Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Apple iPhone 5S Resmi Jadi Ponsel Usang

iPhone 5S_1a
iPhone 5S. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Apple secara resmi telah menyatakan iPhone 5S sebagai produk usang, lebih dari setahun setelah diluncurkan pada September 2013. Dengan perubahan ini, Apple dan penyedia layanan resmi tidak lagi menyediakan layanan perbaikan atau servis untuk iPhone 5S juga. Mengutip informasi dari Tech Radar, perubahan status iPhone 5S ini ditemukan di halaman dukungan resmi Apple untuk perangkat lama. Asal tahu saja, produk usang adalah produk yang belum dirilis Apple selama tujuh tahun atau lebih. “Apple telah menghentikan semua layanan perangkat keras untuk produk usang, dan penyedia layanan tidak dapat memesan suku cadang pengganti untuk produk dalam kategori usang,” tulis Apple di situs resminya.

Pembaruan Terakhir di 2018

iPhone 5S_2b

iPhone 5S. (Sumber: CDNET)

Perlu diketahui, iPhone 5S sendiri terakhir kali mendapat pembaruan software pada iOS 12 yang dirilis pada tahun 2018. Meski kini dianggap ketinggalan jaman, iPhone ini masih menjadi perangkat canggih saat itu. Perangkat ini merupakan smartphone pertama yang menggunakan prosesor 64-bit (A7).

Selanjutnya pada perangkat ini pun, Apple telah memperkenalkan sistem otentikasi sidik jari Touch ID di iPhone. Mengingat iPhone 5S merupakan produk ketinggalan jaman, maka konsumen yang masih memilikinya sebaiknya mempertimbangkan untuk mengupgrade ke versi iPhone terbaru yang tersedia.

Selain iPhone 5S, Apple juga menambahkan iPod Touch generasi keenam (2015) dan iMac 12,5 inci dengan layar 4K (2015). Perangkat vintage adalah produk yang tidak dijual Apple selama lebih dari 5 tahun.

Apple dan mitra resminya masih menawarkan layanan perbaikan untuk produk klasik. Namun pelayanan perbaikan akan tergantung pada ketersediaan suku cadang.

Apple Rombak Siri dengan AI untuk Meningkatkan Fungsi Perintah Suara

Sebagai informasi, Apple disebut-sebut sedang dalam proses mendesain ulang versi asisten suara Siri-nya yang akan menggunakan AI tingkat lanjut, didukung oleh pemodelan bahasa besar (LLM).
Teknologi ini memungkinkan pengguna menjalankan fungsi aplikasi tertentu melalui suara perintah, seperti membuka dokumen, mengirim email, dan yang lainnya.

Versi baru Siri hanya akan berfungsi dengan aplikasi Apple. Namun, itu tidak akan disertakan dalam pembaruan iOS 18 tetapi mungkin akan dirilis nanti sebagai pembaruan awal tahun depan. Hal ini terungkap dalam laporan Bloomberg yang dikutip oleh Engadget.

Asisten akan dapat menganalisis aktivitas ponsel pengguna dan secara otomatis mengaktifkan fitur yang dikontrol oleh kontrol Siri. Fitur ini akan mendukung “ratusan” pesanan tetapi hanya dapat memproses satu per satu. Ke depannya, Siri akan mendukung banyak tugas dalam satu permintaan.

Pada awalnya, perintah yang didukung akan mencakup mengirim atau menghapus email, membuka situs web tertentu di Apple News, mengirim tautan web melalui email, atau meminta ringkasan artikel.

Setelah beberapa saat, perintah akan diaktifkan, dimungkinkan untuk meringkas rekaman rapat, lalu mengirim pesan ke rekan kerja, semuanya dalam satu permintaan. “Atau, secara teoritis seseorang dapat meminta iPhone untuk memotong sebuah gambar dan kemudian mengirimkannya melalui email ke teman,” tulis Mark Gurman dari Bloomberg.

Baca juga: Apple Rombak Siri Dengan AI

Gandeng OpenAI

Apple OpenAI_1a

Apple OpenAI. (Sumber: World Techno News)

Masih belum jelas jenis LLM apa yang akan digunakan Apple untuk mendukung Siri versi ini. Perusahaan dikatakan telah mencapai kesepakatan dengan OpenAI untuk mengintegrasikan ChatGPT ke iOS 18.

Pada saat yang sama, Apple juga dapat bernegosiasi dengan Google untuk mengintegrasikan Gemini AI ke dalam pencarian iPhone. Apple akan menangani banyak permintaan AI di seluruh perangkat, sekaligus menggunakan cloud untuk melakukan kontrol yang lebih kompleks.

Apple diperkirakan akan fokus pada AI pada konferensi WWDC 2024 yang berlangsung mulai 10 hingga 14 Juni 2024. Perusahaan dapat mengungkapkan hal itu pihaknya telah mencapai target tersebut. Perjanjian dengan OpenAI untuk mengintegrasikan ChatGPT ke iOS 18.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – iOS 18, pembaruan pada sistem operasi seluler Apple, diharapkan memperkenalkan beberapa fitur dan peningkatan baru yang penting. Apple mengakui iOS 18 akan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple dikabarkan sedang bersiap meluncurkan jam tangan pintar barunya yang disebut-sebut akan diberi nama Apple Watch Series 10. Apple Watch Series 10...

Software

Unbox.id – Apple memperkenalkan fitur Perlindungan Perangkat yang Dicuri di iOS 17.3. Seperti namanya, fitur ini akan memberikan perlindungan tambahan terhadap data pribadi pengguna...

Tech Industry

Unbox.id – Apple akan terus melakukan proses secara bertahap saat merilis layanan Intelijen Apple ke publik. Diketahui, fitur-fitur yang diperkenalkan pada WWDC 2024 ini...