Connect with us

Hi, what are you looking for?

Asus

ZenBook Pro 15 UX580, Inovatif Dengan ScreenPad

Last updated on 19 November, 2018

ASUS Indonesia baru saja menghadirkan notebook terbaru seri ZenBook-nya. Tidak hanya cantik dari sisi tampilan, tapi ZenBook Pro 15 UX580 juga inovatif. Seri tertinggi dari lini ZenBook saat ini hadir dengan spesifikasi lebih tinggi dari seri ZenBook lainnya dan ditujukan untuk pengguna profesional, terutama mereka yang bergerak di industri kreatif seperti 3D designer, video editor dan fotografer.

ZenBook Pro UX580 juga merupakan laptop pertama di dunia yang hadir dengan ScreenPad, yaitu touchpad yang bisa difungsikan sebagai layar kedua. ScreenPad merupakan inovasi terbaru ASUS yang ditujukan untuk meningkatkan pengalaman serta produktivitas penggunanya. Kehadiran ScreenPad di ZenBook Pro UX580 sangat tepat sehingga para profesional bisa bekerja lebih optimal.

“Selama 26 tahun terakhir, teknologi touchpad pada laptop tidak banyak berubah. Produsen hanya membuatnya lebih lega, lebih responsif dan mendukung multi touch dan gesture,” ucap Jimmy Lin, Country Manager ASUS Indonesia. “Dengan ZenBook Pro 15 UX580, ASUS menghadirkan inoviasi lebih pada touchpad, dan bisa dikatakan ini adalah laptop idaman para profesional,” lanjutnya.

Sebagai bagian dari keluarga ZenBook, ASUS ZenBook Pro 15 UX580 tetap tampil dengan filosofi desain Zen yang elegan. Laptop ini juga memiliki sederet fitur premium dan hadir dengan bodi sangat ramping sebagaimana varian ZenBook lainnya. Ia juga punya bezel yang tipis sehingga secara keseluruhan mampu menjadikannya lebih kompak dibanding laptop 15 inci pada umumnya.

Elegan dan Tangguh

ASUS ZenBook Pro UX580 tampil dengan bodi berbahan metal yang solid dibalut warna Deep Dive Blue yang elegan. Bentuknya juga sangat ringkas dengan ketebalan yang hanya 18,9mm dan bobot hanya 1,88kg, sehingga mudah dimasukkan ke dalam tas dan mudah dan tidak terlalu merepotkan untuk dibawa bepergian.

Meski memiliki bentuk yang ringkas, ZenBook Pro 15 UX580 masih tampil dengan layar yang lebar. Layar resolusi ultra tinggi yakni 4K memiliki ukuran bentang 15,6 inci namun hadir dengan bodi seukuran laptop yang umumnya hanya mengusung layar 14 inci. Hal tersebut dimungkinkan berkat teknologi NanoEdge yang membuat bezel layar di laptop ini bisa tampil dengan bezel hanya 7,3mm dan screen-to-body ratio sebesar 83%.

Tidak hanya itu, ZenBook Pro 15 UX580 juga sudah mengantongi sertifikasi standar militer MIL STD-810G. Sertifikasi tersebut membuktikan laptop ini telah lolos berbagai pengujian ekstrem seperti tes ketinggian (altitude test) dan tes suhu (temperature test).

Dari sisi multimedia, ASUS juga sudah melengkapi ZenBook Pro 15 UX580 dengan speaker khusus yang sudah mengantongi sertifikasi dari Harman Kardon. Speaker di laptop ini pun dikonfigurasi oleh ASUS Golden Ear Team yang melengkapinya dengan teknologi ASUS SonicMaster. Dengan frekuensi suara 1,6x lebih lebar dan output 1,4 kali lebih keras, speaker ZenBook yang satu ini mampu menghadirkan suara kelas premium yang lebih baik dari laptop di kelasnya.

ScreenPad Penunjang Produktivitas

ScreenPad merupakan fitur paling unik yang ada di ZenBook Pro 15 UX580. Teknologi ini merupakan fitur inovatif yang membuat touchpad bekerja secara lebih pintar. ScreenPad juga memiliki beragam fungsi yang bisa digunakan untuk menunjang produktivitas. Screenpad juga memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan touchpad dengan menambahkan wallpaper.

Demi mendukung fungsionalitas ScreenPad, ASUS sudah menyiapkan beragam aplikasi khusus yang sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi produktivitas, salah satunya adalah Microsoft Office. Melalui fitur Adaptive Design, ScreenPad secara otomatis akan menyesuaikan tampilan sesuai dengan aplikasi yang sedang dijalankan dan menampilkan antarmuka tambahan.

Selain itu, ScreenPad juga bisa digunakan sebagai layar kedua. Lewat mode Screen Extender, pengguna bisa membuat ScreenPad layaknya layar tambahan untuk ZenBook Pro 15 UX580 ini. Dengan demikian, semua aplikasi yang ada di desktop bisa ditampilkan di ScreenPad layaknya ditampilkan di monitor terpisah. “Inilah mengapa ZenBook Pro 15 UX580 ditujukan untuk para profesional,” sebut Jimmy.

Dirancang untuk Para Profesional

ASUS ZenBook Pro UX580 dirancang khusus untuk para profesional, khususnya mereka yang bekerja di industri kreatif seperti 3D designer, video editing, dan fotografer. Laptop ini sudah dibekali dengan segudang fitur untuk memenuhi kebutuhan profesional, mulai dari spesifikasi kelas premium, konektivitas lengkap, hingga layar khusus dengan reproduksi warna yang sangat akurat.

