Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Cara Memutar Video Youtube di Background Tanpa Premium

Last updated on 17 Februari, 2022

Jakarta, Unbox.id – Anda suka mendengar musik atau ASMR di YouTube Smartphone? Pasti menyebalkan saat Anda harus membuka aplikasi lain, videonya akan terhenti sampai Anda membuka kembali aplikasi YouTube. Hal ini karena YouTube hanya menyediakan fitur “play in background” untuk subskripsi YouTube Premium.

Memakai fitur play in background ini bisa sangat membantu karena artinya Anda bisa menonton YouTube sambil membuka aplikasi lain. Apakah itu aplikasi chatting dengan teman, browsing di media sosial lain, atau sambil bermain game. Subskripsi YouTube Premium memang memiliki banyak keuntungan, tetapi bila hanya ingin memakai fitur play in background, rasanya kurang menarik.

Karena itu, Unbox mengumpulkan tips dan trik untuk bisa memakai fitur ini tanpa perlu subskripsi. Berikut adalah langkah-langkah memutar video YouTube di background di Android dan iOS.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Akun Facebook Anda

Cara Memutar Video YouTube di Background dengan Ponsel Android

cara memutar video youtube di background android

sumber android beat

Untuk bisa memutar video YouTube di background dengan Android, Anda butuh memakai Google Chrome. Berikut cara lengkapnya.

  1. Buka youtube.com di aplikasi browser Google Chrome.
  2. Setelah website terbuka, pilih tombol 3 titik vertikal di sisi kanan atas untuk membuka opsi.
  3. Pilih Desktop View untuk mengubah tampilan YouTube.
  4. Setelah selesai loading, cari video yang ingin Anda putar dan pilih video tersebut.
  5. Setelah video mulai berputar, keluar ke home screen dan Anda akan melihat video YouTube akan terhenti.
  6. Buka panel notifikasi dengan menarik dari atas. Anda akan melihat ada notifikasi media controls dari video yang diputar tadi.
  7. Tekan tombol Play maka video Anda akan mulai diputar di background.

Cara Putar YouTube di Background di iOS iPhone

cara memutar video youtube di background ios

sumber iphone tricks

Anda juga bisa memutar video YouTube di background dengan iPhone. Kali ini, Anda bisa memakai fitur ini cukup dengan Safari. Berikut langkah lengkapnya.

  1. Buka youtube.com di Safari.
  2. Setelah halamannya terbuka, tekap tombol aA di sebelah kiri atas di address bar.
  3. Pilih opsi Request Desktop Website dan halaman YouTube akan dimuat ulang dengan tampilan baru.
  4. Cari video yang ingin ditonton dan putar video tersebut.
  5. Setelah video dimulai, keluar lagi ke home screen.
  6. Buka kembali Control Center dengan menarik dari atas ke bawah di bagian kanan atas untuk membuka dengan Face ID. Anda juga membuka dari bagian bawah layar untuk pilihan tanpa Face ID.
  7. Akan ada notifikasi music control di bagian kanan atas. Pilih Play dan video YouTube akan berlanjut diputar di background.

 

Itulah tadi cara memutar video YouTube di background tanpa perlu subskripsi Premium. Kedua caranya bisa dipakai di smartphone Android dan iOS. Jadi Anda sekarang bisa menonton YouTube sambil bermain aplikasi lain di gadget Anda. Silakan mencobakan kedua cara ini sesuai dengan ponsel atau perangkat yang Anda pakai!

 

Sumber: gadgets.ndtv.com, gadgetsnow.com
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Instagram dikabarkan sedang menguji tampilan baru dimana rencananya akan memindahkan seluruh unggahan video pengguna ke platform Reels. Pihaknya mengungkapkan bahwa perubahan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Kabar baik datang untuk para pengguna smartwatch besutan Apple yakni Apple Watch. Hal tersebut berkat hadirnya aplikasi yang bernama WatchTube dimana...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – YouTube adalah merupakan situs video terbesar di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna bulanan. Sudah banyak orang yang berkarya melalui...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – TikTok saat ini telah menjadi salah satu platform media sosial yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Mulai dari anak-anak, remaja,...