Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Begini Cara Mengkonversi File Video Dari MKV ke MP4

Unbox.id – Seperti yang dilihat, format file Matroska (MKV) memang tidak banyak yang support untuk memutar file ini. Daripada susah-susah mencari-cari software untuk memutar file MKV anda, mengapa tidak mengubahnya saja? Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan dua cara mudah untuk mengonversi file anda dari MKV ke MP4.

Beberapa file MKV yang paling umum cenderung berasal dari film DVD dan Blu-Ray, tetapi tidak pernah terlihat dalam unduhan video YouTube juga. Di mana pun anda berada, format MP4 adalah standar media yang kompatibel dengan sebagian besar perangkat modern, jadi mari kita convert file MKV anda.

  • PILIHAN 1: VLC (WINDOWS / MACOS)

VLC media player mampu mengenali dan memutar hampir semua format video, termasuk MKV. Lebih baiknya lagi, aplikasi ini juga bisa mengkonversinya menjadi sesuatu yang lebih universal, seperti MP4. Begini caranya.

Langkah 1: Pergilah ke halaman VideoLAN dan unduh VLC. Pastikan untuk membaca dengan baik saat menginstal, sehingga anda tidak mendatangkan bloatware apa pun ke komputer anda.

Langkah 2: Buka software tersebut dan dan klik tab Media di sudut kiri atas dan pilih Convert/Save dari menu.

Langkah 3: Klik tombol Add dan cari file yang ingin anda konversi dalam PC anda. Setelah itu dipilih, tekan tombol Convert / Save di bagian bawah window tersebut.

Langkah 4: Tentukan format video yang anda inginkan – dalam hal ini, saya sarankan untuk memilih  H.264 + Mp3 (MP4) – dengan menggunakan menu drop-down di samping “Profile.” Mengklik ikon tool juga akan membuat anda untuk memilih pengaturan yang lebih baik.

Langkah 5: Tentukan di bawah di mana Destination yang anda ingin VLC untuk mengekspor file anda.Kemudian, klik Start. Timeline akan berubah menjadi progress bar, dan setelah selesai, video anda akan siap. Dan perlu diingat bahwa file MKV lama masih ada. Jika anda tidak perlu lagi file lama yang nantinya membuat ruang penyimpanan di komputer anda menjadi sesak.

  • PILIHAN 2: KONVERSI CLOUD (BERBASIS WEB)

Jika anda tidak ingin menginstal software apa pun untuk mengonversi file anda, anda bisa menggunakan layanan web sebagai gantinya. Ada beberapa layanan konversi di luar sana, tetapi yang saya rekomendasi yaitu Cloud Convert. Ini menjadi salah satu favorit saya karena selain simple dan juga support dengan berbagai macam format file.

Perlu diingat juga bahwa anda harus mengupload file video kedalam server. Meskipun Kebijakan Privasi Cloud Convert jelas bahwa layanan ini tidak melihat file yang diupload.

Langkah 1: Buka halaman Cloud Convert dan upload file anda. Anda bisa menemukannya melalui tombol Select File atau anda cukup drag and drop file anda kedalam browser anda. Anda juga bisa mengimpor file melalui Google Drive, Dropbox, dan layanan penyimpanan cloud lainnya.

Langkah 2: Scroll daftar format video dan pilih MP4. Pengaturan default harusnya sudah cukup, tetapi anda juga bisa menyempurnakan kualitas file dan aspek lainnya jika anda menginginkannya. Setelah merasa cocok dengan pengaturan file tersebut, klik tombol Start Conversion di bagian bawah halaman.

Langkah 3: Saat proses konversi selesai, ikon Download berwarna hijau akan muncul. Klik untuk mengunduh video anda yang telah dikonversi.

Selamat mencoba.

Baca Juga – Ingin Terlihat Offline Saat Menggunakan Facebook, Begini Langkah-Langkahnya

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Last updated on 23 Oktober, 2023 Jakarta, Unbox.id – Ponsel cerdas telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Kita menggunakannya untuk berkomunikasi,...

Apps & Games

Last updated on 4 September, 2023 Jakarta, Unbox.id – Seiring berkembangnya fitur-fitur aplikasi perpesanan di WhatsApp, Facebook, dan aplikasi lainnya, banyak pula modus penipuan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Pada versi pembaruan Google Drive yang akan datang, perusahaan besar tersebut akan merilis fitur folder spam untuk memudahkan manajemen file. Fungsi...

Apple

Jakarta, Unbox.id – Dengan Live Photos , iPhone dapat menangkap momen sebelum dan sesudah Anda mengambil gambar. Live Photos adalah fitur kameraiPhone yang menangkap apa yang...