“ZenBook Pro UX580 bukan laptop biasa. Semua aspeknya dihadirkan dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan profesional,” ucap Jimmy. “Semua itu demi memastikan pengguna profesional bisa bekerja secara nyaman kapanpun dan dimanapun ketika menggunakan laptop ini.”

ZenBook Pro UX580 dilengkapi dengan layar beresolusi 4K UHD (3840×2160 pixel) dengan tingkat kecerahan hingga 400nits. Yang paling menarik adalah layar pada laptop ini mampu menyajikan warna yang sangat akurat, dengan tingkat reproduksi warna Adobe RGB hingga 100% dan Delta E < 2. Artinya, warna yang dihasilkan di layar ZenBook Pro UX580 sangat realistis dan mendekati aslinya. Layar ZenBook Pro UX580 juga merupakan factory-calibrated dan telah divalidasi oleh PANTONE.

“Kami mengerti bahwa layar merupakan salah satu unsur paling penting bagi para professional, khususnya mereka yang bergerak di bidang multimedia,” ujar Jimmy. “Kombinasi reproduksi warna yang sangat akurat serta teknologi layar sentuh adalah idaman bagi semua profesional di dunia digital ini. Itulah mengapa kami menghadirkannya di sini,” jelasnya.

ZenBook Pro 15 UX580 juga didukung oleh prosesor dan chip grafis yang mumpuni. Laptop ini sudah menggunakan prosesor Intel Core i7-8750H dan chip grafis Nvidia GeForce GTX 1050. Keduanya hadir untuk memenuhi semua kebutuhan para profesional mulai dari video editing, photo editing, hingga 3D rendering.

Untuk mengoptimalkan performanya, ASUS juga menghadirkan memori terbaik. Laptop kelas profesional tersebut sudah dilengkapi dengan RAM DDR4 sebesar 16GB dan penyimpanan internal menggunakan M.2 NVMe PCIe SSD sebesar 1TB. Kombinasi keduanya memastikan sistem dapat berjalan cepat tanpa kompromi.

ZenBook Pro 15 UX580 dirancang untuk mobilitas yang tinggi. Untuk itu ASUS membenamkan baterai Lithium Ion 8-cell yang bisa memasok daya hingga 9,5 jam. Teknologi fast charging juga sudah ditanamkan sehingga pengguna bisa mengisi 60% daya hanya dalam 49 menit. Tersedia dual-band 802.11ac gigabit-class Wi-Fi serta Bluetooth 5.0 untuk menghubungkan berbagai peripheral seperti mouse dan headset. ASUS juga menyediakan USB to LAN port dongle agar bisa terhubung ke jaringan melalui kabel.

Melengkapi konektivitasnya, ZenBook Pro 15 UX580 sudah memiliki 2 port USB 3.1 Type-A dan 2 port USB Type-C berteknologi Thunderbolt 3. Kehadiran teknologi Thunderbolt 3 memungkinkan laptop dihubungkan ke berbagai perangkat kelas profesional seperti docking kartu grafis eksternal atau monitor beresolusi tinggi. Selain itu terdapat pula port HDMI, combo audio jack, serta MicroSD card slot.

Main Spec. ASUS ZenBook Pro UX580GD
CPU Intel Core i7 8750H Processor Hexa Core (9M Cache, up to 4.1GHz)
Operating System Windows 10
Memory 16GB DDR4 2400MHz SDRAM
Storage 1TB M.2 NVMe PCIe SSD
Display 15,6” (16:9) 4K UHD (1920×1080) PANTONE validated with NanoEdge Display
Graphics Discrete graphics Nvidia GeForce GTX 1050 4GB GDDR5 VRAM

Integrated Intel UHD Graphics 630

Input/Output 2 x USB3.1 Type-C (GEN 2) with Thunderbolt 3 support, 2x USB 3.1 port (Gen 2), 1 x HDMI, 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x MicroSD Card Reader
Camera VGA Web Camera
Connectivity Dual-band 802.11ac gigabit-class Wi-Fi, Bluetooth 5.0
Audio Harman Kardon certified audio system with ASUS SonicMaster surround-sound technology, Array microphone with Cortana voice-recognition support
Battery 71Wh 8-cell lithium-polymer battery up to 9.5 hours battery life
Dimension (WxDxH) 365 x 241 x 189 mm
Weight 1,88Kg with Battery
Colors Deep Dive Blue
Price Rp32.299.000
Warranty 2 tahun garansi global

Baca juga – ASUS ZenBook S UX391UA, Ultrabook Powerful Berdesain ErgoLift

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Samsung telah resmi meluncurkan smartphone terbarunya untuk seri Galaxy M, yaitu Galaxy M14 5G. Sama seperti pendahulunya, smartphone ini dibekali baterai besar....

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Samsung telah resmi meluncurkan smartphone mid-range seri A terbarunya untuk pasar Indonesia, yaitu Galaxy A34 5G dan Galaxy A54 5G. Setelah bocoran...

Handphone & Tablet

Unbox.id – Riset terbaru menunjukkan bahwa Samsung tetap menjadi salah satu produsen smartphone papan atas di Indonesia. Hal ini tak lepas dari teknologi mutakhir...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Pilihan smartphone mid-range semakin menarik dengan perangkat baru dari realme. Sebagai brand smartphone yang berhasil menjadi TOP 5 di pasar global (berdasarkan...