Connect with us

Hi, what are you looking for?

Samsung

Tantangan Fotografi Smartphone Terjawab Sudah

Nightography pada Galaxy S23 Series 5G

Last updated on 6 April, 2023

Tantangan fotografi smartphone adalah kemampuan ambil gambar di kondisi malam

Salah satu tantangan terbesar dalam fotografi smartphone adalah kemampuan untuk mengambil gambar dalam kondisi malam atau minim pencahayaan dengan kualitas yang bagus.

Cukup banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan noise dan blur pada hasil gambar di malam hari. Namun, stigma tersebut telah terpatahkan sejak kemunculan Nightography. kini fitur tersebut kian meningkat kemampuannya, terutama di Galaxy S23 Series 5G.

Nightography, Solusi Tepat buat tantangan fotografi smartphone

Dengan Nightography, pengguna Galaxy S23 Series 5G bisa menikmati hasil gambar yang lebih cerah dan tajam, bahkan dalam kondisi low light.

“Foto pada malam hari sebelumnya menjadi sebuah kekhawatiran tersendiri bagi pengguna smartphone, karena adanya keterbatasan dalam menciptakan hasil foto yang maksimal daripada siang hari.” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia.

Melihat masalah tersebut, Samsung mencoba untuk buat terobosan baru dengan hadirkan solusi yang EPIC. “Samsung berikan solusi yang epic dan dapat kami andalkan terutama buat pengguna untuk mendapatkan hasil foto yang vivid dalam kondisi minim pencahayaan.  Melalui Kemampuan Nightography pada Galaxy S23 Series 5G,” tambah Verry. 

Kemampuan Nightography pertama kali perkenalkan pada Galaxy S22 Series 5G dan langsung mendapat sambutan yang positif di kalangan pengguna. Terobosan inovatif ini kembali kembangkan oleh Samsung di Galaxy S23 Series 5G.

Peningkatan kemampuan Nightography ini tak lepas dari kolaborasi yang kuat antara Samsung Research America (SRA) dan Samsung R&D Institute India-Bangalore (SRI-B). 

Simak penuturan dari John Seok-Jun Lee, Head of Computational Camera Part at Samsung Research America (SRA), dan Narasimha Gopalakrishna Pai, Head of AI Computational Imaging Part at Samsung R&D Institute India-Bangalore (SRI-B), mengenai terobosan di kemampuan Nightography pada Galaxy S23 Series 5G:

Teknologi revolusioner yang membuat Nightography di S23 lebih epic

Pada saat mengambil foto di malam hari menggunakan kamera smartphone, jumlah cahaya yang terperangkap sangat sedikit. Hal inilah yang menyebabkan gambar menjadi lebih gelap daripada siang hari atau di dalam ruangan. Akan tetapi, jika tingkat kecerahan pada foto kami tingkatkan, bakalan muncul noise, blur, dan warna tidak jelas. 

Kemampuan Nightography menjawab tantangan fotografi smartphone. Dengan memanfaatkan kamera di Galaxy S23 Series 5G, mereka akan ambil beberapa gambar dengan tingkat kecerahan berbeda. 

Teknologi Multi-frame Processing (MFP) juga dihadirkan untuk menggabungkan gambar-gambar tersebut sehingga menghasilkan gambar yang lebih tajam dan vivid dalam segala situasi dan kondisi.

“Teknologi ini menggunakan analisis yang rumit untuk menentukan titik pengaturan yang tepat dan menganalisis setiap piksel dengan ISP yang ditenagai AI untuk meningkatkan warna, detil, dan tone foto yang pada akhirnya dapat menghasilkan foto malam yang epic,” ujar John Seok-Jun Lee.

Dengan Nightography pada Galaxy S23, semua foto dalam kondisi low-light menjadi lebih terang dan tidak ada yang kualitasnya menurun. Bahkan tidak ada noise sama sekali.  

Berkat hadirnya chipset Snapdragon 8 Gen 2, proses peningkatan kualitas foto sendiri lebih cepat dan bisa optimasi melalui AI mode. “Nightography mengambil dan memproses banyak gambar, tetapi hanya memilih gambar yang jelas dan tidak mengandung kecacatan seperti blur.” papar Narashima.

Sedangkan Tim SRI-B bertugas untuk kembangkan teknologi pemrosesan data. “Dengan mengembangkan teknologi pemrosesan yang heterogen dan manfaatkan seluruh unit pemrosesan yang ada, seperti CPU, NPU, dan GPU. Untuk memastikan bahwa teknologi MFP dapat bekerja cepat sehingga pengguna bakalan mendapatkan pengalaman yang baik setiap kali mengambil foto,” terang Narasimha.

Inovasi Samsung menjawab tantangan fotografi di malam hari 

Bagi Samsung, kolaborasi yang berpusat pada pemanfaatan teknologi terkini adalah kunci untuk menciptakan inovasi secara berkelanjutan.

