Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Selamat Tinggal Android 4.0

Last updated on 19 Desember, 2018

Unbox.idSiapa pun yang memiliki ponsel jadul yang masih menjalankan Android 4.0 mungkin masih ingin terus melihat berbagai peningkatan pada perangkat mereka. Tapi ini mungkin takkan menjadi kenyataan, pasalnya karena Google telah mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri dukungan mereka untuk Android versi lama ini.

Google mengumumkan kabar ini melalui Android Developers Blog bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk Android 4.0 atau juga lebih dikenal sebagai Ice Cream Sandwich (ICS). Google Play Store tidak akan lagi memperbarui aplikasi Android Package Kit (APK) di luar versi 14.7.99. Perubahan ini diumumkan terutama karena mengingat usia ICS yang sudah tua dan penggunaannya yang terbatas saat ini. Google menjelaskan: “Platform Android Ice Cream Sandwich (ICS) telah berusia tujuh tahun dan jumlah perangkat aktif berada di bawah 1%.”

 

Ini mengindikasikan bahwa perangkat Android 4.0 masih akan terus berfungsi beserta aplikasi yang telah diinstal di dalamnya, tetapi untuk update aplikasinya cenderung membutuhkan setidaknya telah menjalankan Android 4.1, juga dikenal sebagai Jelly Bean. Developer aplikasi harus mempertahankan dua versi dari aplikasi mereka, satu untuk pengguna Ice Cream Sandwich dan satu lagi untuk Jelly Bean dan pengguna di atas kedua Android tersebut, atau mereka harus menerima kenyataan bahwa aplikasi mereka tidak lagi support dengan ICS. Dalam praktiknya, sebagian besar developer yang belum mendapatkan dukungan pada perangkat Android lama tidak akan mau berurusan pada aplikasi Android dengan dua versi yang berbeda dan akan lebih baik jika mereka mengakhiri dukungan untuk Android ICS ke bawah.

Ice Cream Sandwich memulai debutnya pada tahun 2011 silam dan sebagian besar dari pengguna Android telah lama meng-upgrade perangkat mereka ke versi yang lebih baru. Versi terbaru dari perangkat lunak yang umumnya tersedia saat ini adalah Android 9.0, juga dikenal sebagai Pie, yang dirilis pada bulan Agustus 2018.

Perubahan ini hanya mempengaruhi sekitar 0,3 persen pengguna Android yang menjalankan Android ICS dengan hampir 2 miliar perangkat Android, ini bisa juga berarti ada sekitar 6 juta perangkat akan terpengaruh dengan perubahan ini. Sepertinya juga ada banyak dari perangkat ini yang tidak lagi digunakan secara berkala, dan sebagian besar mungkin tersimpan saja dirumah atau terbuang di kumpulan barang-barang rongsokan.

Baca juga – Update Terbaru Android Auto Terfokus Pada Perpesanan Dan Media

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google telah memperbarui fitur Penjelajahan Aman default di Chrome untuk memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap situs jahat. Hingga saat ini, fitur...

Tech Industry

Unbox.id – Seorang mantan insinyur Google baru-baru ini ditangkap di California karena mencuri lebih dari 500 file berisi rahasia dagang terkait kecerdasan buatan (AI)....

Tech Industry

Unbox.id – Google telah mengumumkan inisiatif strategis dengan BSSN (Otoritas Siber dan Mata Uang Kripto Nasional). Inisiatif ini diumumkan bersamaan dengan acara Lab Kebijakan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Last updated on 9 Maret, 2024 Jakarta, Unbox.id — Google Pixel Watch 3 telah menjadi rumor akhir-akhir ini. Kini, rumor yang beredar di internet...