Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Pertimbangkan Dalam Memilih Kabel Ethernet

Unbox.id – Semua kabel Ethernet memiliki fungsi dasar yang sama – untuk menghubungkan perangkat ke jaringan, seperti internet. Namun, tidak semua kabel Ethernet persis sama. Penunjukan Ethernet, seperti banyak hal dalam standar jaringan modern, bisa jadi sulit untuk ditafsirkan dan dipahami. Untungnya, anda datang ke tempat yang tepat. Teruslah membaca untuk mengetahui kabel mana dan situasi yang tepat untuk anda.

Setelah anda mengetahui jenis kabel yang dibutuhkan, inilah pilihan kabel Ethernet terbaik yang dapat anda beli.

  • MULAILAH DENGAN SEBUAH PERTIMBANGAN

Cara termudah untuk memilih kabel adalah memilih kabel dengan kisaran dan kinerja yang anda butuhkan. Tapi apa yang kamu butuhkan?

Mulai dengan kecepatan koneksi internet rumah anda. Jika anda memiliki internet berkecepatan gigabit, kabel Ethernet yang lama akan menahan kecepatan maksimal internet tersebut. Tetapi jika anda memiliki koneksi yang lebih lambat, anda cocok dengan Cat 5 atau yang lebih baru.

Selanjutnya, pertimbangkan kecepatan yang anda butuhkan untuk jaringan anda. Ini sejujurnya tidak relevan bagi sebagian besar pengguna rumahan. Tetapi jika anda sering memindahkan file yang berukuran besar antar komputer, atau streaming konten video dengan bandwidth sangat tinggi, kabel Ethernet yang lebih baik bisa membuat perbedaan.

Pertimbangkan juga dengan router anda. Beberapa router murah hanya mendukung Ethernet hingga 100 megabit per detik, sehingga akan menghambat kecepatan akses internet. Bahkan router rumah terbaik jarang mendukung lebih dari gigabit Ethernet, sehingga Cat 6a dan Cat 7 banyak dipertanyakan oleh penggunaannya.

Dengan semua hal di atas, kabel Cat 6 adalah kabel yang kemungkinan besar anda perlukan, dan sebagian besar rumah cocok dengan Cat 5e.

  • APA MAKNA DARI ‘CAT’?

Jika anda pernah mencari kabel Ethernet secara online, anda mungkin memperhatikan bahwa hampir seluruh kabel-kabel ini selalu diklasifikasikan sebagai “Cat-5,” “Cat6e,” atau yang serupa. “Cat” disini merupakan singkatan dari “Category,” dan angka yang mengikutinya menunjukkan spesifikasi kabel yang diproduksi. Aturan umumnya adalah angka yang lebih tinggi mewakili kecepatan yang lebih cepat dan frekuensi yang lebih tinggi, diukur dalam Mhz. Seperti halnya dengan kebanyakan teknologi, kabel yang lebih baru cenderung mendukung bandwidth yang lebih tinggi, dan karena kabel ini mampu meningkatkan kecepatan download dan koneksi yang lebih cepat.

Perlu diingat bahwa kabel Ethernet yang lebih panjang akan menghasilkan kecepatan transmisi yang lebih lambat, meskipun kabel yang dibeli untuk penggunaan pribadi jarang lebih dari 100 meter.

Di bawah, anda dapat melihat perbedaan kemampuan setiap jenis kabel.

Cat 3 Dan Cat 5

Pada saat ini, Kabel Ethernet Cat 3 dan Cat 5 dianggap sudah usang. Bukan hal yang aneh untuk melihat masih ada yang menggunakan kabel Cat 5, tetapi anda bahkan tidak perlu berpikir untuk mencoba membeli salah satu dari kabel Ethernet ini. Kabel ini memiliki koneksi yang lambat, dan tidak ada juga yang memproduksinya lagi.

