of Travel and Entertainment Tokopedia, dalam keterangan resminya

Berdasarkan data yang terkumpul, tujuan paling populer untuk membeli tiket pesawat adalah Jakarta, Medan, Bali, dan Surabaya. Di sisi lain, Jabodetabek, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Bandung menjadi tujuan paling populer untuk membeli tiket kereta api.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Tech Industry

Unbox.id – Tak hanya mudik, Idul Fitri juga menjadi momen istimewa bagi umat Islam Indonesia untuk berbelanja memenuhi kebutuhan menyambut hari raya. Sejak tradisi...

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak beredar pemberitaan tentang pengemudi transportasi online yang memaksa penumpangnya untuk mentransfer uang bahkan hingga melakukan kekerasan. Kabar ini pun...

Tech Industry

Unbox.id – Putra Instagram, aplikasi media sosial alternatif Twitter Meta telah melampaui jumlah unduhan X di App Store. Seperti dikutip GizChina, Threads telah diunduh...