Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Begini Cara Membersihkan Layar Laptop Anda Yang Baik !!

Last updated on 14 Desember, 2018

Unbox.id – Tampilan modern pada laptop berukuran besar maupun kecil memberikan tampilan yang sangat detail dan kaya akan warna, terkadang juga laptop ini sedikit kotor. Entah anda membiarkannya terbuka terlalu lama dan sehingga barang kesayangan anda ini menjadi berdebu, atau keyboard anda berminyak atau dan sebagainya, tutorial ini akan mengajarkan anda cara membersihkan layar laptop tanpa merusaknya.

Salah satu aspek terbaik dari layar laptop modern adalah bahwa laptop jaman sekarang jauh lebih tahan lama daripada sesepuh mereka yang lebih tua. Laptop jaman sekarang dirancang untuk mampu menangani berbagai tekanan. Namun, ujung jari bisa meninggalkan bekas, itulah sebabnya mengapa kita harus membersihkannya secara teratur dan itu yang paling penting.

  • UNTUK MENGHILANGKAN DEBU

Pengguna kacamata dan pemilik kamera pasti tahu betul tentang alat kecil ini – ini adalah cara terbaik untuk membersihkan lensa kamera dan kacamata anda. Dirancang untuk membersihkan debu dan serpihan tanpa meninggalkan serat atau merusak permukaan yang halus, kain microfiber adalah alat terbaik untuk membersihkan layar laptop.

Meskipun anda dapat menggunakan alat berbahan kain lainnya, mereka lebih cenderung meninggalkan serat. Jangan pernah berpikir untuk menggunakan paper towel ataupun tisu. Mereka mungkin tampak lembut, tetapi bisa juga kasar ketika digosok ke layar yang rentan pada goresan.

Langkah 1: anda harus memiliki kain mikrofiber terlebih dahulu. Sudah banyak di luar sana yang menjual kain ini, tetapi yang dirancang khusus untuk kacamata atau pembersih lensa memang paling baik.

Langkah 2: Matikan laptop anda. Bukan hanya lebih aman, tetapi dengan layar kosong bisa membantu Anda melihat debu yang perlu bersihkan.

Langkah 3: Tekan yang lembut pada layar, bersihkan ke satu arah. Jangan menggosok atau mengelap secara melingkar, karena ini dapat merusak tampilan atau hanya memindahkan partikel debu di sekitarnya.

Langkah 4: Lanjutkan menyeka di layar sampai terbebas dari debu.

  • UNTUK MENGHILANGKAN DEBU YANG TEBAL

Kadang-kadang jika lama dibiarkan akan ada banyak debu tebal yang menempel di layar laptop anda. Daripada menggosoknya dengan kain microfiber nanti malah tidak berhasil – dan berpotensi mengotori kain tersebut saat membersihkan debu – anda bisa menggunakan spons basah.

Anda akan membutuhkan spons rumah tangga baru dan air suling atau deionisasi. Atau, gunakan air yang telah difilter. Cobalah untuk menghindari air keran standar, jika memungkinkan, karena dapat meninggalkan tanda mineral di layar laptop anda.

Langkah 1: Matikan dahulu laptop anda dan lepaskan dari sumber listriknya. Jika memungkinkan, anda juga harus melepas baterainya.

Langkah 2: Basahi spons dengan air suling dan peras, hingga tidak ada tetesan.

Langkah 3: Lap area yang terkena layar monitor Anda dengan spons secara lembut. Perhatikan tetesan dan bersihkan segera jika ada.

Langkah 4: Setelah area bersih, tunggu hingga layar benar-benar kering sebelum menutup penutup dan/atau menggunakan kembali laptop anda.

  • UNTUK SESUATU YANG BERMINYAK DAN LENGKET

Jika dengan kain dan spons basah tidak berdampak sama sekali, saatnya menggunakan botol pembersih atau buatan sendiri. Untungnya, anda bisa membeli semprotan pembersih layar dari sejumlah outlet, seringkali dilengkapi dengan kain mikrofiber. Namun, jika anda lebih suka membuatnya sendiri, anda sebaiknya mencampur air suling dan cuka putih atau sebagai alternatif perbandingan air suling yang sama dan alkohol isopropil dengan persentase tinggi.

Namun, ingatlah bahwa anda harus menghindari penggunaan jenis cairan pembersih kaca apa pun. Anda juga harus menahan diri untuk tidak menyemprotkan apa pun langsung ke monitor anda.

Langkah 1: Matikan laptop anda dan lepaskan dari sumber listriknya. Jika bisa, lepaskan baterai demi keamanan.

Langkah 2: Semprotkan atau aplikasikan cairan pembersih ke kain mikrofiber. Pastikan kainnya basah, tetapi tidak terlalu basah.

Langkah 3: Gosok dengan lembut kain kebagian area yang terkena minyak. Gosokkan secara melingkar kecil untuk menghindari goresan dan hindari tekanan berat karena bisa merusak tampilan.

Langkah 4: Ulangi seperlunya, pastikan tidak meneteskan cairan apa pun ke layar atau keyboard laptop anda.

Langkah 5: Setelah selesai, tunggu hingga layar benar-benar kering sebelum menutup penutup atau menyalakan laptop anda.

BACA JUGA – Cara Membuka File RAR Di Windows Dan MacOS

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech News

Unbox.id – Penggunaan kecerdasan buatan (AI) adalah solusi yang memenuhi berbagai kebutuhan. Penggunaan AI juga meluas ke banyak bidang kehidupan dan memfasilitasi banyak aktivitas,...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Acer kali ini meluncurkan produk laptop gaming terbaru, Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) di pasar Tanah Air. Perangkat dengan segmentasi gaming...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id — Samsung baru-baru ini memperkenalkan seri Galaxy Book 4 secara global, tetapi tampaknya ada pengungkapan menarik lainnya yang akan segera terjadi. Laptop...

Artikel

Jakarta, Unbox.id — Apple saat ini kabarnya tengah mencoba menjajaki pasar perangkat lipat dengan pendekatan yang cukup unik. Menurut analis Ming-Chi Kuo, perusahaan itu...