Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

39 Tahun Lalu, Apple Rilis Produk PC “Macintosh”

Apple Macintosh_1
Produk Apple Macintosh telah hadir sebagai produk PC unggulan pada masanya di waktu 39 tahun yang lalu. (Sumber: MacRumors)

Unbox.id – Pada tanggal 24 Januari 1984, atau 39 tahun yang lalu, Apple pertama kali memperkenalkan kepada publik komputer pribadi (PC) Macintosh generasi pertama yang disebut “Macintosh 128K”. Ketika keluar 39 tahun yang lalu, komputer Macintosh generasi pertama tidak berhasil, terjangkau, atau bahkan tidak dapat digunakan sepenuhnya. Namun, Macintosh 128K adalah cikal bakal komputer iMac penuh warna yang kita kenal sekarang. Macintosh 128K adalah komputer Macintosh all-in-one pertama Apple yang dilengkapi dengan mouse dan antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk menampilkan gambar. Berkat desain “All in One”, iMac memiliki konfigurasi yang memungkinkan Anda menempatkan dan menyambungkan CPU dan memori secara bersamaan ke bagian wadahnya, yaitu layar.

Tercipta Dari Inspirasi Jef Raskin

Komputer Macintosh sebenarnya merupakan gagasan dari Jef Raskin, seorang karyawan Apple yang awalnya dipekerjakan untuk memulai divisi penerbitan Apple. Ketika mulai bekerja pada Januari 1978, Raskin membayangkan sebuah komputer yang mudah digunakan.

Akhirnya dia menyewa seorang pengembang untuk mewujudkan visinya. Kemudian, Raskin mengkodekan produk PC komputernya yaitu pto”Macintosh”. “Apple V” direncanakan sebagai nama resmi. Namun, saat dirilis pada 24 Januari 1984, Apple memutuskan untuk tetap menggunakan nama Macintosh dan kemudian menambah storage 128K.

Angka ini tampaknya mengacu pada kapasitas penyimpanan komputer Macintosh yang saat itu sebesar 128 KB. Awalnya, Jef menginginkan komputer Macintosh yang mampu menampilkan gambar, yang keluar pada tahun 1979 seharga $500, atau sekarang $1.920.

Dia juga bermimpi komputer Macintosh tersedia secara komersial pada Natal 1981. Namun, mimpinya gagal. Ini karena pendiri Apple Steve Jobs mengambil alih proyek Macintosh antara akhir 1980 dan awal 1981.

Jef tidak ingin Steve Jobs mengambil alih proyek tersebut. Dia akhirnya meninggalkan tim pengembangan Macintosh pada pertengahan 1981. Kemudian, di awal tahun 1982, Jeff benar-benar keluar dari Apple. Dia kemudian mengembangkan komputer Canon Cat dan menerbitkan buku tentang antarmuka pengguna.

Baca juga: Apple Rilis Update IOS Baru Untuk Versi IPhone Jadul

Produk PC Macintosh 128K

Macintosh 128K_2

Produk PC Apple yaitu Macintosh 128K jadi produk yang teranyar di masanya.(Sumber: Retro Viator)

Kembali ke Macintosh. Setelah Jef pergi, Steve Jobs ingin menambahkan mouse ke komputer yang sedang dikerjakan Jef. Itu sebabnya Macintosh 128K juga memiliki monitor mini yang mampu menampilkan gambar, keyboard, dan mouse satu tombol.

Komputer tersebut dirilis pada Januari 1984 dan dihargai US$2.495 atau setara dengan harga saat ini US$6.695 (sekitar Rp 100 juta dengan kurs saat ini Rp15.000). Harga Macintosh 128K menjadi mahal karena Steve Jobs menuntut spesifikasi yang lebih tinggi. Tak hanya itu, Apple juga mengeluarkan banyak uang, yakni $78 juta, atau setara dengan $209 juta saat ini, untuk memasarkan generasi pertama Macintosh.

Untuk tujuan promosi, Apple merilis iklan Macintosh pertamanya selama Super Bowl XVIII (final sepak bola Amerika), dua hari sebelum dan selama peluncuran. Itu menjadi salah satu iklan fenomenal Apple saat itu. Saat dirilis, Macintosh sedikit lebih sukses daripada Lisa, komputer pribadi komersial pertama yang juga memiliki antarmuka pengguna grafis (GUI) dan mouse.

Publik dikatakan lebih tertarik pada Macintosh 128K daripada Lisa, yang baru dijual seharga $10.000. Apple juga memutuskan untuk menghentikan produksi Lisa pada tahun 1986. Pada saat yang sama, Apple terus mengembangkan komputer Macintosh.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Apple, perusahaan pembuat iPhone, telah mengeluarkan peringatan yang mengerikan kepada pengguna iPhone. Peringatan ini terkait dengan aktivitas pengguna saat mengisi daya ponselnya....

Tech Industry

Unbox.id – Apple akan mengadakan acara “Let Loose” pada 7 Mei 2024. Perusahaan asal Amerika itu diperkirakan akan memperkenalkan beberapa lini iPad, termasuk iPad...

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...