Artikel

Mau Mengirim File Tapi Ukurannya Terlalu Besar ? Ini Solusinya !!!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Unbox.id – Perlu mentransfer sesuatu yang besar ke seseorang melalui internet, tetapi tidak tahu cara mengirim file besar secara online? Mentransfer file besar dapat dilakukan dengan beberapa cara. Berikut metode sederhananya

 

  • Kompreslah file sebelum mengirim

Terlepas dari bagaimana anda memilih cara untuk mengirim file, membuat file lebih kecil akan membantu dalam menyimpan file. Mengompres  file bukan hanya akan menyusutkan file yang akan anda kirim, tetapi ini juga akan membuat proses mentransfer file berjalan lebih cepat. Ini juga berlaku untuk pengguna smartphone.

Jika anda mentransfer musik atau video, sebaiknya gunakan RAR daripada ZIP karena dengan menggunakan algoritma kompresi yang lebih baik yang biasanya mengurangi resiko kehilangan data dan corrupt.

  • Unggah ke Cloud storage

Opsi terbaik dan yang paling populer untuk mentransfer file besar adalah mengunggahnya ke layanan penyimpanan online ke si penerima. Berkat maraknya layanan cloud, ada jutaan jenis layanan ini, jadi ini beberapa yang bagus menurut kami.

  • Google Drive

Google Drive menawarkan penyimpanan gratis hingga berkapasitas 15GB dan memungkinkan anda bisa berbagi file besar, seperti gambar dan video, hanya dengan beberapa klik. Bahkan memiliki opsi pencadangan dan sinkronisasi, yang merupakan fitur berguna untuk dimiliki.

Jika anda sudah memiliki akun Gmail, anda tidak bisa mengalahkan kesederhanaan Drive, karena ini secara efektif dibangun langsung di dalam layanan email. Anda bisa melampirkan file ke email yang disimpan di akun drive anda untuk dibagikan hanya dengan mengklik logo Google Drive.

Anda bisa memutakhirkan Drive anda ke versi berbayar untuk 100GB akan dikenakan biaya $ 2 per bulan atau untuk penyimpanan 1.000GB dikenakan biaya $ 10. Ada juga opsi untuk 10TB sebesar $ 100 per bulan.

  • Dropbox

Paling sering sekali dibandingkan dengan Google Drive, Dropbox merupakan opsi penyimpanan cloud lainnya yang menawarkan ruang penyimpanan gratis sebesar 2GB dan opsi berbagi. Rangkaian fitur dasar kurang lebih sama dengan yang dimiliki Google Drive, tetapi Dropbox juga menawarkan aplikasi seluler untuk perangkat non-Android dan iOS, seperti Kindle Fire.

Anda bisa memperluas lagi opsi penyimpanan anda dengan beberapa cara menarik, tetapi anda harus memiliki akun premium. Dengan dikenakan biaya $ 10 sebulan, anda bakal mendapatkan akun Plus dengan penyimpanan sebesar 1 terabyte, sementara $ 20 sebulan akan memberikan beberapa fitur canggih, dengan kontrol berbagi lanjutan, termasuk kemampuan untuk mengatur kata sandi dan membuat link yang kedaluwarsa.

  • OneDrive

Layanan OneDrive Microsoft telah mengalami peningkatan dan perubahan yang signifikan selama bertahun-tahun, menjadikannya salah satu solusi yang lebih kompetitif untuk menyimpan file dan folder secara online. Dengan sistem berbagi folder, bisa dapat membagikan apa pun yang Anda inginkan kapan saja. Paket gratis akan memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 5 gigabyte, sementara dengan biaya $ 2 per bulan akan meningkatkan ruang penyimpannya menjadi 50GB. Paket $ 7 per bulan meningkatkannya menjadi satu terabyte. Jika anda berlangganan Office 365, anda juga dapat menikmati penyimpanan OneDrive 1TB secara gratis sebagai bagian dari paket Anda.

  • Gunakan File Transfer Protocol (FTP)

Ketika penyimpanan cloud menjadi lebih populer, metode lama seperti FTP – File Transfer Protocol – sebagian besar tidak disukai dan hanya menjadi berita utama ketika para hacker mengacaukannya. Tetapi jika anda tidak ingin mengompres file anda sebelum mengirimnya, FTP merupakan pilihan terbaik Anda. Protokol ini dirancang untuk mentransfer file besar, dan yang anda butuhkan untuk mulai menggunakannya adalah client FTP yang tepat.

  • Cyberduck

Cyberduck adalah client FTP open-source dan gratis untuk MacOS dan Windows Vista, 7, 8, dan 10. Cyberduck menawarkan antarmuka yang hebat dan banyak fitur canggih. Protokol yang didukung termasuk FTP, SFTP, WebDAV, Amazon S3, dan banyak lagi.

  • Filezilla

FileZilla bisa berjalan di Mac, Linux, atau versi Windows yang mana saja. Seperti kebanyakan perangkat lunak yang kompatibel dengan Linux, FileZilla sepenuhnya gratis, open source, dan mendukung berbagai protokol transfer.

  • sFTP Client untuk Chrome

Sepertinya semua orang menggunakan Google Chrome sebagai browser pilihan akhir-akhir ini, jadi tidak ada salahnya untuk memasukkan ekstensi sFTP Client Chrome kedalam daftar. Dengan ekstensi ini, anda tidak perlu repot mengunduh dan menginstal client transfer file; transfer dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah di dalam browser itu sendiri.

Baca Juga – Ingin Mengkonversi File Video ? Ini Rekomendasi Kami !

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top