Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Selalu Periksa Suhu CPU Anda Agar Tidak Terpanggang Dengan Tips Ini

Last updated on 31 Desember, 2018

Unbox.id – Ada banyak status penting yang harus diperhatikan jika ingin menjaga kesehatan PC anda, tetapi hanya beberapa hal sama pentingnya dengan suhu komponen utama seperti prosesor sentral. Jika anda kurang yakin bagaimana melakukannya, jangan khawatir, ada sejumlah cara cepat dan mudah untuk mengawasi CPU anda terpanggang.

Dalam panduan ini kami akan memandu anda tentang bagaimana cara tepat memeriksa suhu CPU anda. Jika anda merasa CPU anda berjalan lebih panas dari yang diharapkan, berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana membuatnya tetap dingin.

Anda tidak perlu masuk ke UEFI/BIOS untuk mengukur suhu CPU anda. Aplikasi pemantauan yang menggunakan sensor suhu yang sama di sistem anda seperti UEFI/BIOS, tetapi membuatnya dapat diakses langsung melalui Windows. Itu berarti anda bisa memeriksanya tanpa harus me-restart PC dan anda juga bisa memaksakan CPU anda untuk melakukan sesuatu yang sulit sehingga anda dapat melihat seberapa panas CPU anda saat bekerja.

Ada sejumlah aplikasi pihak pertama dan ketiga yang bisa anda gunakan untuk akses yang cepat dan mudah ke suhu CPU anda dan juga dilengkapi informasi lainnya. Beberapa di antaranya mungkin sedikit berlebihan, tetapi jika anda hanya ingin mengetahui cara memeriksa suhu CPU anda, yang tercantum di bawah ini akan membantu anda.

  • Intel XTU

Jika anda menggunakan prosesor Intel Core, maka Intel Extreme Tuning Utility (XTU) merupakan cara terbaik untuk memeriksa seberapa panas prosesor PC anda saat bekerja. Meskipun dirancang sebagai alat overclocking, Intel XTU hadirkan sejumlah fungsi pemantauan juga.

Langkah 1: Untuk mengetahui seberapa panas CPU anda saat menjalankannya, download programnya dari Intel download centre dan instal.

Langkah 2: Dengan mem-boot-nya, anda akan dihadirkan sejumlah informasi, tetapi di panel bawah layar utama, anda akan melihat beberapa informasi penting terkait CPU anda. Namun yang paling penting untuk panduan khusus ini adalah “package temperature,” dan grafik. Disana akan mencantumkan seberapa panas suhu CPU anda.

Langkah 3: Anda juga bisa melihat seberapa keras CPU anda bekerja menurut persentase “CPU Utilization” -nya. Semakin tinggi persentase-nya, semakin banyak CPU yang melakukannya.

  • AMD Ryzen Master

Langkah 1: Jika anda menggunakan salah satu prosesor Ryzen AMD yang baru, anda dapat menggunakan Ryzen Master milik AMD. Alat ini bekerja dengan cara yang hampir mirip dengan Intel XTU, tetapi untuk prosesor Ryzen. Download program tersebut di AMD download centre dan instal.

Langkah 2: Selain kemampuan tweak core clock, program ini juga memiliki monitor suhu CPU yang bisa anda pantau di sisi kiri. Seperti XTU, ada juga grafik yang bisa mengatur suhu CPU anda dari waktu ke waktu, bahkan membagi core-nya, sehingga anda bisa mengetahui apakah masing-masing core menjadi lebih panas daripada yang lain.

Langkah 3: Ryzen Master juga dapat memberi anda pembacaan rata-rata dan peak, sehingga anda dapat melihat seberapa panas CPU anda dalam jangka waktu yang lama.

  • Alternatif: HWMonitor

Solusi pemantauan PC klasik, HWMonitor bisa memberi tahu segala hal tentang berbagai komponen di sistem anda, mulai dari voltase yang dibutuhkan – hingga suhu yang digunakan. Program ini tidak menampilkan segala macam alat overclocking dan tampilan antarmuka nya sederhana, bersih, ringan dan mudah diurai.

Baca juga – Berkirim Pesan Di Instagram Kian Mudah Dengan Fitur Pesan Suara, Begini Caranya !

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp merilis fitur ‘Status’ pada awal tahun 2017, dan mirip dengan Snapchat atau Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi...

Hardware

Jakarta, Unbox.id – CPU atau unit pemrosesan komputer merupakan komponen paling penting yang ada di laptop maupun PC. Perawatan yang baik sangat penting untuk...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Pengguna Google Drive di Android sudah lama memiliki kemampuan untuk memindai dokumen dan menyimpannya sebagai PDF. Namun, baru-baru ini Google telah...

Hardware

Jakarta, Unbox.id – AMD merupakan salah satu perusahaan ternama yang memproduksi unit pemrosesan komputer di dunia. Kabar terbaru, mereka akan kembali merilis inovasi terbaru...