Software

Fitur Tab Group Bisa Jadi Solusi bagi Para Multi-Tasker

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Unbox.id – Google mungkin sedang mempertimbangkan perubahan pada bagaimana cara Chrome menangani tab, membuatnya menjadi lebih mudah dan lebih efektif bagi para multi-tasker dalam mengelola banyak tab yang berjalan dalam browser. Adanya perubahan permintaan kode baru dan bug yang ditemukan oleh Chrome Story menunjukkan bahwa Google saat ini sedang mengerjakan fitur Tab Group yang memungkinkan pengguna mengatur tab mereka dengan berbagai tugas berbeda.

Meskipun belum ada banyak rincian yang diketahui tentang fitur ini, log bug proyek Chromium mendeskripsikan Tab Group sebagai fitur tempat bagi pengguna bisa mengatur tab menjadi grup yang berbeda secara visual, contohnya untuk memisahkan tab yang terkait dengan tugas yang berbeda-beda. ”Dari uraian tersebut, tampak bahwa Tab Group juga bisa membantu pengguna dalam menguraikan semua tab yang dibuka di dalam browser Chrome, mirip dengan fitur Stacks di dalam MacOS Mojave yang bisa membantu pengguna menjaga desktop Mac mereka bebas dari berantakan dengan memungkinkan pengguna mengelompokkan file yang terkait.

“Dari pemahaman kami, fitur ini akan memungkinkan bagi pengguna untuk membuat semacam‘ folder ’untuk menyimpan grup tab dan menyimpannya pada satu tempat,” spekulasi 9to5 Google tentang bagaimana Tab Group bekerja. “Atau, bisa juga menjadi fitur bookmark  yang membuat situs yang biasa digunakan pada satu lokasi agar bisa diakses dengan mudah.” Untuk pengguna yang membuka banyak tab secara bersamaan, Tab Group dapat membantu anda untuk mengelompokkan semua situs ke dalam satu tab yang dikelompokkan kedalam grup. Saat ini, belum jelas apakah dan kapan Google akan mulai melakukan pengujian fitur Tab Group di dalam channel Canary, beta, atau developer Chrome.

Saat ini, ada ekstensi Chrome pihak ketiga yang menawarkan fungsi serupa dengan yang disarankan Tab Group, tetapi ini akan menjadi pertama kalinya bagi kita mendengar sistem asli untuk membantu dalam mengelola dan mengatur tab didalam Chrome. Solusi asli ini akan memungkinkan pengguna Chrome mendapatkan pengalaman yang sama tanpa risiko terkait dengan mengandalkan layanan pihak ketiga. Bahkan jika ekstensi yang dikembangkan oleh sumber terpercaya. Pengembang itu mungkin memiliki persyaratan privasi yang berbeda atau dapat mengubah kode sehingga fungsi ekstensi berbeda dari versi aslinya.

Baca juga – Google Ingin Kegiatan E-commerce Lebih Aman Dengan Chrome 71

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top