Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech News

Olympus E-M10 Mark II Sasar Traveler Penyuka Mirorrless

Olympus E-M10 Mark II adalah kamera yang ditujukan untuk para traveler yang mencari kamera mirrorless berfitur lengkap dan harga terjangkau.

Perkembangan teknologi internet dan kamera digital memiliki peran penting yang membuat traveling kini menjadi tren dan gaya hidup. Karena biasanya pada saat Anda jalan-jalan, pasti diselingi dengan foto-foto. Tak lupa Anda pun kemudian membagi hasilnya di media sosial baik itu Facebook, Twitter, atau Instagram. Bahkan menuliskan kisah perjalanannya dalam bentuk jurnal atau blog. Hingga muncullah istilah travel blogger.

Agar perjalanan wisata lebih nyaman, jenis kamera yang menjadi favorit travelers adalah mirrorless.  Alasan utamanya adalah karena bentuknya yang ringkas sebesar kamera saku, namun memiliki ketangguhan yang sama dengan kamera DSLR. Sehingga lebih hemat tempat dan juga ringan. Selain itu, kamera mirrorless membuat memotret human interest tidak canggung dan mudah berbaur dengan masyarakat karena tidak mencolok sebagai fotografer profesional, namun lebih dianggap seperti turis kebanyakan.

“Kemampuan IS penting untuk kebutuhan travellers, terutama yang mempunyai kemampuan IS Body based, seperti Olympus E-M10 Mark II”

Namun, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan saat memilih kamera mirrorless. Bagian terpenting yang harus diperhatikan adalah sensor yang digunakan, karena inilah yang menentukan kualitas hasil foto. Selanjutnya ketersediaan lensa kamera yang beragam. Walaupun untuk traveling, Anda mungkin tidak akan membawa lensa banyak. Bagian ketiga yang tak kalah penting adalah image stabilization (IS).

Kamera untuk Travel

Image Stabilization Penting untuk Kebutuhan Travellers

Teknologi image stabilization dibuat untuk mengkompensasi goyangan (shake) kamera saat kita memotret supaya fotonya lebih tajam. Secara garis besar fungsi IS berguna untuk mendapatkan hasil gambar yang stabil dan tajam ketika memotret dengan kondisi low light (yang membutuhkan slow speed) atau saat kondisi kamera terguncang ketika dalam mode video recording. Sehebat dan semahal apapun lensa, saat kamera mengalami shake maka hasil foto akan berkurang ketajamannya.

Pada umumnya IS memiliki 2 jenis yaitu yang terdapat pada lensa (lens-based) dan pada body kamera (body-based). Nah, IS pada lensa menggunakan sebuah elemen optic tambahan yang terbatas hanya bekerja pada 2-axis saja yaitu pada sumbu x dan y. Biasanya, mereka menyematkan IS pada body kamera 3 axis, lensa 2 axis.

Namun kini teknologi IS semakin berkembang. Salah satunya dipelopori oleh Olympus yang membenamkan IS pada body kamera dengan 5 axis. Dengan menyatukan IS pada body kamera, maka hasilnya lebih optimal. Menggunakan lensa tanpa teknologi IS pun, dijamin hasilnya tetap stabil.

Olympus E-M10 Mark II

Olympus E-M10 Mark II

Salah satu teknologi IS 5-axis ini diterapkan di kamera mirrorless Olympus OMD E-M10 Mark II. Nah, Teknologi 5 Axis yang terdapat pada body kamera Olympus OMD E-M10 Mark II bekerja dengan cara menggerakan image sensor sesuai arah gerakan pada sumbu x dan y, gerakan pitch (seperti gerakan mengangguk), yaw (seperti gerakan menggeleng) dan rolling (seperti gerakan lensa memutar).

Berkat IS 5-axis pada OMD E-M10 Mark II, para travelers dapat memotret dengan kecepatan shutter lambat tanpa khawatir hasilnya blur. Ketika kamera sedang merekam video, gambar yang dihasilkan pun menjadi jauh lebih stabil layaknya perekaman movie oleh para professional.

Sebagai informasi, Olympus E-M10 Mark II adalah kamera mirrorless di lini OM-D yang ditujukan untuk para traveller yang mencari kamera mirrorless dengan fitur lebih lengkap dan serius dengan harga yang terjangkau. Kamera seri OM-D mempunya ciri fisik mirip DSLR, dengan jendela bidik di bagian atas, bukan di samping kiri seperti kamera mirrorless rangefinder pada umumnya serta punya banyak kendali untuk aneka setting.

Olympus E-M10 Mark II

Fisiknya Mirip DSLR

Di generasi kedua dari lini E-M10 ini, selain memberikan 5 axis stabilizer, juga terdapat peningkatan lain seperti electronic shutter, jendela bidik semakin detail, video dengan 60 fps, built-in flash serta fitur baru seperti 4K timelapse dan AF target pad. Dengan berbagai fitur tersebut, niscaya Olympus E-M10 Mark II adalah kamera mirrorless yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan para travellers.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Unboxing

Jakarta, Unbox.id — Produk smartphone terbaru buatan Huawei, yakni Pura 70 Ultra memberikan penawaran fitur retractable camera, atau kamera yang dapat ditarik. Sejatinya, fitur...

Kamera

Jakarta, Unbox.id — Xiaomi terus memperluas jajaran produknya, menawarkan berbagai perangkat pintar yang cocok untuk hampir semua orang dan tujuan apa pun. Kali ini,...

Kamera

Unbox.id – Manfaat kamera mirrorless dalam dunia fotografi modern tidak bisa dianggap remeh. Alasannya karena keunggulan kamera mirrorless telah merevolusi cara fotografer memandang proses...

Kamera

Unbox.id – Jenis kamera yang digunakan sangat penting bagi setiap orang sebelum memasuki dunia fotografi. Pasalnya dengan memahami detail kamera, maka hasil pengambilan momen...