Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Chipset Exynos 2200, Prosesor Samsung Yang Terbaru

Last updated on 21 Januari, 2022

Jakarta, Unbox.id – Samsung telah mengumumkan prosesor smartphone flagship terbarunya, yakni Exynos 2200. Ini adalah chipset yang sama yang akan diluncurkan perusahaan pada 11 Januari, namun peluncuran itu  ditunda. 

Tentang Chipset Exynos 2200

Samsung mengatakan bahwa Exynos 2200 adalah prosesor yang dirancang dan diproduksi menggunakan node EUV 4-nanometer perusahaan. Chipset ini mengemas desain CPU octa-core dan menggunakan core CPU Armv9. Ada tiga kluster CPU, yakni satu Cortex-X2 flagship core, tiga Cortex-A710 big core, dan empat Cortex-A510 little cores.

Kemudian dari informasi lebih lanjut, chipset ini hadir dengan GPU Samsung Xclipse berdasarkan arsitektur AMD RDNA 2 yang akan memberikan pengalaman bermain game dengan “console-level” di smartphone, menurut perusahaan dari Korea Selatan ini.

Samsung Xclipse graphics processing unit ini akan menawarkan fitur-fitur canggih, yakni fitur hardware-accelerated ray tracing dan variable rate shading. Ray tracing mensimulasikan bagaimana cahaya ber-efek secara fisik di dunia nyata di dalam game sementara variable rate shading dapat menurunkan tingkat shading di area game agar mengoptimalkan beban kerja dari GPU.

Samsung Exynos 2200 juga hadir dengan modem 3GPP Release 16 5G cepat yang mendukung sub-6GHz dan mmWave spectrum bands. Ada E-UTRAN New Radio, yakni Dual Connectivity (EN-DC) yang menggunakan sinyal 4G LTE dan 5G NR dan memiliki kecepatan hingga 10Gbps.

Untuk keamanan, chipset ini juga dilengkapi dengan Integrated Secure Element (iSE) untuk menyimpan kunci kriptografik pribadi serta berperan sebagai RoT (Root of Trust). Perusahaan menambahkan bahwa inline encryption HW untuk UFS and DRAM telah diperkuat.

Chipset ini juga dilengkapi dengan beberapa teknologi lain seperti advanced multi-IP governor (AMIGO) yang akan meningkatkan kinerja dan efisiensi chipset secara keseluruhan. Prosesor ini akan mengelola efisiensi daya untuk mengurangi pengurangan baterai saat sedang bermain game dengan resolusi tinggi.

Chipset ini juga dilengkapi dengan AI yang ditingkatkan karena NPU yang baru. Ini juga dapat digunakan dengan image signal processor untuk mendukung pengambilan gambar dengan lebih realistis. ISP mendukung 108MP dalam mode single camera dan menawarkan perekaman video 4K HDR dan 8K.

Samsung mengatakan bahwa saat ini Exynos 2200 sedang dalam tahap produksi. Chipset ini mungkin akan mendukung smartphone flagship seri Galaxy S22 mendatang, meskipun belum pasti. Chipset ini diharapkan akan segera diluncurkan secara resmi pada 8 Februari mendatang.

 

 

Sumber : gizmochina.com

Foto : dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Samsung dikatakan akan menghadirkan kemampuan Galaxy AI ke lebih banyak ponsel pintarnya. Galaxy AI akan memberikan kemampuan AI umum untuk meningkatkan produktivitas....

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...

Tech Industry

Unbox.id – Bocoran informasi mengenai Galaxy Z Fold 6 semakin santer beredar di Internet, dimana kali ini ponsel layar lipat baru Samsung dikabarkan akan...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung disebut-sebut memiliki rencana untuk memperluas jangkauan Galaxy AI ke lebih banyak perangkat, terutama perangkat andalan generasi lama. Hal tersebut diungkapkan oleh...