How To

Cara Membuka File RAR Di Windows Dan MacOS

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Unbox.id – Meskipun anda mungkin lebih sering menemukan file ZIP daripada file RAR dalam aktivitas sehari-hari anda, keduanya sangat bagus dalam mengompresi file anda. Namun, RAR memiliki banyak kelebihan dibandingkan file ZIP, menawarkan segalanya mulai dari tingkat kompresi yang lebih tinggi hingga dukungan komprehensif untuk pemulihan kesalahan. Tetapi itu tidak baik jika anda tidak tahu cara membuka file RAR. Untungnya, prosesnya sederhana.

Pengguna Windows bisa membeli aplikasi WinRAR premium untuk membuka file ini tetapi kami memiliki beberapa alternatif yang kami anggap bagus.

  • WINDOWS: 7-ZIP

Langkah 1: Navigasikan ke halaman 7-Zip dan pilih tautan unduhan yang sesuai dengan versi perangkat lunak yang anda inginkan. Jika anda menjalankan Windows 10 versi terbaru, kemungkinan anda menggunakan versi 64-bit, tetapi sebaiknya konfirmasikan dengan versi Windows mana yang anda jalankan terlebih dahulu.

Ketika proses dalam penginstalan, pilih folder tujuan yang anda inginkan dan klik tombol Install di sudut kanan bawah jendela. Klik tombol Finish setelah selesai dan jalankan program tersebut.

Langkah 2: Cari file RAR yang ingin anda buka dalam interface utama 7-Zip. Untuk melakukannya, teliti dalam mencari folder dan klik dua kali pada file RAR untuk mengakses isi file. Atau, klik kanan file dan pilih opsi Open di dekat bagian atas menu.

Langkah 3: Klik dua kali file RAR untuk meluncurkannya di program yang sesuai, atau jika anda ingin menyimpan file di tempat lain di komputer anda, sorot file tersebut dan klik tombol Copy di bawah bilah navigasi. Kemudian pilih lokasi penyimpanan, dan klik tombol OK di sudut kanan bawah.

Sekarang setelah file anda di tempat terbuka, 7Zip dapat membantu anda melindungi mereka juga.

  • Alternatif Windows lainnya

7-Zip merupakan alat yang sangat baik untuk membuka file RAR, tapi ada solusi lain yang tersedia bagi mereka yang ingin merampingkan proses. RAR Opener, unduhan gratis yang tersedia di Microsoft Store, adalah contoh sempurna. Aplikasi ini sangat mendasar, alat bawaan dengan beberapa tombol biru besar untuk menge-pack dan mengekstrak file RAR. RAR Opener juga terintegrasi langsung dengan Windows 10 dan merupakan pilihan yang bagus jika anda berurusan dengan RAR, ZIP, TAR, LZH, dan format file lainnya.

  • MACOS: UNARCHIVER

Membuat file zip di MacOS adalah fitur penting dari OS, tetapi anda harus bisa membukanya juga.  Unarchiver dengan mudah mengalahkan unpacker built-in yang datang dengan MacOS – alias “Archive Utility” yang mendukung sejumlah besar format file dan menawarkan fungsionalitas tambahan yang lebih mirip dengan 7-Zip dari penawaran lain yang tersedia di web. Meskipun Unarchiver tidak memiliki kemampuan untuk membuat file RAR, aplikasi ini masih memungkinkan anda dalam membuka RAR hanya dengan beberapa langkah.

Langkah 1: Navigasikan ke halaman Unarchiver dan klik opsi Download di bagian tengah halaman, atau kunjungi App Store untuk mengunduh aplikasi. Setelah itu, ekstrak file dan jalankan program.

Langkah 2: Setelah dibuka, pastikan kotak di sebelah RAR Archiver dicentang – bersama dengan jenis arsip lain yang ingin anda buka dengan Unarchiver – dan klik tab Extract yang terletak di bagian atas jendela aplikasi. Setelah itu, pilih lokasi penyimpanan anda untuk file yang dihasilkan dari menu di dekat bagian atas jendela, kontrol-klik file RAR yang ingin anda buka dan pilih Unarchiver dari menu di samping opsi Open with.

Langkah 3: Utilitas akan secara otomatis membuat dan menyimpan file dengan nama yang sama dengan file RAR di lokasi yang ditentukan sebelumnya. Kemudian, cukup klik dua kali pada file RAR untuk meluncurkannya di program yang sesuai.

  • Alternatif MacOS: iZip

Jika Anda mencari alternatif, cobalah iZip. Ini adalah aplikasi pengelola arsip yang berfokus pada Mac yang membuatnya sangat mudah dalam mengamankan file dan membagikan tanpa mengkhawatirkan pencurian. Ini mungkin menjadi pilihan yang lebih baik untuk manajemen RAR profesional.

Baca juga – Cara Mudah Membuat File ZIP Dan Mengekstraknya Di Chormebook

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top