Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Starlink Hadir di Indonesia, Intip Informasi Detailnya!

Starlink Indonesia_1a
Starlink Indonesia. (Sumber: Techno World Update)

Last updated on 20 Juni, 2024

Unbox.idStarlink resmi hadir di Indonesia! Nah, layanan internet satelit besutan Elon Musk ini telah resmi diluncurkan di Indonesia. Dengan hadirnya layanan Starlink ini, perusahaan menjanjikan akses Internet berkecepatan tinggi yang dapat dinikmati pengguna di seluruh tanah air.

Salah satu wilayah yang dapat dioptimalkan jaringan Starlink adalah daerah terpencil (3T), yang sulit dijangkau oleh infrastruktur Internet tradisional. Namun bukan berarti Anda atau pengguna umum lainnya tidak bisa menikmati Internet Starlink di rumah.

Bagi yang ingin menggunakan internet satelit ini di rumah, berikut pilihan, langganan, dan harga Starlink di Indonesia.

Cara Berlangganan Starlink Indonesia

Starlink

Starlink. (Sumber: World Techno)

Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan internet Starlink ini dapat memesan atau pre-order perangkat di laman resminya. Berikut cara berlangganan internet Starlink:

  • Akses situs Starlink di https://www.starlink.com/.
  • Masukkan alamat atau lokasi Anda berada untuk melihat ketersediaan lokasi jaringan, dan langsung klik “Order Now”.
  • Masukkan informasi kontak, seperti nama, nomor telepon, email, hingga alamat pengiriman.
  • Nanti Anda akan dibawa ke halaman biaya berlangganan per bulan, dan harga perangkat keras atau hardware.
  • Tak hanya itu, pengguna juga akan dibebankan pengiriman dan penanganan.
  • Klik “Order Now” untuk melanjutkan. Perlu diingat, semua pembaharan hanya bisa dilakukan melalui kartu kredit atau debit Mastercard atau Visa.

Baca juga: Kuota Internet Termurah

Menko Luhut Ungkap Agenda Elon Musk dalam Kunjungan ke Bali

Starlink

Starlink. (Sumber: Techno Market)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyambut kedatangan Elon Musk, CEO SpaceX dan Tesla, di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Forum. Namun selain itu, kata Luhut, Elon Musk juga akan menghadiri acara peluncuran Starlink bersama Presiden Joko Widodo di salah satu pusat kesehatan di Denpasar, Bali.

“Saya berkesempatan menyambut Elon di bandara pagi ini, kemudian selama berada di sana membahas sebagian agendanya, dan tentunya beberapa kerja sama penting,” kata Menteri Koordinator Bidang Kelautan dan Perikanan Luhut Binsar Pandjaitan dalam siaran pers yang diterima.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa salah satu dari dua hal penting tersebut adalah Kerja sama yang dilakukan adalah dengan diresmikannya layanan Internet Starlink untuk menjangkau pelosok Indonesia.

Kerja sama ini merupakan wujud kesetaraan antar seluruh provinsi di Indonesia yang akan terintegrasi dalam layanan kesehatan dan kesejahteraan pelayanan akan terus ditingkatkan.

Starlink Diharap Bisa Bantu Masyarakat di Daerah Terpencil

Luhut juga berharap dengan diluncurkannya Starlink, masyarakat di pelosok bisa memiliki akses cepat terhadap informasi dan internet layaknya warga di kota-kota besar.

Sekadar informasi, Starlink merupakan layanan Internet melalui satelit yang dikembangkan oleh SpaceX. Starlink menggunakan konstelasi satelit Bumi untuk menyediakan akses Internet berkecepatan tinggi ke berbagai wilayah di dunia, terutama di wilayah terpencil.

Kehadiran Internet diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia yang tidak memiliki akses terhadap layanan Internet. Nantinya, pengguna Starlink hanya membutuhkan perangkat mini bernama parabola untuk terhubung ke jaringan satelit.

Baca juga: Elon Musk Bakal Rilis Aplikasi X Twitter Di Smart TV

Mengenal Starlink

Starlink_1a

Starlink. (Sumber: CNET)

Starlink adalah sebuah proyek yang dikembangkan oleh SpaceX, perusahaan teknologi ruang angkasa yang didirikan oleh Elon Musk.

Proyek ini bertujuan untuk menyediakan layanan internet broadband berkecepatan tinggi ke berbagai penjuru dunia, termasuk wilayah-wilayah yang sulit dijangkau oleh infrastruktur internet tradisional. Berikut beberapa poin penting tentang Starlink:

  • Starlink menggunakan konstelasi satelit yang ditempatkan di orbit rendah Bumi (LEO – Low Earth Orbit). Ini berbeda dengan satelit komunikasi tradisional yang biasanya berada di orbit geostasioner yang lebih tinggi.
  • Tujuan dari menggunakan orbit rendah adalah untuk mengurangi latensi (delay) dalam komunikasi data, sehingga memberikan pengalaman internet yang lebih cepat dan responsif.
  • SpaceX secara rutin meluncurkan satelit Starlink menggunakan roket Falcon 9 mereka. Setiap peluncuran dapat membawa puluhan satelit ke orbit.
  • Proyek ini telah mengirim ribuan satelit ke luar angkasa, dan jumlah ini terus bertambah seiring dengan misi peluncuran yang berkelanjutan.

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pendiri SpaceX Elon Musk resmi meluncurkan layanan jaringan internet satelit Starlink di Indonesia pada Minggu, 19 Mei 2024, di Puskesmas Sumerta Kelod...

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk mengatakan dia akan melarang atau memblokir Apple dari bisnisnya jika pembuat iPhone itu mengintegrasikan OpenAI ke dalam sistem operasinya. Musk,...

Tech Industry

Last updated on 20 Juni, 2024 Unbox.id – Kehadiran layanan internet Starlink di Indonesia di masa depan diprediksi dapat mengancam operator seluler lokal dan...

Tech Industry

Last updated on 24 Juni, 2024 Unbox.id – Internet satelit Starlink yang baru diluncurkan Elon Musk di Indonesia kini telah menurunkan harga perangkat tersebut....