Dengan kolaborasi kedua tim tersebut, baik SRA maupun SRB. berhasil menciptakan sebuah rangkaian algoritma baru untuk mengatasi tantangan fotografi smartphone. Dengan melihat tantangan seperti kondisi low-light, mereka ciptakan sebuah tangkapan gambar untuk analisa algoritma. 

“Langkah tersebut  jadikan panduan untuk membuat Signal to Noise Ratio (SNR) dan dynamic range lebih baik, serta jadikan sebuah blur yang hasilkan oleh kamera atau objek yang bergerak lebih optimal.” ujar John Seok- jun Lee.

Bukan itu saja, mereka berkolaborasi dengan tim solusi visual MX untung pengembangan dan optimalisasi AI. “Tidak hanya itu, tim di SRA MPI juga berkolaborasi dengan tim Solusi Visual MX untuk mengembangkan dan mengoptimalkan pemrosesan sinyal gambar AI guna hilangkan level noise yang tinggi dan meningkatkan detail pada foto,” tukas John

Sementara itu, tim SRI-B bertanggung jawab atas pengembangan, optimalisasi dan percepatan model AI. Bahkan manfaatkan semua komputasi seperi NPU, GPU dan CPU Multicore. 

Karena itu, mereka bekerja maksimal untuk menaikkan kinerja komputasi dan percepat proses pengolahan data. Supaya membantu pengguna untuk menangkan foto di malam hari dengan warna lebih hidup. 

Samsung berkomitmen akan terus memperkuat kolaborasi ini untuk meningkatkan kemampuan Nightography lebih jauh lagi.

Dalam hal ini, Samsung akan terus meningkatkan sinergi lintas tim untuk explore lebih banyak potensi inovasi kamera smartphone, khususnya dalam membuat konten di malam hari, mulai dari resolusi kamera yang lebih tinggi hingga optimalisasi Expert Raw dengan Nightography. 

Coba Kemampuan Nightography untuk buat konten epic saat lowlight dengan Galaxy S23 Series 5G sekarang! 

Nightography pada Galaxy S23 Series 5G

Nightography membawa pengalaman foto di malam hari ke tingkat yang lebih tinggi dengan kamera di Galaxy S23 Series 5G. Coba langsung Nightography terbarukan di lini smartphone flagship Samsung terkini yang sudah bisa kamu dapatkan secara langsung di toko daring dan gerai retail.

Konsumen pun bisa mendapatkan penawaran khusus dengan mengunjungi mengunjungi consumer launch di Pondok Indah Mall II, Jakarta pada 8-12 Maret, Grand Indonesia, Jakarta pada 15-19 Maret, dan Sun Plaza, Medan pada 29 Maret – 2 April.

Selama consumer launch, konsumen bisa menikmati penawaran eksklusif senilai total hingga Rp4.100.000 di setiap pembelian Galaxy S23 Series 5G.

Keuntungan ini terdiri dari cashback hingga Rp2.000.000 untuk pembelian secara Trade-In dan Purchase with Purchase (dengan aksesori dan wearable Galaxy), dan cashback dari mitra bank hingga Rp750.000.

Dapatkan juga fasilitas perlindungan smartphone Samsung Care+ selama 6 bulan senilai Rp899.000 dan free casing senilai Rp499.000. Konsumen yang beruntung juga akan mendapatkan special gift hasil kolaborasi Samsung dengan VARYAN dan Exacoat  berbahan ramah lingkungan dengan persediaan terbatas.

Konsumen bisa memiliki Galaxy S23 Ultra 5G dengan harga Rp19.999.000 (12GB/256GB), Rp21.999.000 (12GB/512GB), dan Rp25.999.000 (12GB/1TB). Galaxy S23+ 5G hadir dengan harga Rp15.999.000 (8GB/256 GB) dan Rp17.999.000 (8GB/512GB). Galaxy S23 5G tersedia dengan harga Rp12.999.000 (8GB/128GB) dan Rp13.999.000 (8GB/256GB).

Informasi lebih lanjut tentang Galaxy S23 Series 5G bisa dilihat di www.samsung.com/id.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Unbox.id – Dalam hal bepergian, tidak ada yang lebih mengasyikkan daripada menemukan dunia baru dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan. Untuk mencapai hal tersebut,...

Apps & Games

Unbox.id – Bertepatan dengan peluncuran Galaxy S23 Series 5G, Samsung juga memperkenalkan sistem antarmuka yang sama sekali baru, yaitu One UI 5.1. Antarmuka terbaru...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Salah satu pertimbangan utama saat membeli smartphone adalah kemampuan sistem antarmuka yang mudah digunakan yang dapat memenuhi kebutuhan operasional sehari-hari pengguna. Memahami...

Artikel

Unbox – Lebaran sebentar lagi, cari smartphone yang bisa temani buat liburan lebaran dan bisa juga untuk buat konten selama di kampung kali ini?...