Cat 5e

“E” pada Cat 5e berarti “enhanced.” Tidak ada perbedaan fisik antara kabel Cat 5 dan Cat 5e, tetapi Ethernet 5e dibangun di bawah standar pengujian untuk menghilangkan crosstalk – yaitu, transfer sinyal yang tidak diinginkan antara saluran komunikasi . Cat 5e saat ini merupakan jenis Ethernet yang paling umum digunakan, terutama karena budget produksinya yang rendah dan mendukung kecepatan yang lebih cepat daripada kabel Cat 5 yang lama.

Cat 6

Kabel Cat 6 mendukung bandwidth yang jauh lebih tinggi daripada kabel Cat 5 dan Cat 5e, meskipun Cat 6 memiliki harga yang lebih mahal. Kabel Cat 6 lebih rapat dari pendahulunya, dan dilengkapi dengan pelindung foil atau dikepang. Pelindung ini melindungi sambungan benang kabel di dalam kabel Ethernet, membantu mencegah crosstalk dan gangguan noise. Secara teknis Cat-6 mendukung kecepatan hingga 10 Gbps, tetapi hanya bisa dalam radius hingga 55 meter.

Cat 6a

“A” pada Cat 6a merupakan singkatan dari “augmented.” Dibandingkan dengan Cat 6 biasa, kabel 6a mendukung dua kali bandwidth maksimum, dan mampu mempertahankan kecepatan transmisi yang lebih tinggi dengan panjang kabel yang lebih panjang. Kabel Cat 6a selalu dilindungi, dan selubungnya – yang cukup tebal bertujuan untuk menghilangkan crosstalk sepenuhnya – membuatnya menjadi jauh lebih padat namun kurang fleksibel daripada Cat 6.

Cat 7

Cat 7 memanfaatkan teknologi Ethernet terbaru yang banyak tersedia, dan mendukung bandwidth yang lebih tinggi lagi dengan kecepatan transmisi yang jauh lebih cepat daripada kabel Cat 6. Kabel ini secara proporsional lebih mahal daripada kabel-kabel Ethernet lainnya, meskipun kinerjanya juga mencerminkan harga. Cat 7 mampu mencapai kecepatan hingga 100 Gbps dalam 15 meter, menjadikannya sebuah pilihan yang sangat baik untuk menghubungkan modem atau router langsung ke perangkat anda. Kabel Cat 7 juga selalu dilindungi, dan menggunakan konektor GigaGate45 yang dimodifikasi, yang kompatibel dengan port Ethernet biasa.

Cat 7a

Meskipun tidak tersedia secara luas dan beberapa opsi hardware jaringan pendukung, Cat 7a saat ini menawarkan kabel Ethernet dengan spesifikasi tertinggi yang bisa anda beli. Meskipun kecepatan transmisi tidak jauh berbeda dengan Cat 7, Cat 7a menawarkan peningkatan bandwidth lebih dari 50 persen. Kabel ini juga jauh lebih mahal daripada yang lain, jadi harus benar-benar dipertimbangkan jika memang sangat dibutuhkan.

Baca juga – Lakukan Ini Jika MacBook Anda Tidak Bisa Tersambung ke Wi-Fi

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Operator

Unbox.id – Layanan Internet satelit Elon Musk akan tersedia di IKN (ibu kota nusantara). Hal itu diumumkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut...

Software

Unbox.id – Pusat data Bitera yang berbasis di Indonesia mengumumkan siap beroperasi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Tedy Harjanto, CEO Bitera, meyakini Indonesia, khususnya...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Sony telah mengajukan paten yang dapat merevolusi cara bermain video game. Paten tersebut telah naik pada Agustus 2023 lalu, menjelaskan sebuah...

Tech Industry

Unbox.id – Pernahkah Anda membaca headline yang mengandung unsur clickbait? Judulnya eksplosif dan mengundang rasa penasaran, padahal isinya belum tentu sama. Situs clickbait ini...