Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech News

Google Fi Akan Didukung Dengan RCS

Last updated on 21 Januari, 2019

Unbox.idPengguna Google Fi bisa berkirim pesan teks yang jauh lebih baik kedepannya. Google mengumumkan bahwa mereka meluncurkan RCS Chat ke jaringan Google Fi, yang berarti penggunanya bisa berkirim gambar dan video dengan resolusi HD, tanda pesan terbaca, indikator mengetik, dan banyak lagi.

Chat, yang sebagian besar dikembangkan oleh Google, telah diluncurkan secara terbatas pada provider luar seperti Verizon, Sprint, dan T-Mobile. Mengingat Google memegang andil besar dalam perkembangannya, agak aneh melihat chat standar datang ke Google Fi. Standar ini berfungsi dengan baik pada Pixel, Moto G6, LG V35, LG G7, dan Android One Moto X, meskipun bisa bekerja pada ponsel Android lainnya selama mereka menggunakan aplikasi Google Messages. Anda akan tahu apakah ponsel anda support atau tidak – mereka yang memiliki aplikasi Messages akan melihat konfirmasi akan fitur RCS jika tersedia. Chat merupakan versi standar dari Rich Communication Services, atau RCS.

Fitur besar lainnya dalam RCS adalah Business Messaging, yang memungkinkan pengiriman pesan yang lebih interaktif dengan berbagai perusahaan.

Meskipun Chat memang menyajikan banyak keuntungan bagi pengguna smartphone, namun tak disangkal kalau ada juga beberapa kelemahannya. Sebagai permulaan, chat tidak dienkripsi edge to edge sebagaimana layanan pesan lainnya, seperti iMessage. Ini berarti bahwa ketika Allo dihapus nanti, Google tidak akan menawarkan layanan olah pesan terenkripsi kepada pelanggannya. Dukungan terhadap RCS mulai tersedia untuk pelanggan Google Fi mulai Senin ini.

Pada akhirnya, semua operator dan pabrikan akan mendukung Chat standar, tetapi ada beberapa yang tidak sepakat juga. Rumor menunjukkan Apple sedang “dalam diskusi” untuk mendukung Chat di beberapa bagian, Apple tidak akan terburu-buru mengikuti langkah ini mengingat mereka sudah memiliki iMessage untuk komunikasi antar iPhone.

Selain kabar peluncuran ini, Google juga menawarkan kecepatan LTE yang lebih baik pada pelanggan Google Fi. Kecepatan yang cepat ini akan tersedia pada 33 negara lagi, menjadikannya pilihan yang sangat bagus bagi mereka yang sering bepergian. Negara-negara itu meliputi negara dari Eropa, Hong Kong, Inggris, dan banyak lagi.

Baca juga – Google Bakal Tutup Allo Tahun 2019 Mendatang

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan memberikan dukungan untuk layanan email RCS mulai tahun 2024. Keputusan tersebut mengakhiri salah satu “perselisihan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, platform perpesanan berlogo gagang telepon milik Meta, yaitu WhatsApp meminta penggunanya untuk melakukan verifikasi email. Verifikasi tersebut berlaku untuk...

Artikel

Last updated on 23 Oktober, 2023 Jakarta, Unbox.id – Ponsel cerdas telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Kita menggunakannya untuk berkomunikasi,...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Pembaruan fitur terus berjalan di aplikasi perpesanan WhatsApp dengan berbagai layanannya yang unik. Di antara berbagai fitur unik yang ada di...