Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech News

Facebook Berencana Menggabungkan Messenger, WhatsApp, Dan Instagram

Last updated on 29 Januari, 2019

Unbox.idMenurut laporan dari The New York Times, Facebook mungkin berniat menggabungkan beberapa layanan terbesar dan paling banyak digunakan.

Menurut laporan itu, Mark Zuckerberg menegaskan kekuasaannya atas divisi yang berbeda dari perusahaan tersebut dan merencanakan untuk menggabungkan layanan pesan utama. Rencananya memungkinkan pengguna Messenger, WhatsApp, dan Instagram untuk bisa mengobrol satu sama lain, berdasarkan dari platform yang mereka gunakan.

Yang cukup penting, laporan itu mencatat bahwa Zuckerberg juga telah memerintahkan aplikasi untuk mengadopsi enkripsi edge to edge, menandai langkah besar ke depan untuk aplikasi seperti Messenger dan Instagram dalam hal keamanan. WhatsApp sudah memiliki enkripsi edge to edge. Enkripsi ini pada dasarnya berarti hanya orang dalam percakapan yang dapat melihat apa yang mereka bicarakan – sementara pesan yang tidak terenkripsi berpotensi disadap oleh pihak lain.

Langkah ini akan menjadi perubahan signifikan bagi ketiga layanan tersebut. Sementara Facebook dan Instagram telah memiliki beberapa integrasi, WhatsApp telah dikembangkan secara terpisah dari Facebook sejak mereka mengakuisisinya dengan harga sebesar $ 19 miliar pada tahun 2014 silam.

Facebook muncul untuk mengkonfirmasi laporan dalam sebuah pernyataan dari The New York Times. Perusahaan mengatakan bahwa mereka ingin “membangun pengalaman berkirim pesan terbaik; dan orang ingin mengolah pesan lebih cepat, sederhana, andal, dan private. Kami sedang berupaya membuat produk perpesanan kami yang terenkripsi end to end dan mempertimbangkan cara-cara untuk membuatnya lebih mudah menjangkau teman dan keluarga di seluruh jaringan. ”

Rencana untuk mengintegrasikan berbagai layanan ini tampaknya tidak berjalan sesuai keinginan Zuckerberg. Karyawan WhatsApp dilaporkan sangat frustrasi dengan rencana tersebut, sebagian besar karena kekhawatiran akan masalah privasi. Anonimitas adalah bagian terbesar dari WhatsApp dan Instagram, sedangkan di Facebook anda harus mendaftar dengan nama asli. Mengingat itu, saat ini belum jelas bagaimana Facebook akan mendekati integrasi dari ketiga layanan tersebut.

Jadi kapan kita dapat mengirim pesan ke seluruh layanan ini? The New York Times menyebutkan bahwa peluncuran yang direncanakan pada tahun 2020 walaupun masih simpang siur.

Baca juga – Facebook Event Kini Bisa Dibagikan Ke Stories

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru untuk memberikan informasi tentang kontak yang baru saja diunggah. Untuk memperkuat posisi WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan nomor...

Software

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Tech Industry

Unbox.id – Threads adalah platform dengan jumlah pengguna yang tumbuh paling cepat, meskipun platform jejaring sosial Meta baru berumur kurang dari satu tahun. Threads...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...