Social Media

Google Hangout Akan Ditutup Tahun 2020

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Unbox.id – Sepertinya perjalanan Google Hangouts akan segera berakhir. Seperti yang dilansir dari 9to5Google, Google Hangouts direncanakan untuk ditutup bagi konsumen di beberapa titik pada tahun 2020 mendatang.

Berita ini tidak terlalu mengejutkan. Google sering kali mendapat olokan karena memiliki banyak aplikasi perpesanan, dan Google baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan mengalihkan perhatiannya ke Android Messages dan integrasi dengan pesan standar RCS “Chat”. Bukan hanya itu, perlu diketahui juga Google telah menghentikan pengembangan aplikasi Hangouts lebih dari setahun yang lalu.

Mengingat bahwa Google telah menghadirkan berbagai fitur terbaru kedalam aplikasi perpesanan yang lain, banyak pelanggan telah banyak yang hijrah dari Google Hangouts tetapi masih ada pengguna yang masih setia yang lebih memilih untuk tetap menggunakan layanan ini lebih lama lagi. Aman untuk dikatakan, jika anda belum beralih dari Google Hangouts, maka anda akan segera melakukannya pada tahun 2019.

Penting untuk diperhatikan bahwa tidak semua dari Hangouts akan hilang. Nama Hangouts akan tetap ada di layanan Chat G Suite dan Hangouts Meet G Suite, yang difokuskan untuk bisnis dan ditujukan bagi mereka yang mungkin tertarik dengan layanan yang mirip dengan Slack.

Mudah-mudahan, ini menandakan awal dari pendekatan yang jauh lebih efisien dalam mengirim pesan dari Google. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Google telah meluncurkan beberapa layanan perpesanan selama beberapa tahun belakangan dan banyak dari aplikasi tersebut malah gagal. Setelah Hangouts, Google kemudian meluncurkan Allo – tetapi mengingat Allo hanya mengizinkan pengguna untuk mengirim pesan kepada sesama pengguna Allo, ini tidak benar-benar tidak cocok untuk diterapkan.

Sebaliknya, Google kini merangkul RCS yang merupakan singkatan dari Rich Comunication Service, layanan chat yang bisa melakukan hal-hal seperti pesan grup, transfer file yang lebih besar, tanda pesan terbaca, dan banyak lagi. Ini adalah standar perpesanan yang jauh lebih unggul dari SMS standar, dan semoga dapat digunakan untuk berkirim pesan ditahun 2018 ini bahkan hingga lintas platform. Tentu saja, ada perusahaan yang belum mengumumkan akan menggunakan RCS. Yakni, Apple masih tetap bersikukuh diam tentang standar terbaru ini, kemungkinan karena fakta bahwa Apple sudah dianggap sebagai juara layanan perpesanan berkat iMessage. Namun, semoga, Apple akan mengadopsi RCS untuk obrolan lintas platform, di mana Apple dan pengguna Android bisa saling berkirim pesan.

Baca juga – Tumblr Untuk iOS Menghilang Dari App Store

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top