Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Tetris Effect, Game Jadul Citarasa Modern

Last updated on 17 November, 2018

Unbox.id – Tetris mungkin adalah video game yang paling ikonik sepanjang masa. Dibuat pada tahun 1984 oleh Alexey Pajitnov, game puzzle ini telah muncul dalam berbagai bentuk di hampir setiap platform game. Dan kini hadir dengan gaya terbaru bernama Tetris Effect, game terbaru dari ide Lumines dan Rez. Tetris Effect dengan menyuntikkan musik dan efek visual untuk menciptakan sebuah entrancing.

Jika anda pernah memainkan Tetris sebelumnya, anda tidak akan terkejut. Dalam Tetris Effect, tujuh jenis tetromino yang berbeda jatuh dari langit-langit ke papan grid. Tugas anda harus memutar bentuk tetromino ini dan menjatuhkannya ke tempat yang sesuai untuk membersihkan segaris penuh. Anda masih dapat menggunakan antrean, untuk menyimpan tetromino yang bakal digunakan nanti. Satu-satunya mekanisme terbaru adalah Zona, meteran khusus yang dibangun seiring waktu. Setelah diaktifkan, waktu kemudian berhenti, memberi anda kesempatan untuk merapikan sebuah baris.

Tidak ada yang istimewa, kan? Yah, anehnya, Tetris Effect ini unggul karena bagian di luar grid. Dengan hadirnya solo-campaign yang diberi nama Journey, Tetris Effect memiliki soundtrack dan animasi yang warna-warni yang mengelilingi grid. Saat anda memutar puzzle, musik berubah. Saat anda membersihkan garis, animasi bereaksi. Hasil akhirnya adalah pengalaman visual dan audio yang menghipnotis yang begitu menawan. Tetromino itu sendiri mengubah warna dan bentuk, bereaksi terhadap efek musik di sekitarnya.

Soundtrack dalam mode Journey sungguh beragam, dari jazz ke techno dan bahkan beberapa alam seperti angin. Beberapa track memiliki pengaturan vokal. Semua visual yang berkembang sejajar dengan track.

Soundtrack ini bekerja sangat baik karena secara instrinsik terkait dengan apa yang terjadi di board-nya. Tidak seperti Tetris klasik, dalam mode Journey, kecepatan blok yang jatuh tidak selalu meningkat. Ketika musik melambat, kecepatan bermain pun melambat. Ketika musik bergerak dengan kecepatan yang berbahaya, tetromino akan turun dengan cepat, bahkan dalam stage baru. Terkadang lagu mulai cepat dan melambat. Di waktu yang lain, itu terjadi sebaliknya. Setiap stage berbeda, tidak dapat diprediksi, dan sungguh memikat dengan caranya yang unik.

Meskipun mode Journey berakhir dalam beberapa jam, ini memberikan pengalaman yang luar biasa. Meskipun tidak ada cerita untuk diceritakan dalam mode campaign ini. Sungguh nama mode yang tepat dan sesuai dengan apa yang akan disajikan didalamnya.

Pada awalnya, anda mungkin terganggu oleh musik serta animasi. Butuh beberapa stage bagi anda untuk menemukan alur bermainnya. Tetapi setelah anda menemukan ritme, rasanya seperti anda melakukan lebih dari sekadar bermain Tetris. Tetris Effect membuat anda merasa seperti anda sedang melakukan pekerjaan yang rumit, satu bagian euforia yang diberikan oleh game ini.

Baca juga – Nintendo Takkan Tawarkan Game Lintas-Platform Untuk Game Judul-Judul Besar

Selain mode Journey, Tetris Effect juga memiliki berbagai mode Effect. Jika anda menginginkan bermain tetris yang menenangkan, anda bisa memperlambat laju dengan mode maraton. Untuk pemain yang lebih berpengalaman, anda bisa meningkatkan kecepatan dan melihat berapa lama anda sanggup bertahan. Mode misteri yang unik menginduksi efek status seperti tetromino tiga potong untuk membuat sesuatu yang lebih rumit. Anda juga bisa masuk kembali single stage dari mode Journey atau playlist theme. Tidak lupa juga kalau semua mode permainan memiliki papan peringkat.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Setiap tahun, game Android baru dirilis, membawa ponsel gaming terbaru ke dalam perjalanan yang luar biasa. Namun perusahaan tidak menciptakan semua...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Valve baru-baru ini meluncurkan pembaruan signifikan mengenai pengelolaan konten berbasis AI di Steam. Kebijakan tersebut terjadi di tengah-tengah perdebatan sengit seputar...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Sony telah mengajukan paten yang dapat merevolusi cara bermain video game. Paten tersebut telah naik pada Agustus 2023 lalu, menjelaskan sebuah...

Huawei

Unbox.id – Huawei serius mengintegrasikan HarmonyOS pada perangkatnya dan kali ini mereka mendapat dukungan dari pengembang game Genshin Impact, MiHoYo. Bekerja sama dengan MiHoYo,...