Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Fitur Baru Yang Akan Hadir di Android 13

Android 13 (sumber: zdnet.com)
Android 13 (sumber: zdnet.com)

Jakarta, Unbox.id – Tahun ini Google berencana akan meluncurkan sistem operasi terbarunya yaitu Android 13. OS tersebut akan kembali menggunakan nama menu makanan yakni “Tiramisu”. Android 13 sudah masuk kedalam tahap developer preview 2 yang saat ini hanya diperuntukan bagi para pengembang dalam tahun kedua. Walaupun masih dalam tahap pengembangan, terdapat beberapa fitur baru yang dipamerkan.

Berikut adalah beberapa fitur baru yang akan hadir di Android 13.

Ikon yang dapat disesuaikan

Pada OS Android 13 ini terdapat fitur bernama theme icon. Fitur ini dapat Anda manfaatka agar ikon aplikasi dapat menyesuaikan warna wallpaper yang sedang Anda gunakan. Penyesuaian tersebut akan dilakukan pada bagian warnanya dan tidak berpengaruh terhadap desain ikon aplikasi. Selain itu, terdapat juga dark mode pada fitur terbaru ini.

Izin akses notifikasi

Biasanya ketika menginstal aplikasi baru, seringkali terdapat pop-up untuk memberikan izin akses seperti kamera, lokasi, serta mikrofon. Namun di Android 13 ini terdapat tambahan izin akses baru yakni notifikasi. Bagi Anda yang sering terganggu dengan beberapa notifikasi, dengan adanya fitur ini tentu dapat memudahkan Anda tanpa harus mengaturnya secara manual karena persetujuan sudah dilakukan pada awal aplikasi tersebut di instal.

Keamanan privasi pada galeri

Android 13 edisi pengembang memiliki fitur untuk mengamankan foto maupun video yang tersimpan pada galeri smartphone Anda. OS terbaru ini memungkinkan Anda untuk dapat memperlihatkan foto atau video yang dipilih sesuai keinginan Anda, atau kata lain tidak keseluruhan foto maupun video yang ada di galeri.

Dukungan rendering COLR V.1

Pada Android 13 ini juga menghadirkan fitur font dan emoji yang sudah didukung oleh COLR versi 1. Dengan kecanggihan tersebut Anda dapat merender dengan cepat dan bagus di semua ukuran.

Baca juga: 7 Aplikasi Android Wajib Untuk Naik Gunung

Kontrol multi bahasa

Jika selama ini pengguna hanya dapat mengatur satu bahasa untuk keseluruhan program aplikasi, menu, dan sistem yang dipakai, pada versi terbaru Android ini, Anda dapat menerapkan berbagai bahasa untuk beberapa aplikasi yang Anda inginkan.

Izin aplikasi otomatis

Di versi Android terbaru ini pengembang secara otomatis dapat mencabut izin aplikasi yang tak lagi diperlukan. Seperti misalnya apabila terdapat aplikasi yang tidak memerlukan akses mikrofon, maka sistem Android terbaru ini secara otomatis langsung menonaktifkan izin aplikasi tersebut tanpa Anda harus mengaturnya secara manual.

Kemampuan penulisan teks bahasa asing

Bagi pengguna OS Android 13 yang ada di wilayah seperti Jepang, akan terbantukan dengan fitur format teks bahasa yang lebih jelas dan mudah dibaca. Tak hanya itu, untuk pengguna yang menggunakan bahasa non-latin seperti Tibet, Burma, Tamil, dan yang lainnya juga akan lebih terbantu dengan ketinggian garis adaptif yang semakin jelas. Selain itu, hadirnya teknologi API juga akan membantu Anda yang menggunakan huruf fonetik seperti Tiongkok dan Jepang untuk melakukan pencarian dengan mudah dan melengkapi teks secara otomatis.

Baca juga: 5 Rekomendasi Browser Android Ringan

Android 13 (sumber: beebom.com)

Android 13 (sumber: beebom.com)

Sistem operasi Android 13 “Tiramisu” saat ini masih dalam tahap pengembangan oleh para developer. Kemungkinan besar OS terbaru Android ini akan diluncurkan secara resmi pada bulan Juli hingga Agustus mendatang.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: zdnet.com, beebom.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Unbox.id – Musim hujan yang tidak menentu dapat menyebabkan sebagian orang kehilangan rutinitas bahkan kegembiraannya. Misalnya koneksi internet ke ponsel yang Anda gunakan tiba-tiba...

Artikel

Unbox.id – Serangan siber terus meningkat terutama melalui aplikasi smartphone. Oleh karena itu, perusahaan keamanan siber menyarankan untuk memperbarui aplikasinya. Tujuannya tidak hanya untuk...

Hardware

Unbox.id – Selain smartphone dengan tingkat radiasi tertinggi, terdapat juga daftar smartphone dengan tingkat radiasi terendah. Smartphone seri ini tercatat memiliki radiasi paling rendah...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Smartphone tipe entry level buatan Vivo terbaru akhirnya memulai debut di India baru-baru ini. Ponsel cerdas yang satu ini adalah Vivo...