Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Aplikasi Pengelola File Milik Google Ganti Nama Dan Memiliki Perubahan Lainnya

Last updated on 11 November, 2018

Unbox.id – Selama berbulan-bulan, berbagai layanan Google telah mendapatkan desain ulang dengan material serba putih. Dan target selanjutnya adalah Files Go, aplikasi manajemen file milik Google. Tetapi selain desain ulang, aplikasi juga mendapatkan perubahan nama – sekarang dikenal sebagai Files by Google.

Diluncurkan Desember lalu, File by Google mempermudah pengguna untuk mengosongkan ruang didalam perangkat mereka, menemukan file, dan membagikannya pada orang lain meskipun mereka sedang offline. Files by Google ini akan memecah berapa gigabyte yang akan digunakan pada perangkat dari jumlah yang tersedia dan juga menyaring konten anda dengan rapi berdasarkan kategori. Semakin banyak anda menggunakan Files by Google, semakin pintar aplikasi ini dengan menyarankan tips untuk membantu mengosongkan ruang perangkat anda.

Pada awalnya, aplikasi ini dimaksudkan untuk perangkat Android Go, Google membagikannya dan aplikasi ini telah berkembang pesat dengan lebih dari 30 juta pengguna bulanan dalam waktu kurang dari setahun di berbagai jenis smartphone. Bahkan smartphone dengan koneksi 4G dan high-end telah menggunakan aplikasi ini untuk mengelola dan mengatur konten file dalam smartphone mereka.

Ini juga tidak membingungkan dengan aplikasi Files milik Apple yang diluncurkan bersamaan dengan iOS 11 tahun lalu. Mirip dengan Files by Google, aplikasi Apple ini pada dasarnya menyimpan semua dokumen anda tetap teratur didalam iPhone dan iPad anda. Anda juga dapat mencari file melalui penyedia penyimpanan pihak ketiga, dan itu juga menyinkronkan semua perangkat iOS anda sehingga anda dapat mengambil file di Mac anda sementara iPad anda tertinggal.

Files Go versi yang telah didesain ulang juga menawarkan fungsi yang sama, tetapi dengan tampilan yang lebih bersih dan rapi. Aplikasi ini telah dihilangkan warna-warna cerah dan grafis mirip kartun dengan desain serba putih dan biru yang bisa anda temukan di aplikasi seperti Google News dan Google Fit. Tampilan baru ini dimaksudkan untuk menjaga konten di smartphone anda sebagai fokus utama aplikasi ini, tanpa ada hal yang mubazir.

Di bagian bawah, Files by Google sekarang dipisahkan menjadi tiga tab berbeda – Clean, Browse, dan Share. Saat membuka aplikasi, anda disambut dengan tab Clean yang mencantumkan berapa gigabyte yang telah anda gunakan dan berapa banyak ruang yang tersisa. Di bawahnya, anda akan melihat file duplikat yang bisa anda hapus, aplikasi yang tidak digunakan, dan banyak lagi. Di bawah Browse, anda bisa mengakses semua file yang sudah disortir menurut kategori dan anda dapat Share untuk mentransfer file secara offline.

File saat ini tersedia melalui Google Play Store.

Baca juga – Kerjasama iRobot Dengan Google Membuat Perangkat Smart Home Lebih Pintar

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...

Apps & Games

Unbox.id – Google Workspace mengumumkan sejumlah pembaruan fitur pada acara Google Cloud Next 2024. Seperti tema besar acara tahunan ini, kecerdasan buatan (AI) menjadi...